May 132018
 

Jet tempur Sukhoi Su-30SM yang bermarkas di wilayah Rostov. © Dephan Rusia (mil.ru) via wikimedia.org

JakartaGreater.com – Sebuah detasemen pesawat tempur Sukhoi Su-30SM ‘Flanker-H’ Angkatan Laut Rusia telah dikerahkan ke Pangkalan Udara Khmeimim di Suriah dalam misi luar negeri pertama untuk pejuang supremasi udara terbaru layanan tersebut, seperti dilansir dari laman IHS Jane.

Dua jet tempur Su-30SM Angkatan Laut Rusia pertama kali difoto selama kunjungan media ke pangkalan udara utama Rusia di negara Timur Tengah pada tanggal 21-22 April dan pada tanggal 9 Mei dimana jet tempur Su-30SM dalam skema warna khas dari Naval Aviation Rusia dipajang selama Pawai Hari Kemenangan yang diadakan di Pangkalan Udara Khmeimim.

Enam contoh jet yang dilengkapi canard juga terlihat dalam citra satelit komersial dari pangkalan udara yang di ambil enam hari sebelumnya. Tidak jelas kapan pengerahan tanpa pemberitahuan ini dimulai, tetapi sebuah Su-30SM Angkatan Laut Rusia muncul dalam gambar dari Pangkalan Udara Khmeimim yang dipasang online akhir Maret. Jet angkatan laut tidak muncul dalam citra satelit pangkalan udara yang diambil di bulan sebelumnya.

Meskipun Su-30SM memiliki kemampuan multirole, tapi pesawat yang difoto di Suriah tampaknya dikonfigurasi untuk operasi supremasi udara yang dikombinasikan dengan rudal jarak menengah Vympel R-77 dan rudal jarak pendek Vympel R-73.

Pesawat yang dikerahkan ke Suriah itu kemungkinan berasal dari Resimen Penyelamat Penerbangan Angkatan Laut ke-43 yang berada di pangkalan udara Saki di Krimea. Resimen yang ditugaskan pada Armada Laut Hitam di Sevastopol, yang bertanggung jawab untuk operasi Angkatan Laut Rusia di Mediterania.

Berbagi

  121 Responses to “Angkatan Laut Rusia Sebarkan Jet Su-30SM ke Suriah”

  1.  

    su 30sm moncer

  2.  

    SU-30SM buat jaga² kalau F-35 israel mabuk

  3.  

    Su-30SM emang sangar

    https://youtu.be/0F70H2q4_G8

  4.  

    Apalagi jika dilengkapi rudal jarak pendek Vympel R-73.. ini sosok n kecanggihannya :

    https://militerhebatdunia.blogspot.co.id/2016/09/vympel-r-73-aa-11-archer-rudal-udara-ke.html?m=1

  5.  

    Saya bingung scenario apa sh yg dibuat RUSIA di Suriah…disatu sisi mendukung suriah tapi distu sisi dujung ASU dan sereal..macam agen ganda

    •  

      Sebenarnya bukan Skenario Rusia aja Tp Skenario 5 Negara pemegang Hak Veto…Ini MUNGKIN lho ya karena gk ada Linknya..jd jngn disanggah,karena hanya mungkin…Boleh percaya Boleh nggak..hehe

    •  

      Jangan heran klw bingung bang, toh saya juga bingung, karna saya cuma org biasa dan cuma tau info2 konflik timteng cuma dari internet doang.

    •  

      welcome to the “Real Politik” ala Hobbesian

      Intervensi Terbatas
      yg penting akses pelabuhan di laut mediterania dan menunjukan gigi mereka di timteng.
      tahu sendiri kan ekonomi uni soviet pernah morat-marit waktu perang dingin gegara asu punya selingkuhan di timteng
      selingkuhan loh ya bukan yg istri simpanan

    •  

      Russia di Suriah untuk membantu Suriah memerangi ISIS… sebenarnya Russia tidak ada hubungan dengan Israel atau koalisi barat… hanya saja koalisi barat kesel karena bantuan Russia membuat target utama melengserkan Assad jadi gagal makanya beberapa kali mereka panas2an… Israel lebih rumit lagi, mereka berusaha keras mencegah pergerakan Iran dalam membantu Hamas/Palestina/Hizbulloh yang memerangi Israel, sehingga beberapa kali terlibat serangan ke Suriah, dalam hal ini sebenarnya Russia tidak memiliki kepentingan apapun dan memiliki hubungan sama baiknya dengan keduanya… makanya Russia tidak pernah terlibat/melibatkan diri dalam eskalasi dengan Israel, dan Israel selalu segera dibela2in berkunjung ke Moskow ketika ada potensi terjadi ketegangan dan kemungkinan terjadinya bentrokan yang melibatkan Russia di Suriah termasuk terakir melobi supaya Suriah tidak mendapatkan S-300 dari Russia…

