Nov 022016
 
Tank Boat buatan PT Pindad. (©2016 merdeka.com/Syifa Hanifa)

Tank Boat buatan PT Pindad. (©2016 merdeka.com/Syifa Hanifa)

Dalam ajang Indo Defence 2016, PT Pindad (Persero) memperkenalkan produk terbarunya, yaitu Antasena. Produk kapal tank 105 mm ini merupakan hasil kerja sama antara Pindad dengan perusahaan lokal PT Laudin Industry Invest dan CMI Defence asal Belgia.

Direktur Komersial PT Pindad, Widjajanto, mengatakan bahwa Antasena rencananya baru akan diproduksi secara komersial pada tahun depan. Saat ini, pihaknya masih terus melakukan penyempurnaan terhadap kemampuan dan peralatan tank boat tersebut.

”Harga estimasi 10 juta-15 juta Euro. Peminat mulai antri, peminat dalam negeri seperti TNI, dan luar negeri dari Timur Tengah,” ujar Widjajanto, seperti dilansir liputan6.com pada Rabu (2/11).

Widjajanto mengatakan bahwa pihaknya masih merahasiakan negara-negara peminat tank boat tersebut karena pembeliannya melalui skema government to go?vernment.

Tank boat yang terbuat dari komposit dengan platform kapal catamaran ini memiliki panjang 18 m dan mampu beroperasi di perairan dangkal dan laut dalam. Berbekal mesin diesel buatan MAN, Antasena mampu melaju hingga kecepatan 40 knot dan memiliki daya jelajah 400 nautical mile (NM).

Pindad menggandeng CMI Defence yang memasang turret 105 mm untuk sistem persenjataannya. Selain itu, Antasena juga dibekali dengan sistem persenjataan lain seperti remote control weapon system (RCWS) dengan kaliber 7.62 mm dengan sistem nadir dan navigasi canggih.

Sumber: liputan6.com

https://twitter.com/suparjorohman

  23 Responses to “Antasena, Tank Boat Buatan Pindad Seharga Sekitar 10 Juta Euro”

  1. Wuih Antasena. Semoga kesaktiannya memang ampuh!

  2. Ini tank berbentuk kapal atau kapal berbentuk tank. Tolonglah dilengkapi missile pasti lebih menakutkan.

  3. Antasena, lagi-lagi nama wayang.. anaknya Werkudara sama Dewi laut.. Antasena mirip Aquaman.. wkwkwk..

  4. Boroong

  5. maaf saya dari malaysia. saya kurang faham konsep tank boat ini.
    apa doktrin yang akan digunakan oleh tank boat? hit and run? tank boat jarak tembakan hanya 5km, manakala oto melara 76mm versi minimum sahaja sudah 16km dimana digunakan oleh majoriti kapal2 perang di asean.
    tank boat juga tidak boleh mengelak di kesan oleh kapal perang kerana mereka punya radar yang lebih berkuasa. tindakan tank boat yang hanya jarak tembak 5km sangat merbahaya jika terjumpa dengan kapal2 perang lain. tank boat juga tiada sam seperti aster,mica,essm.jadi bagaimana mahu mengelak jika diserang oleh kapal perang yang mempunyai jarak missile lebih 100km?
    jika mahu katakan doktrin tank boat peperangan tepi pantai, ada sahaja senjata seperti club anti surface dari russia yang boleh menyerang tank boat.
    saya bertanya bukan untuk menghina, tolong berikan saya pencerahan tentang doktrin tank boat.

    • Maaf saya orang awam ikutan jawab
      menrt saaya doktrin tank bot ini sm
      sprt kapal yg beroprasi di pantai
      atau sungai, yg biassnya yg beroprasi
      diskitaran pantai hanya kapal2 kecil
      seukuran tank boat ini Dan biasanya
      kapal2 boat lain persnjataanya cm
      menggnakan kaliber senapan mesin
      sedang Dan senapan mesin berat
      antara 7,6mm atau 12, mm.
      Kelebihan tank boat ini dng body
      catamaran dianggap lbh stabil utk
      menembakkan meriam. Kedua utk
      kapal yg memiliki meriam ukuran
      76mm biasanya kan skelas korvet
      atau frigate yg beroprasi di lautan
      agak dalam drpd kapal2 boat kecil
      sprt tank boat ini yg difokuskan
      skitran pantai. Itu pendapat pribadi
      saya.

    • doktrin peperangan pantai, sungai dan danau. Bisa ditandemkan dengan Kapal Motor Commando. Tidak untuk peperangan laut, tetapi untuk dukungan pertahanan pantai, pangkalan pulau kecil yang hanya perlu sensor hingga garis batas cakrawala, sehingga daya tembak 5 km sudah cukup.

    • Dari persenjataan utama yang berbentuk meriam 105 cm, bisa dibayangkan penggunaannya nanti lebih untuk tepian pantai berkarang dan pulau-pulau kecil, sungai, danau untuk menyerang personil dan kendaraan di darat.

      Untuk surface to surface di laut betul pake taktik hit and run, tapi itu hanya support saja, bukan khusus untuk melawan kapal.

