Nov 212018
 

Jet tempur Su-30KN Angkatan Udara Angola (KANA) © Dmitriy Berdasov via IDRW

JakartaGreater.com – Empat jet tempur Sukhoi Su-30, yang sebelumnya diterbangkan oleh Angkatan Udara India dan dikembalikan ke Rusia pada awal dekade ini, sekarang telah di upgrade menjadi standar Su-30KN serta dikirimkam ke Angola pada bulan Oktober tahun ini, seperti dilansir dari laman Bellingcat.

Pesawat-pesawat tersebut adalah bagian dari kesepakatan 12 unit jet tempur seharga $ 1 miliar termasuk upgrade ke standar KN di Belarusia, tulis Bellingcat, dan berdasarkan citra satelit dari bandara sipil-militer Lubango di provinsi Huila.

Jet tempur Su-30K adalah bekas jet tempur Angkatan Udara India, yang telah memesan lebih dari 200 Su-30MKI dalam sejumlah batch.

Citra satelit Skysat pada 20 Oktober 2018 menunjukkan 2 Su-30KN parkir di Lubango © Skysat

Model awal yang dikirimkan adalah jet tempur Su-30 dasar tanpa fitur seperti canards dan kendali thrust vector yang berjumlah 18 unit model awal dengan rincian sepuluh unit Su-30MK dan delapan unit Su-30K yang dikirim antara Mei 1997 dan Desember 1999 yang telah dikembalikan ke Rusia dan diganti dengan Su-30MKI yang lebih maju.

Angkatan Udara Angola saat ini menerbangkan sekitar 6 unit jet tempur Su-27, dari 18 yang semula dikirim. Mereka juga memiliki jet tempur Sukhoi lain dalam inventarisnya, terutama Su-22 dan Su-24.

Lebih dari separuh pesanan jet tempur Su-30KN Angola tetap berada di Belarusia pada bulan Oktober 2018, kemungkinan besar penyebabnya karena keterbatasan anggaran.

Bagikan:

  4 Responses to “Angola Menerima 4 Unit Su-30KN Eks Angkatan Udara India”

  1.  

    Bentar lagi juga masuk museum nih pespur. Mau maunya Angola dikibuli. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

  2.  

    Semoga Negeri Angola ini segera bubar saja ….
    Jahat sekali Dan Kejam ..

  3.  

    Anggola Menunggu IFX sukses pasti akan borong ke PT.DI

 Leave a Reply