      •  

        beberapa poin sya setuju dgn anda bung
        namun setiap negara punya kepentingan bung yuli terlalu naif jika menganggap setiap negara membantu negara lain tulus apa adanya
        indonesia ngirim pasukan perdamaian lewat pbb juga punya kepentingan tersendiri pengalaman integrasi dgn militer negara lain sebagai contoh
        soal aliansi ibarat orang nikah kontrak bisa putus jika daya tawarnya rendah.

        •  

          Klau sekutu gimana anu?

          Hahhaahaaaa

        •  

          Saya setuju dengan bung Anu… jika mencari informasi tentang penyebab perang Suriah sebenarnya memang ada hubunganya dengan Russia-iran-Suriah…
          Dalam kasus pipe gas line… Suriah (Assad) menolak proposal jaringan pipa yang diprakarsai koalisi Arab (Qatar-Arab Saudi-Uni Emirat Arab-Turki-Eropa) untuk kepentingan Russia karena akan menjadikan jaringan pipa gas Russia mendapat pesaing dan jelas itu akan membuat Russia semakin terisolasi dari Eropa…
          Suriah memilih berkolaborasi dengan Iran-Irak-Suriah untuk menyuplai Eropa dan karena mereka ini merupakan sekutu Russia jelas tidak akan ada persaingan dalam mensuplai ke Eropa…
          Karena inilah maka terjadilah krisis Suriah dengan target utama Assad, jelas sekali dari awal memang kunci dan tujuan utama adalah mengganti Assad dengan yang lebih pro kepada koalisi Arab atau USA… dan dalam urusan inilah Russia bersedia memberikan bantuan langsung, karena operasi militer dinegara lain bisa menghancurkan ekonomi Russia seperti ketika USSR berperang di Afganistan…
          Tidak ada yang gratis dan tulus, tetapi sebagai sekutu maka sudah menjadi kewajiban Russia untuk mendukung Suriah…

      •  

        kalo ngeliat komen kamu orang berdua sepertinya sudah tercerahkan…walau masih ngotot idola segalanya suci tanpa dosa…xaxaxa….

  6.  

    Varian2 pespur andalan Rusia satu persatu turun dikancah perang Suriah tgl kapan tarung udara dgn pespur2 NATOcs klu ada semacam perjanjian untuk tdk terjadi senggol bacok dsn.he3

  7.  

    Yg berani menetang israel satu satu mulai layu…
    Mesir sblm al sisi..
    Irak dg sadamnya..
    Suriah…
    Hanya turkie dan iran yg msh blm berhasil..

    Arab saudi cs nya tak mau ambil resiko
    Daripada daripada

    Ha ha ha

  8.  

    Rusia dan iran lah pemenang perang di suriah..

    •  

      perhitunganya biji mana…kok bisa menang….kalo melihat rusia saat ini…terlihat gamang karna maju salah mundur juga salah….makanya ada acanario seolah olah mereka tetap mempertahankan siria…karna lngkah diambil kemarin tidak cukup merubah dukungan internasional….terutama dari pemain utama seperti cina,,india dan indonesia…karna sikap netral dari negara negara tersebut bisa menentukan peta kekuatan,,, baik politik ekonomi maupun militer…jadi rusia mulai menghitung kembali langkah yang akan diambil,,,dan mulai mengkaji dan sedikit konsultasi…karna beruang walau punya cakar dan gigi tapi bila sendirian maka sulit menghindari luka dan kerusakan…

      •  

        Mungkin su 57 dgn full stealth blm trbang

        Hahhaahaaaa

      •  

        tapi mengapa loe bilang aming lee china, indonesia & india netral?

        hahhaahaaaa

        •  

          mengambil sikap netral…berarti tidak ambil kebijakan atau suara,,,baik setuju maupun tidak setuja…bisa dibilang ambigu kata kaum alayaaa…xaxaxaxa

          •  

            parameter kemenangan adalah ketika mendapatkan kembali kendali atas negara… dan itu sudah didapatkan Suriah…

          •  

            Mau gimana lah aming lee, mrk kan takut melorot ekonominya apa lg diploroti.

