Mei 132018
 

Jet tempur Sukhoi Su-30SM yang bermarkas di wilayah Rostov. © Dephan Rusia (mil.ru) via wikimedia.org

JakartaGreater.com – Sebuah detasemen pesawat tempur Sukhoi Su-30SM ‘Flanker-H’ Angkatan Laut Rusia telah dikerahkan ke Pangkalan Udara Khmeimim di Suriah dalam misi luar negeri pertama untuk pejuang supremasi udara terbaru layanan tersebut, seperti dilansir dari laman IHS Jane.

Dua jet tempur Su-30SM Angkatan Laut Rusia pertama kali difoto selama kunjungan media ke pangkalan udara utama Rusia di negara Timur Tengah pada tanggal 21-22 April dan pada tanggal 9 Mei dimana jet tempur Su-30SM dalam skema warna khas dari Naval Aviation Rusia dipajang selama Pawai Hari Kemenangan yang diadakan di Pangkalan Udara Khmeimim.

Enam contoh jet yang dilengkapi canard juga terlihat dalam citra satelit komersial dari pangkalan udara yang di ambil enam hari sebelumnya. Tidak jelas kapan pengerahan tanpa pemberitahuan ini dimulai, tetapi sebuah Su-30SM Angkatan Laut Rusia muncul dalam gambar dari Pangkalan Udara Khmeimim yang dipasang online akhir Maret. Jet angkatan laut tidak muncul dalam citra satelit pangkalan udara yang diambil di bulan sebelumnya.

Meskipun Su-30SM memiliki kemampuan multirole, tapi pesawat yang difoto di Suriah tampaknya dikonfigurasi untuk operasi supremasi udara yang dikombinasikan dengan rudal jarak menengah Vympel R-77 dan rudal jarak pendek Vympel R-73.

Pesawat yang dikerahkan ke Suriah itu kemungkinan berasal dari Resimen Penyelamat Penerbangan Angkatan Laut ke-43 yang berada di pangkalan udara Saki di Krimea. Resimen yang ditugaskan pada Armada Laut Hitam di Sevastopol, yang bertanggung jawab untuk operasi Angkatan Laut Rusia di Mediterania.