Angkatan Laut Rusia Lakukan Kunjungan ‘Bersejarah’ ke Pangkalan Angkatan Laut Filipina

Admiral Panteleyev (DDG-548) Angkatan Laut Rusia. (unknown, US Navy – www.dodmedia.osd.mil via commons.wikimedia)

Angkatan Laut Rusia untuk pertama kalinya mengunjungi pangkalan Angkatan Laut Filipina di Cavite sebagai bagian dari kunjungan selama 5 hari.

Armada Filipina mengatakan dalam sebuah posting Facebook bahwa pihaknya memberikan penghargaan kedatangan kepada Laksamana Muda Eduard Mikhailov, kepala staf Angkatan Laut Rusia dari Armada Pasifik di markas besarnya di Sangley Point, Kamis.

Kontingen Rusia juga mengunjungi markas Grup Operasi Khusus Angkatan Laut yang terletak di pangkalan angkatan laut yang sama.

Pasukan yang berpartisipasi dari Filipina dan Rusia juga menyelesaikan rintangan di sekolah NAVSOG untuk menyoroti ikatan antara angkatan laut kedua negara.

Kunjungan Angkatan Laut Rusia adalah “yang pertama dalam 80 tahun keberadaan Armada Filipina.”

Kapal anti-kapal selam Rusia Admiral Panteleyev (DDG-548), kapal penjelajah berpeluru kendali Varyag dan kapal tanker Boris Botuma berlabuh di South Harbor dari 6 hingga 11 Januari. Itu adalah kapal angkatan laut asing pertama yang mengunjungi Filipina tahun ini.

Pada hari Selasa, Angkatan Laut Rusia menjadi tuan rumah resepsi yang dihadiri oleh anggota korps diplomatik, pejabat pertahanan dan militer, dan tamu-tamu lain.

“Kami selalu menghargai tamu dan teman terhormat Filipina kami atas perhatiannya pada acara yang kami selenggarakan di Manila,” kata Kedutaan Besar Rusia di Manila dalam posting Facebook.

Sekretaris Pertahanan Delfin Lorenzana, Kepala Angkatan Laut Laksamana Muda Robert Empedrad dan Wakil Direktur Jenderal Dewan Keamanan Nasional Vicente Agdamag termasuk di antara para tamu dari sektor keamanan.

Poros ke Rusia, sekutu non-tradisional Filipina, adalah bagian dari kebijakan luar negeri independen Presiden Rodrigo Duterte.

Sumber: inquirer.net

Tinggalkan komentar