Angkatan Laut Brasil Ledakkan Fregat Dalam Latihan Rudal

Sebuah fregat berhasil ditenggelamkan dalam latihan rudal Missilex 2017 Angkatan Laut Brasil. © Poder Naval

Angkatan Laut Brasil Ledakkan Fregat Dalam Latihan Rudal 1

Angkatan Laut Brasil meledakkan fregat Bosisio yang telah dinonaktifkan di perairan lepas pantai Rio de Janeiro selama latihan rudal Missilex 2017, seperti dilansir dari laman Poder Naval.

Helikopter Sikorsky S-70B Seahawk Angkatan Laut Brasil menghantam fregat tua itu dengan rudal anti-kapal Penguin yang dibangun oleh Kongsberg sementara itu kapal BNS Radmaker yang merupakan bekas fregat Angkatan Laut Inggris menembak fregat Bosisio dengan rudal Exocet.

Operasi tersebut merupakan yang pertama bagi Angkatan Laut Brasil ketika helikopter S-70B Seahawk dilengkapi persenjataan dari sebuah kapal Angkatan Laut Brasil di laut lepas untuk pertama kalinya.

BNS Bosisio adalah bekas kapal perang Angkatan Laut Inggris, yakni fregat Type 23 (HMS Brazen) yang dibeli oleh Brasil pada bulan November 1994 dan ditugaskan oleh Angkatan Laut Brasil pada bulan Agustus 1996.

Angkatan Laut Brasil mengumumkan fregat tersebut pada bulan September 2015.

Rudal anti-kapal Penguin pada awalnya dikembangkan lewat kolaborasi antara Norwegian Defence Research Establishment dan Kongsberg Vapenfabrikk pada awal 1960-an, dengan dukungan finansial dari AS dan Jerman Barat.

Rudal anti-kapal Penguin tersebut diakuisisi untuk digunakan pada helikopter Sikorsky S-70B Seahawk milik Angkatan Laut Brasil dengan biaya sekitar € 33 juta.

Leave a Reply