May 072015
 
MBT PT-91 Malaysia (photo: Janes.com)

MBT PT-91 Malaysia (photo: Janes.com)

Tentara Malaysia sedang menyiapkan resimen tambahan tank tempur utama (MBT) dipadukan dengan artileri self-propelled, seperti yang disampaikan Kepala Angkatan Darat Tentara Malaysia, Jenderal Raja Mohamed Affandi Raja Mohamed Noor.

Dalam jawaban tertulis kepada IHS Jane untuk pertanyaan tentang rencana pembangunan militer, Jenderal Raja Affandi mengatakan, Malaysia membutuhkan tank resimen tambahan yang harus dilengkapi dengan baik, dari versi upgrade MBT PT-91M yang kini digunakan atau MBT dengan kemampuan serupa.

Malaysian Army's G5 155 howitzer (photo : panggilan pertiwi)

Malaysian Army’s G5 155 howitzer (photo : panggilan pertiwi)

“Kebutuhan resimen tambahan ini untuk memenuhi pembentukan brigade lapis baja baru, yang masih dalam tahap perencanaan. Perencanaan dan Pengembangan Cabang militer saat ini sedang dipelajari persyaratan dan keperluan yang dibutuhkan brigade lapis baja masa depan.”

defense-studies.blogspot.com

  46 Responses to “Angkatan Darat Malaysia Siapkan Tambahan MBT”

  1. Yang penting jangan beli armata,yang beli armata indonesia!!!!!!!!!

  2. Btw 100an MBT leopard RI apa kabar ya?? Yg baru terkirim kan < 50

  3. Buat MemBajak di Sawah Cocok ea… Pak’e

  4. 2a7 nambah disini…hhehehe ngarep.com

  5. Foto Tanknya imut ya,,,,, ngomong ” mau tambah berapa pak cik,,,!?

  6. Kayaknya bakal ditaruh di perbatasan borneo nich…

    Head 2 head sama Leopoard…

  7. tahniah malaysia, tambah yang banyak biar kami juga ada alasan buat tambah banyak itu leo 2 ri

    • Dulu perancangan tentera darat malaysia jumlah mbt yg diperlukan sekitar 300+, tapi cuma 48 unit saja yg di beli. ketika itu tentera darat malaysia tidak pernah punya pengalaman dlm mengoperasikan mbt. mgkin saja pembelian 48 unit itu sebagai uji coba di medan untuk mengetahui bentuk muka bumi serta keadaan iklim cuaca di malaysia. ini sesuai dgn ucapan panglima tentera darata malaysia “Kebutuhan resimen tambahan ini untuk memenuhi pembentukan brigade lapis baja baru, yang masih dalam tahap perencanaan. Perencanaan dan Pengembangan Cabang militer saat ini sedang dipelajari persyaratan dan keperluan yang dibutuhkan brigade lapis baja masa depan.”

      • kapankah malaysia memutuskan mrca apakah menunggu indonesia membuat publish akuisisi su-35. ataukah setelah indonesia publish mrca ex nato (eurocanard/f-16 blok 70) ?

    • Kita tak perlu tambah Leo ,bikin susah saja,.TNI saja pusing mau tarok di mana. Medan Indonesia tak sama dengan di Timur Tengah ,dimana lawan jelas tampak. Kita punya alam banyak bukit,hutan,lembah ,yang membuat MBT sulit bergerak.Dengan alam yang demikian menyedikan perlindungan bagi group kecil yang bawa Manpads seperti BILL 2 buatan Bofor Swedia. Cukup satu unit dengan beberapa orang dalam group kecil sembunyi di tempat tepat seperti ,gundukan tanah,tebing /semak belukar . Dengan dua war head maka pasti hancur MBT. Manpads jauh lebih murah dari MBT,maka kita cukup sediakan anti dot nya saja.

      http://www.defencejournal.com/dec98/bill.htm
      .

