Mei 182019
 

Su-30K Angola

Pabrik Aviation Repair Plant 558 Belarusia (ARZ) di Baranavichy pada bulan April menyelesaikan transfer sejumlah 12 pesawat tempur Su-30K modern ke Angola, sebagaimana dlaporkan oleh TASS di pameran senjata dan peralatan militer MILEX 2019, yang mengutip dari Wakil Direktur Pengembangan ARZ ke-558 Alexander Vorobey.

“Pada bulan April tahun ini, dua pesawat Su-30K dikirim menggunakan pesawat transportasi ke Angola. Dengan demikian, ARZ ke-558 menyelesaikan kontrak untuk revisi 12 pesawat tempur Su-30K untuk Angkatan Udara Angola, yang dilakukan dalam koordinasi dengan Rosoboronexport JSC, “ kata Sparrow.

Menurutnya, Angola Su-30K sebenarnya merupakan peningkatan penyempurnaan ke standar Su-30SM, dilengkapi dengan 12 titik suspensi untuk persenjataan dan dapat menggunakan rudal berpandu seperti rudal anti-kapal X-31A, rudal anti-radar X-31P, dan rudal udara-ke-udara RVV-AE.

Untuk melindunginya dari serangan senjata presisi tinggi, setiap pesawat tempur SU-30K Angola dilengkapi dengan system peperangan elektronik, yang dikembangkan oleh ARZ ke-558. Sistem ini beroperasi dalam kisaran frekuensi 8-12 GHz, di mana kepala senjata udara-ke-udara beroperasi.

Selain pesawat tempur, Angola juga menerima simulator penerbangan dan pelatihan dari Belarus. “Operasi pesawat tempur Su-30K di Angola saat ini disediakan oleh tim garansi pabrik kami,” kata seorang wakil dari ARZ ke-558.

Awalnya pesawat tempur Su-30K dikirim ke India berdasarkan kontrak tahun 1996. Rusia membawanya kembali dengan skema tukar tambah dan menawarkannya ke sejumlah negara Afrika. Pada 2013, Angola mengakuisisi 12 Su-30K, untuk enam Su-30K lainnya Rosoboronexport masih mencari pembeli yang mau mengakuisisinya.

ARZ ke-558 Belarusia dipilih untuk memenuhi kontrak memodernisasi pesawat tempur untuk Angola, sejak kembali setelah era runtuhnya Soviet, dan menjadi kontraktor utama untuk perbaikan pesawat tempur Su-27.

Tass

  3 Responses to “Angola Terima Su-30K yang Diupgrade Setara Su-30SM”

  1.  

    mantap tuh.msh sisa 6 unit ada yg mau ambil ga

  2.  

    Angola lg mmboyong
    😆 😆