Apr 152019
 

Kapal perang Littoral Mission Ship (LMS) Malaysia (foto :Twitter Airtimes)

JakartaGreater.com – Angkatan Laut Malaysia meluncurkan kapal patroli pesisir (Littoral Mission Ship) pertama yang dibuat oleh perusahaan galangan kapal China Shipbuilding Industry Corporation.

Kapal perang LMS ini merupakan yang pertama dari empat kapal LMS yang kemungkinan akan dibangun seluruhnya di Tiongkok.

Semula Malaysia akan membangun dua dari empat kapal LMS di Malaysia dengan skema transfer teknologi, namun kemudian dibatalkan dengan imbalan Malaysia akan mendapatkanya dengan harga lebih murah, dari RM 1.17 milyar menjadi RM 1.048 milyar.

Pembelian empat kapal perang LMS ini merupakan bagian dari rencana transformasi Angkatan Laut Malaysia yang ingin menurunkan jumlah tipe kapal yang dioperasikan oleh Angkatan Laut dari 15 menjadi 5 tipe saja.

Kapal perang LMS memiliki panjang 68,8 m dan berbobot penuh sekitar 680 ton. Kapal akan memiliki kecepatan tertinggi 22 knot dan jangkauan operasi sekitar 2.000 mil laut pada kecepatan15 knot.

Yang unik, meski memiliki tampilan sebagai kapal perang pesisir bersenjata ringan, LMS dapat dirubah menjadi kapal perang bersenjata lengkap dengan kemampuan misi yang lebih luas sebagaimana pernah disampaikan oleh produsen galangan kapal Tiongkok.

  3 Responses to “Angkatan Laut Malaysia Luncurkan Kapal Perang LMS Pertama”

  1.  

    bisa jadi ejek kat hanggar jilid 2 Muheheheheheeee

  2.  

    Kok mahal ya, padahal kalo beli KCR 60 bisa lebih murah dan lebih cepat tuh.

  3.  

    cepat sekali jadinya?