Angkatan Laut Korea Selatan Luncurkan LPH Kedua

18
19
Kapal serang amfibi atau landing platform helicopter Marado adalah kapal kedua dari kelas Dokdo milik Angkatan Laut Korea Selatan. © YTN News via Youtube

JakartaGreater.com – Korea Selatan pada hari Senin, 14 Mei 2018 meluncurkan kapal transportasi berukuran besar kelas Dokdo di galangan Busan Hanjin Heavy Industries and Construction, yang membangun kapal serang amfibi tersebut, seperti dilansir dari laman KBS World Radio.

Upacara peluncuran tersebut dihadiri oleh pejabat kunci termasuk Menteri Pertahanan Korea Selatan Song Young-moo dan Kepala Operasi Angkatan Laut Korea Selatan yakni Laksamana Um Hyun-seong.

Kapal berbobot 14.000 ton bernama Marado adalah kapal serang amfibi atau Landing Platform Helicopter (LPH) kedua Angkatan Laut Korea Selatan setelah Dokdo dari kelas yang sama. Panjangnya sekitar 199 meter, lebar 31 meter dan dapat berlayar dengan kecepatan maksimum 23 knot atau sekitar 41 kilometer per jam.

Kapal serang amfibi ini dapat membawa seribu pasukan termasuk kendaraan lapis baja, helikopter dan dua kendaraan pendarat tank.

Kapal serang amfibi Marado akan dikirimkan ke Angkatan Laut Korea Selatan di tahun 2020 akhir setelah selesai dilaksanakan operasi uji coba.

Dinamakan seperti pulau paling selatan di negara itu yaitu Pulau Mara, kapal serangan amfibi diharapkan akan melayani dalam berbagai kapasitasnya termasuk penyelamatan bencana, evakuasi warga Korea Selatan di luar negeri dan operasi perdamaian dunia.

18 COMMENTS

  1. Sangat menakjubkan apa yg korsel tlah capai…

    Busan Hanjin Heavy Industries and Construction.. alat produksinya hampir 90 buatan lokal bgmn dg PAL..

    Kalian tau gak..
    Di korea dan jepang tak ada teroris..

LEAVE A REPLY