Mar 222019
 

Jet tempur ringan multiperan FJ-17 Thunder Angkatan Udara Pakistan © Daily Pakistan

JakartaGreater.com – Dalam upaya untuk tetap siap dan sedia menghadapi segala jenis keadaan darurat dalam situasi yang berlaku, pesawat tempur Pakistan Air Force (PAF) melakukan operasi lepas landas dan mendarat di jalan raya pada hari Senin, seperti di lansir dari laman harian online, Dawn.

Pesawat tempur angkatan udara mendarat dan lepas landas dari berbagai lokasi. Setelah mendarat, pesawat tempur juga ambil bagian dalam latihan pengisian bahan bakar atau refuelling dan mempersenjatai kembali atau rearming.

Latihan tersebut dilaksanakan untuk menunjukkan bahwa kemampuan PAF untuk dapat mempertahankan tempo dan operasional udara yang tinggi. Menteri Komunikasi Federal Murad Saeed hadir pada kesempatan itu serta pejabat sipil dan militer senior lainnya.

Seorang pejabat senior PAF mengatakan bahwa tujuan latihan ini adalah validasi ulang kemampuan di bawah skenario geo-strategis yang terus berubah.

A Pakistan Air Force Mirage aircraft landing on one of the road as runway operations on Monday. In a bid to remain prepared for any emergency, the PAF fighter aircraft carried out off-runway operations along motorways and highways.

Dia mengatakan bahwa demonstrasi udara ini menunjukkan bahwa jika landasan terbang tradisional tidak tersedia karena alasan tertentu, Angkatan Udara Pakistan menggunakan jalur pendaratan non-tradisional untuk bisa mengisi dan mempersenjatai kembali pesawat tempurnya.

“Lingkungan geopolitik yang terus berubah di wilayah ini menuntut perubahan konseptual dan doktrinal dalam penerapan kekuatan udara”, tambahnya.

PAF mencatat pencapaian strategis yang signifikan ketika dua pesawat tempurnya berhasil mendarat di jalan tol Islamabad-Lahore, menunjukkan kemampuan untuk menggunakan pangkalan yang tidak konvensional sebagai operasi tempur.

Pesawat tempur F-7PG Angkatan Udara Pakistan, adalah nama lain Chengdu J-7 buatan China © Asuspine via Wikimedia Commons

Setelah pesawat mendarat di jalur non-tradisional, Mirage dan F-7P diisi bahan bakar dan dipersenjatai kembali sebelum lepas landas lagi. Kegiatan tersebut adalah bagian dari High Mark 2019, latihan perang ambisius PAF. Keberhasilan pendaratan dan lepas landas telah digambarkan sebagai “pencapaian strategis, operasional dan taktis”.

Demonstrasi keberhasilan penggunaan jalan raya sebagai landasan terbang terjadi setelah ketegangan antara India dan Pakistan melonjak, menyusul serangan Pulwama 14 Februari di mana lebih dari 40 personel paramiliter pasukan India tewas dan sedikitnya 70 terluka.

  3 Responses to “Angkatan Udara Pakistan Landing dan Take-off di Jalan Raya”

  1.  

    Wah, bukan hanya gripen saja nih yang bisa take off dan landing di jalan raya, ternyata jf 17 juga bisa
    Bentar lagi bisa take off dan landing di dalam air maupun di permukaan air juga nih