May 012018
 

Angkatan Laut Filipina menerima rudal Spike-ER dan RCWS untuk Kapal Patroli MPAC MK.III © MaxDefense

JakartaGreater.com – Akhirnya, setelah terjadinya beberapa kali penundaan pengiriman, minggu lalu Angkatan Laut Filipina menerima kiriman rudal permukaan-ke-permukaan jarak pendek Spike-ER, peluncur rudal MLS-ER Typhoon dan sistem senjata jarak jauh (RCWS) Mini Typhoon 12,7 mm dari perusahaan pertahanan Israel, seperti dilansir dari laman media militer MaxDefense.

Ini akan menjadi tonggak penting bagi Angkatan Laut Filipina sebagai pintu masuk ke jaman rudal, dengan Spike-ER menjadi sistem rudal permukaan-ke-permukaan yang pertama.

Rudal, peluncur dan RCWS semuanya itu akan melengkapi Multi-Purpose Attack Craft (MPAC) Mk.III, sebanyak 3 unit yang telah diaktifkan pada bulan Mei 2017 lalu dan ditugaskan dengan Littoral Combat Force.

Multi-Purpose Attack Craft (MPAC) Mk 3 (BA-488) Angkatan Laut Filipina. © Rhk111 via Wikimedia Commons

Setiap MPAC akan mendapatkan RCWS Mini Typhoon yang akan dipersenjatai dengan senapan mesin Browning M2 kaliber 50 dan peluncur MLS-ER Typhoon. Setiap sistem peluncur rudal dapat membawa 4 rudal Spike-ER yang siap ditembakkan, akan tetapi MPAC bisa membawa lebih banyak amunisi karena tersedia penyimpanan amunisi.

Akan tetap diingat bahwa Angkatan Laut Filipina memiliki masalah pengiriman dengan produk-produk ini dari Rafael, meskipun kontrak membuat Rafael bertanggung jawab atas pengiriman dari Israel ke Filipina.

Angkatan Laut Filipina bahkan meminta Markas Besar Angkatan Bersenjata Filipina atas persetujuan permintaan mereka untuk menggunakan pesawat angkut taktis C-130 dari Angkatan Udara Filipina untuk mengambil rudal dan peluncur dari Israel.

Namun permintaan ini telah beberapa kali ditolak karena terbatasnya ketersediaan dari C-130 Angkatan Udara Filipina sejalan dengan peristiwa dinegara yang membutuhkan kemampuan angkut mereka.

Karena masalah ketersediaan ini, Angkatan Laut Filipina dan Rafael memutuskan untuk melanjutkan pengiriman melalui jalur pengiriman komersial.

  7 Responses to “Angkatan Laut Filipina Terima Rudal Spike-ER dan RCWS”

  1.  

    Wah… bakalan makin ramai ini yg patroli di LCS 😀 hehehe

  2.  

    Negara Yg Anggaran Militernya Lebih Kere aja Kapal Patrolinya Di Lengkapi Ama Rudal (Ya Walaupun Sekelas ATGM).

    •  

      lumayan lah bung… daripada gak goyang… 😀

      dan kabarnya untuk Horizon 2 thn 2018-2022 mereka ada rencana akuisisi harimau hitam buatan Pindad-FNSS

  3.  

    rudal spike bikin nafsu

  4.  

    Rudal petir di tunggu

 Leave a Reply