Angkatan Laut AS akan Diperkuat Virginia-Class Baru

Konsep kapal selam Virginia-Class buatan AS © US Navy via Wikimedia Commons

Huntington Ingalls Industries, pada Senin, mengumumkan bahwa kapal selam kelas Virginia terbaru telah memasuki air untuk pertama kalinya.

Kapal selam kelas Virginia yang baru-baru ini dikenal sebagai Delaware (SSN 791) memiliki berat 7.800-ton.

Huntington Ingalls Industries menjelaskan bahwa kapal selam itu dipindahkan dari fasilitas konstruksi ke dermaga kering mengambang menggunakan sistem transfer mobil. Dermaga mengambang kemudian terendam dan kapal selam diluncurkan ke Sungai James. Setelah berada di air, perahu kemudian dipindahkan ke dermaga kapal selam di galangan kapal untuk perlengkapan akhir, pengujian dan sertifikasi awak.

“Berhasil meluncurkan Delaware ke dalam air pertama kalinya adalah momen yang membanggakan bagi tim kapal selam kelas Virginia dan ribuan pembuat kapal khusus yang terlibat dalam pembangunan kapal,” kata Wakil Presiden Konstruksi Kapal Selam Newport News, Dave Bolcar.

“Dengan peristiwa penting di belakang kami, kami berharap dapat menyelesaikan uji coba konstruksi dan laut tahun depan sehingga kapal perang besar ini dapat bergabung dengan armada dan membela negara kami,” tambah Bolcar.

Sumber: Stripes

Tinggalkan komentar