Sep 182016
 

Angkatan Udara Amerika Serikat pada hari Jumat (16/9) waktu setempat, mengumumkan bahwa pihaknya telah menarik 10 jet tempur F-35 Joint Strike. Grounded tersebut dilakukan selang sebulan setelah jet tempur itu dinyatakan “combat ready”.

Dalam pernyataan resminya, Angkatan Udara Amerika Serikat menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil karena adanya masalah pada bagian avionik pendingin pada baris dalam tangki bahan bakar. Total sebanyak 57 jet mengalami rusak pada garis pendingin, sehingga hanya ada 15 jet yang tetap tersedia.

Dari sebanyak 15 pesawat yang siap di lapangan, 10 diantaranya telah dinyatakan siap tempur, satu sedang dalam pengujian, dan empat lainnya berada pada puncak pelatihan. Dua dari empat pesawat yang berada pada puncak pelatihan merupakan milik Norwegia Royal Air Force.

Perwakilan dari Angkatan Udara dan Program Lockheed Martin F-35 mengatakan bahwa garis pendingin yang rusak tidak ditemukan di semua pesawat. Menurutnya, penggunaan bagian yang rusak itu terbatas pada satu sub-kontraktor yang tidak bekerja pada semua pesawat.

“Keselamatan selalu menjadi pertimbangan pertama kami dan Lockheed Martin berkomitmen untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin untuk mengembalikan jet pada status terbang,” ujar juru bicara Lockheed Martin, Michael Rein, seperti dilansir CNN pada Minggu (18/9).

Jet tempur F-35 digambarkan sebagai sistem senjata yang paling mahal dalam sejarah, dengan biaya program diperkirakan mencapai 400 miliar dolar AS. Produsen pesawat, Lockheed Martin, telah mengirimkan 108 unit F-35A dari total rencana Angkatan Udara untuk membeli 1.763 unit.

Sumber: CNN

  19 Responses to “Angkatan Udara Amerika Serikat Melakukan Grounded Terhadap 10 Jet Tempur F-35”

  1.  

    di grounded kan lagi….

    •  

      F35 Project ini merupakan wujud Konseptor dan strategi pentagon yang meleset.
      1. Pesawat multirole adalah kesalahan konsep paling dasar. Pada dasarnya membuat pesawat mutirole memungkinkan tetapi akan menemui 2 masalah yaitu mahalnya harga dan berkurangnya “kemampuan masing2 role”. Extrimnya bisa dibayangkan fungsi pembom A10 yang murah ( 1/30 F35) , atau fighter F15 diganti f35 yang “banci” tidak mau dogfight dan selalu mengandalakna BVR.
      Fungsi intersep dan patrol dari F16 juga tidak bisa 100% diganti dengan si “serba bisa” F35 ini.
      Ide “multi role” ini menjadi jebakan maut yang mengikat Pentagon bertahun-tahun dan menghabiskan banyak resources.

      2. Single Development
      LM menjadi satu-satunya pemegang development dan teknologi ini membuat Proyek ini menjadi mahal dan kaku. Semua teknologi menjadi harus baru dan tidak bisa memanfaatkan rekayasa di luar yang lebih murah dan tersedia. Produk dari luar sebenarnya bukan hanya masalah teknologinya , tetapi bisa saja dipilih produk yang sudah proven atau minimal sudah dilakukan pengujian , dibandingkan dengan rekayasa sendiri dan baru/dari nol yang juga akan menghabiskan banyak waktu utk pengujiannya.

      Selamat menikmati, satu persatu error dan bug dari F35 ini akan terus kita dengar beritanya

  2.  

    1

  3.  

    bisa di bilang F35 produk gagal seperti hal nya Sea-Based X-Band Radar (SBX), Proyek Radar 2,2 Miliar Dollar Yang Gagal Total

  4.  

    Barang mahal tapi bamyak masalah…
    Pantas saja banyak negara yang mengkaji ulang untuk membeli atau mengurangi pembelian pespur USA yang satu ini…

  5.  

