Jul 242017
 

Jet tempur multiperan Su-30K Angkatan Udara India. © Militaryphotos

Pemerintah Rusia dan Angola sedang melakukan negosiasi pembelian tambahan sebanyak enam unit jet tempur multiperan Su-30K, seperti dilansir dari laman Kommersant.

Angkatan Udara Angola bisa segera meningkatkan armada pesawat tempurnya, sedangkan Rusia segera menyingkirkan pesawat tempur yang dikembalikan oleh India yang dibangun berdasarkan kontrak yang ditandatangani pada tahun 1996-1998.

Jet tempur Su-30K itu merupakan pesawat yang sama dengan yang telah dikontrak tahun 2013 silam. Pejabat Rusia tetap bersikeras bahwa kontrak pengadaan telah dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan, tulis Kommersant pada hari Jumat.

Fakta bahwa spesialis Rusia dan Belarusia mencari pembeli untuk enam jet tempur Su-30K yang kini tersimpan di Belarusia itu, telah dikonfirmasi oleh sumber di industri dirgantara kepada Kommersant.

“Mencari pembeli untuk Su-30K hanya masalah waktu dan tidak ada masalah signifikan yang muncul. Jangan terburu-buru dan semuanya akan baik-baik saja”, kata Pavel Pinigin, Direktur Pabrik Perbaikan Pesawat 558 (ARZ),

Pada gilirannya, sumber Kommersant pun menjelaskan bahwa negosiasi untuk penyediaan enam unit pesawat tempur tersebut sedang dilakukan dengan Angola. Tetapi perwakilan dari RosOboronExport dan Federal Service for Military-Technical Cooperation (FS-MTC) menolak untuk berkomentar.

Sejarah dari Su-30K ini dimulai pada tahun 1996-1998. Perusahaan Irkut menandatangani kontrak untuk menyediakan jet tempur Su-30MKI ke India, namun berdasar alasan untuk menyiapkan kapasitas dalam produksi massal pesawat baru, pelanggan dilengkapi dengan versi pejuang yang disederhanakan. Dengan kewajiban untuk mengganti jet tempur yang telah mereka kirimkan tersebut di masa depan.

Kewajiban tersebut telah dipenuhi, versi sederhana tersebut digantikan dengan jet tempur Su-30MKI. Pada tahun 2011 sebanyak 18 unit jet tempur Su-30K yang dikembalikan oleh India dibawa ke ARZ 558 di Baranovichi, Belarusia, kemudian RosOboronExport mulai mencari pembeli potensial untuk Su-30K tersebut.

Su-30K tersebut telah ditawarkan kepada Belarusia, Sudan, Vietnam serta Angola.

Pada bulan Oktober 2013 yang lalu, saat melakukan kunjungan ke Angola, Wakil Perdana Menteri Dmitry Rogozin telah menandatangani kontrak pembelian 12 unit jet tempur eks India tersebut dengan penerbitan pinjaman sebesar $ 1 miliar kepada pelanggan.

Angola akan segera menerima jet tempur Su-30K tersebut yang bakal ditingkatkan setara Su-30KN dan Angkatan Udara Angola akan menerima pesawat tersebut tahun ini.

Bagikan:

  14 Responses to “Angola Bahas Pembelian Jet Tempur Su-30K”

  1.  

    masa kita kalah sama Angola?

    tapi wajarlah, Angola kan negara miskin, jadi pasti punya uang buat beli Su-30K dan gak perlu ribut-ribut soal ToT 😆 hehehehe, itu bedanya dengan negara “kaya”

  2.  

    Diluar dugaan sukhoi lebih laris dr pespur buatan barat ya…

  3.  

    Admin atau siapapun… Kasih info dong gimana caranya supaya notif baru gak masuk ke gmail saya… Karena setiap postingan Jakarta greater masuk… Postingan tersebut masuk ke gmail saya… Skg ada ribuan posting masuk …gimana caranya supaya postingan tidak masuk ke gmail saya thanks…

  4.  

    Bung Admin…kabarnya tank boat apakah sudah pernah di pake latihan? ataukah masih dalam proses uji medan? thanks.

  5.  

    SU30K itu lawan berat untuk F16FF
    dari pada borong F116 Viper / Fighting Falcon mending beli SU30K bekas tapi sayangnya dah JADUL dan perlu anggaran untuk di UPGRADE 😀

  6.  

    Exercise Indradhanush 2015.
    Klaim dr India : 2 ekor Typhoon kalah melawan 1 ekor SU-30S.

    Cope India 04.
    Klaim bersama : Rasio kemenangan SU-30 9-1 dibanding F-15C.

    Bedanya Typhoon dgn Gripen apa ya kira2 ???
    Huehuehehe

    •  

      Hahaha… Yg Saya Bingung Kenapa MBDA ‘Meteor’ Di Kasih Julukan ‘Sukhoi Killer’ Padahal Jangkauan Radar Gripen Gk Ada Apa-Apanya Di Bandingkan Jangkauan Radar Milik Sukhoi Dan Nyatanya Dulu Pas RAF (Royal air Force) Melaksanakan LATGAB Dgn IAF (Indian Air Force) Dan Saat Itu Juga EF Typhoon Di Libas 12-0 Oleh Su-30MKI…

 Leave a Reply