      Di Indonesia sangat efektif melawan pemberontak/milisi kriminal, atau lawan milisi di selatan Filipia. Di timur tengah selain mendukung pergerakan pasukan darat juga melawan perompak somalia…

    • yup.. bisa saja hit & run
      sesuai fungsinya ni kapal seukuran 18 meter dengan kcepatan 40 knot bisa dibayangin g laju nya sperti apa?
      konsep awal emang pake turret nah untuk tahap pengembangan bis aja di isi arsenal lain sesuai permintaan dan kebutuhan..

      ni boat banyak lah fungsinya pakcik.. bisa jd sea patrol, dan secret mission menyusup jantung musuh.. awak cakap ni boat awalnya bisa terlihat dengan seksame pada radar, sape tau kedepan ni boat dah senyap gulita.. hihihihihi…
      makanya pakcik banyak2 belajar bace buku biar encer otak tak bebal,
      awak pure2 tanye tapi dalam hati nak menghina.. dasar budak britis…tis…tis

  6. H><H

  7. Untuk dapur pacunya X18 menggunakan mesin diesel buatan MAN berdaya 1.200 HP untuk memasok tenaga sepasang waterjet MJP450 dengan speed maksimum 40 knots (74 km per jam).
    Disain Catamaran dengan tambahan Hydrofoil / sayap kecil.
    Struktur bahan komposit yang lebih ringan 10 kali dan lebih kuat 10 kali dibanding baja serta tentunya tahan api. Sementara untuk material pada kubah, digunakan bahan alumunium yang lebih ringan dari baja.

    Jenis laras yang digunakan meriam CT-CV 105HP adalah tipe L51 dengan panjang 5.545 mm. Gyro stabilized dan firing control sistem.
    Desain tekanan laras mencapai 120% dari gun pressure pada meriam 105 mm klasik.

    Operasi kubah dapat digerakkan secara secara elektrik dan mekanik. Laras meriam kaliber 105 mm smoothbore dapat menembakkan berbagai jenis amunisi (termasuk jenis APFDS) dengan jarak tembak efektif minimal 1.500 meter. Laras dibekali bore evacuator dan dilapisi thermal jacket.
    Olah gerak turret : Sudut elevasi maksimum 42 derajat hingga -6 derajat, sudut putar kubah 360 derajat.

    Turret CT-CV 105HP juga dapat menemakkan rudal anti tank, yaitu Falarick 105.
    Rudal yang masuk segmen Gun-Launched Anti-Tank Guided Missile (GLATGM) ini dapat menghajar sasaran sejauh 5.000 meter. Falarick 105 mampu membawa hulu ledak tandem hollow charge. Rudal seberat 25,2 kg ini dipandu dengan sistem semi otomatis lewat laser beam. Waktu yang dibutuhkan untuk terbang menyasar ke sasaran sekitar 17 detik. Falarick 105 punya panjang 1015 mm dengan kaliber 105 mm. Temperatur operasional rudal ini di rentang -40 hingga 60 derajat Celcius.

    Untuk mengnci sasaran, gunner dibantu auto target locking system, untuk memudahkan dalam olah pertempuran, juga ada pemilihan sasaran secara otomatis lewat hunter killer system dan IFF (identification friend or foe).

    Lemur RCWS (Remote Control Weapon System) dengan senapan mesin kaliber 7,62 mm.

    Jika prototypenya sudah jadi dan semoga dapat melakukan test secara menyeluruh secepatnya.

    • @WK

      Ini komennya yang mana ya bung?

      • @Uling Putih : Itu spek lengkapnya…
        Soalnya bung mimin irit dalam penberitaan, jadinya saya ambil spek X-18 untuk di muat di komentar…

    • Bener-bener Kayak Tank yang beroperasi di laut.. soalnya pake persenjataannya Tank semua..
      Cocok buat nyerang kapal yang lagi sandar, atau di perairan yang arusnya tenang..
      Thankz infonya bung @WK

  8. Maaf saya orang awam ikutan jawab menrt saaya doktrin tank bot ini sm sprt kapal yg beroprasi di pantai atau sungai, yg biassnya yg beroprasi diskitaran pantai hanya kapal2 kecil seukuran tank boat ini Dan biasanya kapal2 boat lain persnjataanya cm menggnakan kaliber senapan mesin sedang Dan senapan mesin berat antara 7,6mm atau 12, mm. Kelebihan tank boat ini dng body catamaran dianggap lbh stabil utk menembakkan meriam. Kedua utk kapal yg memiliki meriam ukuran 76mm biasanya kan skelas korvet atau frigate yg beroprasi di lautan agak dalam drpd kapal2 boat kecil sprt tank boat ini yg difokuskan skitran pantai. Itu pendapat pribadi saya.

  9. Tank boat sgt dibutuhkan buat jaga jalan tikus air. Oyi sekali dan lanjutkan

  10. si mimin kebanjiaran artikel sepertinya, jadi sedikit kewalahan…
    wajar saja isi artikelnya banyak yg TYPO…
    kwaaak…kwaaak…

  11. peran tank boat sebenarnya sudah di beack up tank ringan sekelas ambifi yg lebih multi peran cuma ya ambifi masih terlalu lemot di air,
    juga gerak tank boat tidak bisa leluasa di sungai, semua punya kelebihan dan kekurangan masing2..

  12. Rumayan banyak sudah ada yang antri inden…

  13. Kurang gahar,harus ditambah rudal startreak/rudal kecil lainnya

  14. Namanya kurang tepat. Seharusnya “Baruna” bukan “Antasena”.

  15. negara lain pada nanya harga,ingin menjadi negara pertama yg membeli…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)