            Hahhaahaaaa

          •  

            waduh gawat kalo anda jadi pemimpin ….bisa rusak semuanya….engak peduli apa yang terjadi yang penting berkuasa dan mempertahankan kekuasaan….yang lain sabodo teing….!!!!

          •  

            gue pikir haa ambigusitas dari negara negara lainya…karna rumitnya masalah selain juga tidak punya kepwntingan secara langsung…jadi bisa dibilang setengah hati tingal liat cuaca dan arah mata angin…

          •  

            Tenang ajja loe aming lee, klu gue pemimpinnya gue ploroti janda & perawan, kan tdk mungkin setelah diploroti dilihat lihat ajja, langsung sport

            Hahhjhaahaaaa

          •  

            pemimpin sejatinya memikirkan nasib yang dipimpinya terlebih dahulu baru memikirkan nasib sendiri..memilirkan perut tang dipimpinnya terlebih dahulu baru memukirkan perut sendiri….tapi kenyataan kebalikanya…bukan seorang pemimpin pelayan bagi yang dipimpinya tapi menjadi tuan bagi hamba yang dipimpinya….makanya orang berebut jadi pemimpin…untuk jadi tuan bukan jadi pelayan…
            siapa mau berebut jadi pelayan…???
            tulisan diatas adalah naif bagi kaum munafik,,,yang melihat peraturan dibuat untuk dilangar,,,bukannya peraturan dibuat untuk menertibkan dan bagi kemaslahatan bersama…!!!

        •  

          Lee itu ilmu ekonomi kaitan lee ini hrs di perlakukan scr otoriter atau tidak..
          Jd disini tak terkait dg prg suriah ya..

      •  

        Pemenangnya jelas Assad… dari hampir kalah dan hampir dimusnahkan setelah tinggal 30% wilayahnya yang masih dalam kontrol di tahun 2015 sekarang sudah berbalik… bahkan Suriah sekarang mulai menyisir wilayah yang dikuasai militan dan teroris, dan dengan serangan dan negoisasi relokasi semua militan dan teroris dikirim ke wilayah di Idlib… dan jelas saja kemudian setelah wilayah lain beres, wilayah itu juga akan di bereskan… kemudian tinggal dalam posisi berat karena akan berhadapan dengan lokasi dimana pangkalan militer asing ditampatkan seperti USA dan Prancis…
        Russia adalah pemegang kunci kemenangan Assad, sedangkan Iran adalah sekutu setia yang selalu membantu memberikan dukungan kepada Suriah, begitupun Hizbulloh….
        Untuk situasi perang antara Suriah-Iran-Israel jelas itu bukan menjadi tanggung jawab Russia, karena Russia ada di Suriah untuk membantu Suriah memerangi ISIS dan teroris lainya…

        Target Russia sudah tercapai dengan kekalahan telak ISIS, sedangkan urusan dalam hubungan perseteruan dengan barat itu diluar konteks, tetapi Russia berusaha berposisi seefektif mungkin dengan tidak terlibat konfrontasi langsung baik dengan barat USA cs mapun dengan Israel… dan baik Israel maupun USA meskipun tidak mengakui secara terbuka, mereka tetap memiliki jalur komunikasi aktif untuk menghindari terjadinya konfrontasi atau insiden…

        •  

          wadau mikirnya kok kaya begono bung….seandainya waktu bisa berputar ulang,, saya rasa asad mungkin akan berfiqir mundur dari jabatanya…bukan hanya meningalkan kehancuran pada negrinya bukan hanya fisik semata tapi juga mental warga siria…akan sulit mbangun siria baik fisik maupun mental bangsa…dan itu perlu dana dan usaha yang tak terkira…itu juga kalou dia menang…kalou swkarang jangan kata mikir menang laa nasibnya dan nyawanya setiap saat bisa hilang…lalu dimana kata menangnya….?!?!?

          •  

            bung [email protected] cara menilai kok spt di buat2 gt si,
            sdh jelas dlm perang siapa yg menguasai itu yg namanya menang, sana minum kopi dulu.

          •  

            dek suporter dilarang ikut nendang bola…itu peraturan utamanya…jadi jangan mau hanya jadi suporter saja…!!!
            kesebelasan rusia tidak bertanding,,,karna tidak ada lawan sepadan,,,jadi ngak perlu suporter….xaxaxaxa….

          •  

            Hloo apa hubunganya sama Assad mundur???
            Seorang presiden berkuasa dan berdaulat akan berusaha mempertahankan pemerintahanya sekuat tenaga, dan sebenarnya pemberontak tidak menghancurkan semasif apa yang dilakukan ISIS…
            Kalau Assad mundur memangnya ISIS juga tidak akan muncul??? bukanya kalau ISIS muncul dimasa transisi akan lebih berbahaya karena tidak ada pemimpin negara yang memiliki otoritas tertinggi???

