Angkatan Laut Turki Jaga Kapal Eksplorasi di Wilayah Konflik

Jakartagreater.com  –  Angkatan Laut Turki menjaga kapal kapal mereka yang sedang melakukan eksplorasi laut, baik di Laut Hitam maupun di Laut Mediterania Timur.

“Kami secara aktif dan jelas melanjutkan misi menjaga dan mengawal Kapal Bor Fatih yang sedang melanjutkan studinya di Laut Hitam, juga Kapal Bor Yavuz dan Kapal Eksplorasi Seismik Barbaros Hayrettin Pasa di Laut Mediterania Timur, untuk menyampaikan kabar baik bangsa kita yang bermartabat”, ujar Kementerian Pertahanan Turki, dalam akun twitternya, 17-9-2020.

Angkatan Laut Turki menjaga Kapal yang melakukan eksplorasi (@ Turkey Ministry of National Defence)

Ketegangan di Mediterania Timur telah meningkat selama berbulan-bulan di sekitar eksplorasi Turki untuk gas di perairan, yang juga diklaim oleh Siprus dan Yunani sebagai zona ekonomi eksklusif mereka.

Situasinya memburuk ketika Turki mengirim kapal Oruc Reis, disertai dengan armada kapal militer untuk mengebor apa yang dianggap Yunani sebagai landas kontinen mereka.

4 pemikiran pada “Angkatan Laut Turki Jaga Kapal Eksplorasi di Wilayah Konflik”

  1. Emang kalau daerah masih abu2 kepemilikannya belum jelas diputuskan yg berhak siapa bisa boleh dieksplorasi kah, enaknya negara kalau merasa kuat bisa suka2 mereka. Contoh lain cina kuasai laut cina selatan bahkan laut Natuna Utara yg jelas2 milik Indonesia dan jauh dari cina hanya karena merasa moyangnya dulu mancing di sana, padahal orang lain pun juga melakukan yg sama, emang moyang orang Filipina dan Brunei jaman dulu mancingnya di laut Bering atau laut Atlantik Utara dan moyang orang Vietnam mancing di Alaska.

Tinggalkan komentar