Mar 202019
 

Kapal induk terbaru Inggris, HMS Queen Elizabeth tiba di Florida, AS © Courtesy Youtube

Sejumlah kapal baru yang membentuk Armada Kapal Pendukung Angkatan Laut Kerajaan Inggris diperlukan untuk memasok kedua kapal induk Inggris, HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales. Kontrak £ 1 miliar akan dimenangkan oleh perusahaan untuk pembangunan dan pengadaan tiga kapal pendukung baru bagi Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Dalam kompetisi ini, galangan kapal Spanyol tampaknya menjadi favorit untuk memenangkan kontrak. Pengamatan ini telah menimbulkan ketakutan di antara jajaran pertahanan senior Inggris. Proyek ini memang mungkin lolos dari jari-jari galangan kapal Inggris dan malah dijemput oleh perusahaan asing, terutama di Spanyol. Sementara itu, baik Plymouth dan Portsmouth telah menyatakan minatnya dalam proyek tersebut.

“Ini adalah kapal yang sangat kompleks yang membawa jumlah amunisi sehingga mereka harus dibangun dengan sangat kuat dan dapat berada di zona perang. Namun, pemerintah memilih untuk mengizinkannya dibangun di Spanyol,” kata Anggota Dewan Gerald Vernon-Jackson, pemimpin Dewan Kota Portsmouth.

Konflik ini muncul karena ketegangan telah terjadi antara Spanyol dan Inggris, sejak 28 Februari ketika OPV Infanta Cristina menjelajahi wilayah Inggris di sekitar Rock (dibayangi oleh HMS Sabre selama dua jam). Sepuluh hari sebelum kejadian, kapal perang Spanyol lainnya dengan senjata berawaknya memerintahkan kapal komersial untuk meninggalkan wilayah itu.

Mantan penduduk Gibraltar Stephen Sedgwick mengatakan kepada The News: “Jika Inggris memberikan kontrak ini ke Spanyol, itu akan menjadi tantangan bagi industri Inggris dan yang lebih besar bagi Gibraltar.” Ini akan mengirim pesan yang jelas ke Spanyol yang menunjukkan bahwa Inggris benar-benar tidak peduli apa yang mereka lakukan, berapa kali mereka melanggar di perairan Inggris atau mengancam Gibraltar – mereka masih akan mendapatkan kontrak jutaan pound untuk membangun kapal RFA membantu Angkatan Laut Kerajaan.”

Namun, karena kapal-kapal yang mengangkut Solid Support Ships datang di bawah Armada Pendukung, mereka tidak harus dibangun di Inggris, tidak seperti kapal perang, dan dapat dibangun dengan biaya lebih rendah di luar negeri. Oleh karena itu, Inggris dapat memilih Spanyol untuk membangunnya.

Sumber: Navy Recognition

 Posted by on Maret 20, 2019

  One Response to “Angkatan Laut Inggris Akan Bangun Tiga Kapal Pendukung untuk Kapal Induknya”

  1.  

    kapal ini yang sebenarnya disiapkan oleh british untuk menjajah…