            Dan seperti bung Zain, kemenangan itu ditunjukan dengan penguasaan wilayah…

        •  

          mikirnya kok begitu sih bung….laa wong negara hancur lebur dibilang menang…ngak ada sisa siria malah ningalin utang…belum lagi ngwbangun kehancuran…jangan kata mikir menang laa wong mikir nasib diri sendiri entah kepikiran entah engak….lalu dimana kata menangnya…???!?

          •  

            Itu maksud yuli menang dalam mengendalikan perang trsebut

            Hahhaahaaaa

          •  

            engak gitu juga haa….lawong. asad dan kroninya masih ngemis sana sini baik dukungan politik maupun materi….sepertiemelas simpati dunia internasional…dia takut kejadian kejadian rejim rejim yang telah tumbang…mati seperti binatang baik dia dan keluarganya….perang saat ini belum berakhir….masih menunggu kelanjutanya…tapi kalo assad menang itu sama juga kalah telak…tapi bila kalah dia jelas nasibnya seperti khadafi dan sadam husen….!!!

          •  

            Kroni asad siapa saja?

            Hahhaahaaaa

          •  

            Kalau assad/suriah kalah dlm perang ini maka lee salah..
            Kl lee bilang mengalami kerugian besar dlm perang ini org di antartikapun tau..
            Jgn lupa dibalik kerugian besar itu jg ada keuntungan non materi yg besar jg..
            Ini perang proxi plus..
            Bkn perang antar negara, bgtuloh..

            Jgn lupa bugjet yg dikeluarkan arab saudi dan usa tidak sdkit jg lo..
            Dan Jg potensi kerugian di masa dpn dr tindakan blsan suriah iran dan rusia akan semakin besar…

          •  

            xaxaxa….kecil kecil dah berpikir otoriter ….dek….!!!
            jadi menang dalam artian dia masih hidup dan berkuasa…???
            cara pandang yang luar biasa…
            ibarat keluarga besar berkelahi sendiri didalam rumah lalu orang luar masuk,,,membatu menghancurkan dan membunuh keluarga tersebut…lalu yang menang siapa…???
            saya tidak takut dikerdilkan orang lain tapi saya takut kerdil karna saya tidak bisa melihat kebenaran dari sebuah gambar suram….!!!

          •  

            Klw saya sendiri sih melihat bahwa suriah belum menang bahkan mungkin tdk akan menang, tapi juga mereka saat ini tdk kalah karna assad bisa bertahan dan berhasil merebut kembali wilayah2 yg pernah dikuasai isis dan para pemberontak, dan kenapa saya bilang tdk akan menang, ya karna seperti yg disebutkan bang aming di atas, Suriah sudah hancur lebur gituh.

          •  

            Untuk itu russia datang & merusak cita cita amerika & sekutunya dikeluarga trsebut yg loe maksud aming lee

            Hahhaahaaaa

          •  

            Ilmu ekonomi yg bnr tu spti itu..

            Ada org yg layak di adili ada jg yg tak layak diadili ngapain jg di paksakan diadli..
            Dah lgsg vonis ajak lee salah dlm hal ini…

            Ngiritt kan…
            Xa xa xa

          •  

            waktu Vietnam utara atau Vietkong memenangnkan perang Vietnam juga sama kok, kehancuran dimana2 termasuk wilayah2 yang diserang dengan senjata kimia oleh USA dalam usaha menghentikan agresi dari Vc… termasuk bombardir masif yang dilakukan dalam banyak operasi militer disana…
            Bahkan perang berlangsung lebih lama, sampai 20 tahun, dan menimbulkan korban yang juga sangat masif…

            Tetap saja pemenang perang ya Vietnam utara… tidak peduli seberapa hancur negaranya

          •  

            Mana ada perang kok kotanya masih berbentuk indah dan sempurna… dimanapun perang ya pasti diiringi dengan kehancuran infrastruktur, kemunduran ekonomi dan rakyat yang mengungsi…
            Pemenang ya pihak yang berhasil menguasai dan memiliki kendali atas wilayah tersebut… masak dibilang yang menang ISIS/FSA/Kurdi/USA/Israel… jelas2 kendali masih dimiliki Assad dan Suriah….

