Angkatan Udara India Akan Melantik CH-47F Chinook

Helikopter CH-47F Chinook Angkatan Udara India © IAF via DefPost

JakartaGreater.com – Angkatan Udara India (IAF) secara resmi akan lantik helikopter transportasi berat CH-47F Chinook dalam sebuah upacara di Base Repair Depot 3 atau (BRD3) di Chandigarh pada tanggal 25 Maret, seperti dilansir dari DefPost.

Helikopter Chinook pertama dari 15 yang dipesan oleh India secara resmi diserahkan pada IAF dalam sebuah upacara di fasilitas Boeing di Philadelphia, Pennsylvania pada tanggal 1 Februari. Helikopter itu tiba di India akhir bulan ini, lebih cepat dari jadwal.

Pada 2015, India telah menempatkan pesanan, senilai $ 3,1 miliar, untuk 22 helikopter serang Apache AH-64E dan 15 helikopter transportasi CH-47F (I) Chinook akan dibeli untuk Angkatan Udara dari Boeing melalui jalur Penjualan Militer Asing AS (FMS). Selain itu, Pentagon mengizinkan penjualan 6 Apache untuk Angkatan Darat India di tahun 2017.

Pada bulan Juli tahun lalu, helikopter CH-47F Chinook pertama yang dibuat untuk IAF melakukan penerbangan perdana pada fasilitas perakitan perusahaan Chinook. Setelah dilantik, India akan menjadi negara ke-19 yang mengoperasikan CH-47F Chinook dalam pasukannya. Chinook akan melengkapi helikopter angkat berat Mil Mi-26 IAF.

Chinook adalah helikopter angkut berat multi-misi. Misi utamanya adalah mengangkut pasukan, artileri, amunisi, bahan bakar, air, material penghalang, persediaan, peralatan di medan perang.

Misi sekundernya meliputi evakuasi medis (MEDEVAC), bantuan bencana, pencarian dan penyelamatan (SAR), pemulihan pesawat, pemadaman kebakaran, mengerahkan penerjun payung, konstruksi berat dan pembangunan sipil.

Helikopter Chinook diperkenalkan pada tahun 1962 sebagai CH-47 Chinook, dan model A, B dan C telah dikerahkan di Vietnam. Sebagai produk dari program modernisasi yang meliputi perbaikan CH-47 yang ada, CH-47D pertama dikirimkan pada tahun 1982 dan diproduksi hingga 1994.

Tinggalkan komentar