  8. gak takut….
    Buat melawan mreka cukup kerahkan the jack,the viking,bonek,beres,,,

  9. Ayo Indonesia tambahkan perlatan senjata bekas mu untuk di jadikan mainan mbt malingsia ,,
    positf thingking

  10. Malaysia kalau beli alustita pastinya yg baru indonesia mbt leopard belinya yg bekas

  11. banyak mulut kalian. tunggu di lapangan ya

  12. Ini pandangan saya, malaysia tidak akan beli secara terus lagi dari pengeluar seperti dulu 48 unit PT91M dari poland tapi akan bekerjasama dgn negara lain yg pakar dalam membuat mbt seperti projek IFV AV8 dgn turki. mgkin saja dgn negara jerman, poland, korea selatan, perancis atau turki.

  13. biarpun bekas mbt leopard bukan tandinganya pt-91 pendekar. Jauh lebih bgus leopard. Pt-91 lawan mujahidin chechen aja bnyak yg rontok. Wkwkwk

  14. Jika leo dan PT 91 dipakai buat bombardir merkava lebih elegan,..

  15. Mungkin bakalan ambil tank timur biar gak terjadi logistic nightmare

  16. Wah lgi nyari pendamping tank pendekar ya? klo disini banyak juga pendekar mo dri pendekar tongkat mas, pendekar si buta dri gua hantu, pendekar wiro sableng 212 ato yg lgi trend pendekar manusia serigala ato manusia harimau tinggal pilih saja hehehe
    btw gmna kbar artileri self-propelled yg akan di beli TNI dri Korea jadi kah?

  17. Beda perang bung,di irak ato afganistan dsb itu bukan perang terbuka,jd lama.perang terbuka itu tembak dulu baru bertanya,perang lawan sparatis tanya/diselidiki dulu baru tembak.soal perang dunia pihak sekutu memang mengkorbankan tentarannya sendiri sebagai klamufase atas pemecahan kode jerman saat itu,biar dikira blm terpecahkan.kl gak salah disini artikelnya ada,slamt mencari.

  18. Masih bagusan Leopard kok… Gak usah pada latah deh….
    Toh indonesia stlh full beli 100 leo ada opsi jangka panjang bt tambahan leopard.
    Tank cukup 1 jenis aja. Biar maintenanya gak repot.. Alutsista campur2 dikira gak repot pa??

  19. Tank jadul kayak gitu gak mungkin menang lawan leopard… Jangan mensejajarkan militer kita dgn militerx malon krn mereka jauh dibawah kita.

  20. pasti cepat diel beda dgn indonesia daftar belanja cuma numbuk di meja tdk diel-diel juga alasannya paling uda dibeli lagi goib paling yg goib anggaranya bin pulus 😀

  21. tpi kok di deagel kita udah punya Bastion ??? Ane yang kudet atau ???

  22. Strategy yg baik adalah jgn pernah meremehkan lawan anda.

  23. Malon sudah bermanuver, …. lha kita cuma melongo sambil melamun akan & akan !!!

  24. It buat gangi twardutnya Malon yg prnah di buly sama TNI wktu th 2005…wkkk

  25. KAKEAN CANGKEM TAK TUNGGU YACH….

  26. relax bro…sekarang malon itu negara akan..hr ini bilang akan beli kereta perisai mungkin 4-5 tahun lg baru ada barangnya….tak ada wang

  27. Jgn dihina malaysia mereka lbh dulu punya mbt berbanding indonesia

  28. Bung melayu,,,, jangan profokasi tidak baiklah anda berkata seperti itu,,,,

  29. Pak cik boku,, mantap bisa buat mbt,, pindad bisa” ketinggalan kereta nih,,,

  30. Sebaiknya di rencanakan dulu , di bayangkan dulu dan di impikan dulu karna keuangan lagi nipis dan perekonomian lagi lemes dan kucuran dana dari britis belum datang ya setidaknya di angan2 dulu kalo dah mateng di balik pak cik biar gak gosong wkwkwkwkw….

 Leave a Reply