            Pemikiran yang aneh…

          •  

            xaxaxa…ilmu ekonomi bagai mana…???
            laa wong tekor dan hampir bangkrut ngutang pula,,,belum lagi rekonstruksi inprastruktur….hadau…ini lulusan sarjana ekonomi usa pastinya…

          •  

            yuli…yaa karna itu makanya assad menang banyak…berhasil menghancurkan negri sendiri,,,dan mengurangi jumlah laju penduduknya baik yang wafat maupun yang ngungsi….xaxaxaxa….jelas kamu benar saya yang salah…tapi kira kira apa sudah berakhir hingga kamu bisa mengklaim pemenangnya….!!

          •  

            https://international.sindonews.com/read/1245182/43/israel-mengakui-assad-sebagai-pemenang-perang-suriah-1507058248

            Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengatakan, Presiden Bashar al-Assad memenangkan perang sipil di Suriah.

          •  

            bung yuli semakin lama semakin terlihat lugu…
            apa itu pengakuan dari israel dan untuk apa pengakuan tersebut…coba diraba lagi…?!?!

          •  

            saya memang lugu…
            Tetapi saya tahu persis tujuan krisis Suriah… targetnya adalah Assad… ketika Assad tidak berhasil dilengserkan dan malah semakin kuat maka jelas saja Assad adalah pemenangnya…
            Israel memang memiliki agenda terselubung dalam pengakuanya, seperti memicu supaya koalisi USA semakin keras bereaksi… tetapi tetap saja, saat ini situasinya adalah pemulihan wilayah meskipun akan bertemu dengan militan dukungan USA dan milisi dukungan Turki tetap saja itu jelas bukan ancaman bagi posisi Assad sebagai presiden Suriah…

          •  

            Yaa ternyata benar anda…saya baru dapat informasi juga …bahwa assad menang tapi yang jelas kalah bangsa dan rakyat syria…!!!

          •  

            Rakyat yang mana???

            https://www.kompasiana.com/mozesadiguna/oposisi-suriah-ucapkan-terima-kasih-kepada-israel_557139aa8efdfd4c4dbb1c5e

            Rakyat Suriah jelas masih mendukung Assad dan berterima kasih kepada Russia yang membantu mereka mengalahkan ISIS yang terkenal brutal dan kejam…

          •  

            dua kubu tidak bisa mewakili bangsa dan rakyat syria…jadi salah bila angapan satu atau dua kelompok bertengkar semua ikut ambil bagian..
            sebenarnya elit yang menentukan kebijakan dan dapat membuat kekacauan hanya segelintir orang saja…tapi anehnya mereka yang menentukan nasib jutaan orang…

          •  

            Presiden berkuasa jelas dipilih berdasarkan suara terbanyak dan dialah yang mendapat mandat untuk mempertahankan negara dalam situasi apapun… ketika presiden sebuah negara diincar oleh kepentingan asing/eksternal maka sudah pasti harus mempertahankan diri… itu akan dilakukan oleh siapa pun, bahkan ketika ada kekuatan internal ingin mengambil alih secara paksa maka itu juga disebut kudeta atau pemberontakan dan tidak ada tempat untuk pelaku pemberontakan karena mereka akan menjadi penyakit dan hanya akan menjadi pengganggu stabilitas negara…
            Sebuah negara berhak mendapatkan kedaulatan, begitupun Suriah… Suriah baik2 saja sampai kemudian diacak2 pleh kepentingan luar yang menginginkan presiden Suriah di ganti…
            Konflik Suriah harus dilihat latar belakangnya, mengapa begitu masif pihak koalisi Arab-USA dan koalisinya-Israel-Turki begitu ingin Assad diganti… padahal Assad tidak melakukan apapun kepada negara2 ini…

          •  

            padahal saya sudah cukup jelas beriketerangan…

            karna ketidak mampuan siria dalam negosiasi dan cari jalan keluar dalam negri sendiri…maka urusannya jadi qafiran macam ni…pihak luar akan sulit intervensi domestik dalam negri negara lain…tanpa ada alasan yang kuat…jadi jangan berputar putar disekitar situ saja…atau berulang ulang kali disampaikan…dalam bahasan….
            dan saya telah kemukakan dengan mengambil contoh sikap nasionalisme dan kepengambilan keputusaan disaat keadaan krisis dan kritis…
            antara libya,,,irak dengan indonesia……dan bagai mana akhir dari ketiga negara tersebut….jangan pula kamu tanya…!!!

  9.  

    Kalian tau gak, soalnya aku gak tau..
    Kalau kedpn sangat mgkn ramai tu arab saudi cs timpuk timpukan yg lbh hebat sama iran di yaman..