    Pespur kesayangan carin dikandangin….wkwkwkwkwk nasib mu F35…..

  6.  

    F16 dan A10 tetap yg terbaik dari US made

  7.  

    Usa adlh negara serba ketakutan sendiri. Seandainya mrk tidak punya jet siluman F35 dunia juga yakin tidak ada satupun negara di dunia yg dlm waktu dekat betul menyerang usa!!! Jadi mrk tujuannya hanya merasa takut yg berlebihan terhadap musuh2nya yg diciptakan amerika sendiri…tp yg pasti usa ingin tetap jadi polisi dunia bisa mengatur negara miskin takberdaya.

  8.  

    belum digunakan di pertempuran lakok bermasalah terus benar kata beruk sebelah itu pespur abal abal masih mending tukino

  9.  

    Harga mahal,perawatan mahal,masalah terus2an jadinya tambah kemahalan. Hasilnya wassalammm….

  10.  

    Graund death

  11.  

    Luarbiasa USAF membeli 1. 763 pesawat F-35 yang harganya sangat mahal….
    Indonesia mau beli 8 (delapan) biji SU-35 yang harganya rata2pun masih mikir 1. 763 kali (walau hutang).
    Adakah yang salah dengan Indonesia??

  12.  

    produk gagal nih barang. ada dua program JSF x35 dan x32 , yg akhirnya dimenangkan oleh x35. melihat kegagalanya x35 (f 35) mendingan mamarika balik lg dah ke proyek x32. simulasi gamenya aja lebih asik x32……hehehe

    https://youtu.be/Ryvv0Qn-Wk8

  13.  

    ganti dan lanjutkan program jsf x 32, x35 (f35) produk ….

    https://youtu.be/pUYKuBhemWM

  14.  

    itulah mahalnya penelitian!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! negara yg sudah berpengalaman pun bisa mengalami kegagalan!!

    wajar ilmu pengetahuan itu mahal harganya, beli ngeteng minta tot!!!!! paling yg di kasi tot cara perawatan aja.

  15.  

    @kw

    Semua tergantung dari perjanjian pembelian dan kebutuhan dari negara itu. Santai aja om urusan perut lebih kejam dari pada senjata. nantinya bisa jadi senjata makan tuan. Dua ke pemimpinan kita pernah kalah sama urusan perut rakyat. Era Soekarno inflansi Era Soeharto inflansi jadi gampang dah rakyat di bentur isu jadi bahan adu domba.

  16.  

    negara indonesia tidak akn perang,kita msh aman aman saja,santai dan rilek saja gak usah terlalu ngoyo beli ini beli itu,”pembelian alutsista berdasarkan kebutuhan sja bkn keinginan” dan indonesia saat ini yg diperlukan adlah alutsista yg serba guna yg bisa buat untuk menanggulangi bencana alam,sprti pesawat pemadam kebakaran,,dan lagi,,indonesia dgn 250 juta rakyatnya siapa yg mau menyerang indonesia???mau mati????sudah sudah indonesia tidak akan perang dan tidak akn diserang snntai saja,rilek saja mending duitnya buat biaya kampanye,,mending duitnya kita bagi rame2,,kan lumayan,lagian bentar lagi pensiun,kl sdh pensiun mana bs lagi ngembat duit negara,biarlah mslah beli beli alutsista nnti saja bagian pemimpin yg belakng,rakyat gak boleh protes,trima saja apa adanya,emg siapa yg jdi pemimpin,,GW APAH ELOH????enak aja emg km kira enak jdi pemimpin??emg km kira jdi pejabat gak perlu modal gede????km tau gak kesempatan tidk akn pernah dtg dua kali,,jd ini kan kesempatan gw jd pemimpin,jd ya suka suka gw,,hahhahahhhha hmmmmmmm parah.

  17.  

    Pesawat mahal, kualitas kedundung….

    gkgkgkgk