JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 142018
 

Jet tempur J-16 dan helikopter Mi-8 China terbang dalam formasi. © Ng Han Guan

JakartaGreater.com – Jet tempur J-16 China diam-diam diperkenalkan ke Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) pada tingkat yang lebih cepat daripada adopsi pesawat tempur generasi kelima baru J-20, meskipun yang terakhir ini telah menarik lebih banyak perhatian internasional.

Dilansir dari laman berita Sputnik, setidaknya dua skuadron jet tempur J-16 baru telah ditambahkan atau sedang dalam proses melakukan konversi ke skuadron J-16, menurut Defense News pada hari Rabu, mengutip gambar yang baru-baru ini diterbitkan oleh Kementerian Pertahanan Nasional China.

Dengan penambahan tersebut, PLAAF memiliki setidaknya tiga unit Shenyang J-16 di gudang senjata.

J-16 adalah pesawat tempur buatan domestik yang mengambil model dari jet tempur multi-peran Su-30 Flanker milik Rusia, yang oleh para ahli dipertimbangkan sebagai lawan F-15 Strike Eagle AS. Angkatan udara dan angkatan laut China juga mengoperasikan Su-30.

Sepasang pesawat tempur multiperan Shenyang J-16. © Dephan China

Pesawat tempur J-16 lebih canggih dari J-11 (yang mirip dengan Su-27 Rusia) dalam artian cocok untuk misi serangan darat dan juga pertarungan udara.

J-16 telah memasuki PLAAF dalam jumlah kecil pada tahun 2015, menurut catatan Defense News, menambahkan bahwa pengenalan yang lebih luas ditunda demi mengembangkan radar AESA yang lebih baik untuk pesawat tempur.

Terlihat 3 jet tempur J-16 (kiri) berjajar disebelah jet tempur J-11. © Dephan China

PLAAF menugaskan J-20 pertama pada September tahun lalu, namun para ahli memperkirakan integrasi pesawat generasi kelima menjadi sangat panjang dan menyakitkan seperti yang terjadi pada F-35 Angkatan Udara AS.

“Proses pengenalan petarung generasi kelima untuk Angkatan Udara AS sangat lama dan menyakitkan”, kata Vasily Kashin, saat J-20 memulai debut publiknya. “Tidak ada alasan untuk berpikir China akan berbeda”, kata Kashin.

China juga telah mengembangkan pesawat yang lebih baru daripada J-20. Pada tahun 2012, prototipe J-31 China melakukan penerbangan perdananya dalam Zhuhai Air Show.

“Saya pikir mereka akhirnya akan setara dengan jet tempur generasi kelima kami sebagaimana mestinya, karena spionase industri masih hidup dan sehat”, kata seorang pilot tempur senior AS yang akrab dengan F-35 kepada USNI News pada tahun 2014.

Bagikan:

  25 Responses to “Angkatan Udara China Adopsi Shenyang J-16 Baru”

  1.  

    akankah teknologi cloning akan lebih baik dari si empunya???? only time can give the truth

  2.  

    Barang Kw pasti kualitasnya juga meragukan..
    Toh pernah latihan bareng sama au thailand, gripen c/d vs j11 aja kalah telak 9:1..

  3.  

    Padahal Ada yg minta teknologi loket baik2 dng syarat mau borong Produknya… Tapi di kibulin sm si licik loket xixixi..

    Tetapi Cina telah berhasil mendapatkan Blueprint dan teknologi rahasia F-35 lalu membuat J-31… Dan kabarnya dari data2 Colongan tersebut Cina telah tertolong dari 25 tahun penelitian dan pengembangan… Inilah akibatnya karena teralu pelit dan licik malah teknologinya di colong orang wkkkkk….

    •  

      heeee, bkn sya membela loket, tp memang yg namanya teknologi ya musti butuh pengorbanan yang besar mas, wajar saja klo pelit, harusnya kita ini yg tertinggal punya motivasi lebih, cba klo sampeyan yg dicolong ilmunya padahal sdh berguru smpe ujung berung, pasti sakitnyah tuh disini lho xixixixi…

    •  

      R n D pespur siluman amrik,jepang dll habiskan 2000 triliun buat riset aj makanya harganya mahal ,china pinter dapet data dan langsung buat hemat duit dan waktu serta dpt dijual 70 jt dolar

  4.  

    lebih baik ada yang mencuri teknologi tinggi punya mereka meski tindakan tersebut tercela
    biar si empunya yang sering suka mau menang sendiri merasa bahwa mencuri pun merupakan ilmu sulit yang tidak mudah ditangkal
    anda mau t o t mencuri teknologi silahkan hubungi sales terdekat

  5.  

    barang KW belum tentu tidak berkualitas

  6.  

    Mending ifx blok 1 selesai. Teknologi intinya Tot dengan china

  7.  

    Shenyang J-16 the Multirole Strike Fighter

    https://www.youtube.com/watch?v=qORaLfqFylA&feature=youtu.be

  8.  

    Shenyang J-16 the Multirole Strike Fighter

    https://www.youtube.com/watch?v=6S1lrUYSEB4&feature=youtu.be

  9.  

    Su 30 ,yg mengatakan j 11 kalah sama gripen ga nyadar apa itu su 27 teknologi th 90 an lawan gripen yg terbaru ya kalah diradar,avionik dll makanye sekrg china rombak total j 11 bh dengan radar aesa,avionik terbaru,rudal pl 15 dll ,jika yg ini blh dicoba dengan gripen

 Leave a Reply