    Dan terkait china dg lcsnya..
    Barat sangat berkepentingan arah politik di indonesia berubah dan beralih padanya..
    Indo mau di jadikan bamper tes chaos dg china…

    Ha ha ha

    •  

      sama saja kita ngikut china juga jadi bamper buffer state seperti eksperimen mereka di tahun 60an.

      beruntunglah kita berada di masa negara bangsa bukan kolonialisme dimana kedaulatan bangsa2 wajib dijaga dan terjaga terutama akses2 laut dan selatnya

      •  

        Kl yg mundur mudur bgini saya suka..
        Soalnya sblm indo merdeka saya sudah ada..

        Jadi tolong jelasin scra specifik ya..
        “sama saja kita ngikut china juga jadi bamper buffer state seperti eksperimen mereka di tahun 60an”?????

        •  

          hegemoni real politik dlm hubungan internasional
          dan takkan bawa2 ideologi nanti lari ke wiwi,wewe dan wowo lagi

          SELAT MALAKA
          SELAT SUNDA
          SELAT BALI
          SELAT MAKASSAR
          SELAT LOMBOK

          sepanjang perjalanan sejarah imperium2 dan negara2 yg menginginkan kedigdayaan superpower akan selalu berambisi dgn akses2 yg sekiranya penting baik dari segi ekonomi, taktis strategis dan politik submisif dan selalu dimulai dengan wilayah regional sendiri.

  10.  

    Suruh Mahathir Aja Jd Bumper, Masa Rumah Sendiri Lihat Kucing Nyuri Ikan di Dapur Para Penghunix Pura2 Tidur

  11.  

    Nunggu komen dr si gatol ajalah, si specialist pengendus shilit celeng…..xicixicixi

  12.  

    Gimana siih aming lee?

    Hahhaahaaaa

    •  

      artian gini haa orang yang mencintai itu orang yang rela berkorban…begitu juga nasionalisme…beda dengan diktator,,,kelamaan berkuasa hingga lupa dan enggan berpisah darinya….masalah proxy dan apa lah itu namanya…tetap saja semuanya itu hanya lah buntut dari prilaku dan respon kita dalam menyikapi dan mengambil keputusan….contoh suharto…diktator yang mati ditempat tidur,,,dan keturunanya sehat walafiat dan masih sejahtra….coba liat sadam husein dan khadafi…serta keluarga besarnya…
      itu semua keputusan dan mengambil langkah dari situasi krisis dan kritis…salah dan benar hanya tuhan yang tau,,,tapi setidaknya keputusan yang diambil dapat meminimalisir dampak dari suatu resiko….!!!

      •  

        itu baru nasib diri sendiri dan keluarga besar…bagai mana nasib bangsa yang dipimpinya…kita baru kehilangan timor leste dah ribut tujuh turunan…engak liat apa irak dan libia…untung mereka kaya minyak bumi….itupun habis dipakai untuk rekonstruksi…dan sebagian dinikmati pihak pihak aseing…dan kondusifitas masih jadi tantangan dan permasalahan utama…!!!

      •  

        Eallaaaah aming lee, hari gini bicara mengenai rela brkorban? Lagu suram, hahhaahaaaa.

        Tdk ada yg namanya pengorbanan tanpa hasil, semua pengerbonan itu punya tujuan & hasil, baik atau buruknya hasil dr pengorbanan trsebut trgantung caranya memulainya

        Hahhaahaaaa

      •  

        Anggap finalnya dah terjadi kemarn dlm kasus suriah lalu yg menang siapa lee…
        Usa, isis arab saudi, israel assad iran rusiah ato yg lain lagi..

        Jangan paksa saya otoriter lg ya lee…

        Tau gak org spti lee di kl di adili bisa lolos..
        Karena apa..
        Karena antara hakim bisa berantem sdri…

        Ha ha ha

        •  

          hahaha…untung nya saya bukan kriminil apalagi koruptor….
          pemenang belum bisa ditentukan dek….tapi pemenang kecil mungkin bisa diraba….siapa saja…kalo assad itu bak boneka hidup yang siap dipertaruhkan nasibnya,,,digengaman para adidaya…kalo lobi menguntungkanya bisa diperpanjang nafasnya,,,begitu sebaliknya….
          coba dibayangkan sedikit bila usa dan sekutu mampu menekan rusia atau mencapai kata sepakat dengan dengan rusia…bisa dibayangkan bukan….!!?!

      •  

        Lalu apa korelasinya???

        •  

          napa pula kau tanya korelasinya…apa kau tau…tapi biar lah jadi tanda tanya saja…karna itu yang buat orang mulai belajar mengunakan akalnya…coba kalo tidak ada rasa keingin tauan maka malas berfiqir jadi kebiasaan…

          •  

            lalu apa tema dan kesimpulanya???

          •  

            kamu kalo nanya harus jelas yull…disitu saya engak dengan kamu aja ngobrolnya…jadi yang mana yang kamu tanya…karna banyak bahasan yang saya muat dalam koment..

          •  

            Ya sudahlah…

          •  

            xixixi…jangan ngbekan yaa bung…debat sehat bukan cari pemenang tapi mengasah otak agar tajam…maklum dah tua kalo dak diasah nanti muntul dan pikun akibatnya….!!!

          •  

            Saya beberapa kali mengingatkan bung (karena tidak terlibat dalam masalah ini tidak saya sebutkan siapa biar menjadi tanda tanya) untuk selalu kembali ke tema… temanya apa ya di scroll ke atas dimana asal mula tema itu di mulai… (bukan yang paling atas) tetapi kalau mengikuti skema dari komentar maka yang paling kiri atas adalah tema… sedangkan dibawahnya terus mengikuti konteks dari tema itu…
            Jadi sebenarnya tidak perlu di pertanyakan lagi yang mana… karena asal dari sebuah pembahasan dimulai dari komentar paling atas dan paling kiri…

            contoh :

            – ………….
            – ………….
            – …………..

        •  

          tapi bung yuli replay comment saya waktu jawab comment koko kwan…dan itu sudah sangat jelas…korelasinya….
          itu bukan perang semata…tapi ajang politik…internasional…dan itu rumit tidak sesepele yang anda piqirkan….assad sudah tidak punya kekuatan untuk melawan…hanya diperpanjang nafasnya oleh rusia…
          mengapa iran sekarang tampil kemuka secara terang terangan….????
          masak anda tidak bisa meraba apa yang terjadi…???
          sudah sejak awal saya memprediksi…rusia setengah hati…!!!
          karna keuntunganya tidak sesuai kerugianya….dan rusia belum siap untuk itu…sejak awal masuk siria rusia kampaye dan banyak melobi termasuk RI…agar turut serta ambil bagian….artinya rusia tidak mampu menangung biayaya perang berkepanjangan…bisa dilihat dengan adanya gejolak ekonomi yang dialaminya…!!!

  13.  

    hanya ada disini kita kupas tuntas lebih mendalam dan tajam,,,setajam silit…bersama saya… fanny boy….xaxaxaxa….!!!

  14.  

    Hahaha. Baru Off Sebentar Aja Dah Ribut. 😆

    Jika Ada Negara Yg Membantu Negara Lain Pasti Ada Sesuatu dan Maksudnya Dan Rusia Di Suriah Tentu Ada Maksud dan Sesuatunya Seperti Yg Sudah Di Jelaskan Oleh Beberapa Warjagers Di Atas (Walaupun Tk Semuanya Benar) Slh Satunya Untuk Menaikan Lagi Pamor Rusia Di Kancah Internasional Dan Slh Duanya Adalah Mendapat Markas/Pangkalan Gratis Disana Plus Slh Tiga Dan Slh Empatnya Cari Aja Sendiri. Di Dunia Ini Tdk Ada Makan Gratis Begitu Jg Sama Seperti AS Yg Klau Membantu Negara Lain Pasti Ada Maksud Dan Tujuan Untuk Kepentingan Mereka Sendiri. 🙂

  15.  

    Para pengamat suriah debat terbuka di jakgr , xaxaxaaa
    mana SU 35 TNI AU katanya hari mulai dikirim via GRAB

  16.  

    Semoga terjadi perang terbuka antara agato dan jimmy + yulihantoro + huha.

    Karena situasi yang semakin rumit, yang dimana agato berada dalam posisi di kroyok jimmy + yulihantoro + huha. Akhirnya bung Anu dan aming lee yg mendengar kabar buruk itu pun akan turun tangan menghadapi aliansi jimmy + yulihantoro + huha.

    Pecah lah perang antar aliansi (agato, anu dan aming lee) VS (jimmy, yulihantoro dan huha).

    EFEK dari perang aliansi tersebut adalah pecahnya perang NUKLIR di JKGR

  17.  

    Waahh sampe perang aliansi segala.

    Jangan dong. Soalnya aliansinya ka jimmy kan ekonominya lagi jatuh, yg anda malah bangkrut tar klo pecah perang antara aliansi. Terus kan alutsistanya ka yuli kan banyak yg lemot2, malah banyak yg peninggalan Soviet. Banyak yg KW2 juga di poros aliansi ka jimmy.

    Nahh klo ka agato?? ekonominya lebih gede terus sekutu2nya banyak loh. Bisa hancur tuh aliansi ka jimmy, yulihantoro dan huha. kecuali sampe perang nuklir terjadi, yang ada sama2 hancur deh. wkwkkwkw

    Seperti kata ka Anu, perangnya yg konvensional aja. Biar yg pecah tuh cuma ban aja lantaran ada gondokis yg masang ranjau paku di depan ban mobil ato speda motor2 pihak2 yg terlibat. wkwkkwkw

    Meooonnnggg

    •  

      Miaawwww Saya Gk Berniat Menghadapi Itu Semuanya Sebab Saya Sudah Punya Agenda Untuk Membasi Tukang Ngadu Domba Peranakan Menir atau Apalah Yg Sok Nasionalis

    •  

      Untuk apa sih berantem??? memangnya kalau sudah berhasil kemudian selesai??? paling juga dibalas, kita balas, sana balas, kita balas lagi, sono balas lagi, kita balas lagi, sono balas lagi, kita balas lagi, sono balas lagi….. sudah ah capek

    •  

      ini baru ngak mudeng saya…ngomongin opo too,,,kok yaa buat mubeng…xaxaxa….!!!

  18.  

    Wkwkkwkw. Sepertinya ka jimmy ngambek tuhh. wkwkkwkw

    Kali ini gue setuju deh sama ka yuli. Salam damai buat om Utin.

  19.  

    ini kebiasaan buruk bocah ni…tiap orang tua ngajak ngobrol pasti kaboer….xaxaxaxa….

  20.  

    Wkwkkwkw.

    Mungkin karena ka aming lee sama ka Anu bakal turun tangan akhirnya ka jimmy sampe ubah haluan. wkwkkwkw (Mungkin).

    Klo ka yuli mah tumben ngomong kek gitu, biasanya kan ka yuli dapat perintah dari om utin apapun yg terjadi terhadap alutsista Rusia kamu harus tetap claim ini or itulah. Klo kenyataannya buruk buat alutsista Rusia, kamu harus mencari jalan keluarnya sehingga alutsista kita tetap WOW. Yah kira2 seperti itulah. wkwkkwkw

    •  

      Perintah??? emangnya saya siapa???

      Lagian saya hanya memberikan argumen yang se masuk akal mungkin, bisa di logika dan tidak ngawur… selalu mencari dasar dan meskipun ada opini pribadi tetapi itu tidak lantas asal2an…
      contohlah kejadian Pantsir… langsung di cerca habis2an, tetapi giliran terjadi pada situasi sebaliknya langsung pada ngilang tuh…

      Padahal namanya sahabat justru ada dalam kesusahan… tidak melulu datang ketika ada pesta dan kemenangan…

    •  

      Hahaha. Ubah Haluan No Way.

    •  

      Putin memerintah saya??? memangnya Who am I???

      Saya hanya akan melakukan pembahasan yang masuk akal, dan tidak asal2an meskipun opini pribadi kadang memang tidak tepat, tetapi dengan didukung beberapa sumber dan fakta bisa mengurangi kesalahan yang timbul… dan itu wajar, bahkan dilakukan juga oleh kubunya Vikha (kubu sebelah)
      Hanya saja seringnya ketika terjadi dalam situasi sebaliknya biasanya pada menghilang tak berbekas… menunggu sampai artikel itu tergerus oleh artikel2 baru… dan itu kenyataan…

      Seorang sahabat akan ada untuk sahabatnya ketika kesusahan, tidak hanya ketika pesta/senang-senang/menang… dan saat paling sulit itu akan menunjukan siapa sebenarnya sahabat sejati…

  21.  

    Su-30 SM yg kemaren jatuh di Suriah gegara nabrak burung ya. Kasiah tuh Burung, bentar lagi polulasi burung di Suriah bakal habis dan punah ditabrakin pespur Rusia. Sebelumnya sapi yg lagi di dalam kapal ditabrak, ratusan sapi tewas, sekarang malah burung. Emang Rusia itu gak berperi kebinatangan. Hhhhhhhhhh

  22.  

    Hahaha……. tak berperi kebinatangan

    Maklum lah bung, kan budget militernya lagi jatuh banget tuh. Jadi kurang riset tuh pespur dia. Akhirnya karena kekurangan dana buat riset ya gitu deh jadinya.

 Leave a Reply