Apa Kelebihan Pesawat Tempur F-35 ?

F-35A Lightning II. (@U.S. DoD)

JakartaGreater – Banyak negara yang tertarik untuk memiliki jet tempur F-35, termasuk Indonesia. Beberapa negara di Timur Tengah mulai mengincar jet F-35, seperti Qatar dan Uni Emirat Arab. Uni Emirat Arab telah mendapatkannya, sementara Israel mulai menyampingkan Skadron F-16-nya, untuk fokus pada modernisasi Angkatan Udara bersama F-35.

Apa Sebenarnya keistimewaan jet tempur siluman F-35 ?

Pesawat F-35 menggabungkan karakteristik pesawat tempur Generasi ke-5 – siluman canggih, avionik terintegrasi, fusi sensor, dan dukungan logistik unggul – dengan paket sensor terintegrasi paling kuat dan komprehensif dari semua pesawat tempur dalam sejarah. Stealth canggih F-35 memungkinkan pilot untuk menembus area tanpa terdeteksi oleh radar yang tidak dapat dihindari oleh jet tempur lama.

Pesawat tempur F-35 dirancang dengan mempertimbangkan seluruh ruang pertempuran, membawa fleksibilitas dan kemampuan baru ke Amerika Serikat dan sekutunya. Mengandalkan kemampuan tunggal apa pun – serangan elektronik, siluman, dll, tidak cukup untuk kesuksesan dan kemampuan bertahan di masa depan.

Misi yang biasanya dilakukan oleh pesawat khusus – pertempuran udara-ke-udara, serangan udara-ke-darat, serangan elektronik, intelijen, pengawasan dan pengintaian, sekarang dapat dilakukan oleh satu skadron F-35, dirilis situs F-35.com. Pesawat yang bisa take-off dan landing secara vertikal ini, memiliki sejumlah kemampuan khusus:

Serangan Elektronik

Kemampuan peperangan elektronik (EW) yang canggih memungkinkan pilot F-35 untuk menemukan dan melacak pasukan musuh, mengganggu radar, dan mengganggu serangan dengan efektivitas yang tak tertandingi.

Avionik canggih memberi pilot akses waktu nyata ke informasi ruang pertempuran dengan cakupan 360 derajat dan kemampuan yang tak tertandingi untuk mendominasi lingkungan taktis.

Data yang dikumpulkan oleh sensor pada F-35 akan segera dibagikan dengan komandan di laut, di udara atau di darat, memberikan pandangan seketika, dengan ketelitian tinggi dari operasi yang sedang berlangsung – menjadikan F-35 pengganda kekuatan yang tangguh sambil meningkatkan koalisi operasi. Sistem ini memungkinkan pilot F-35 untuk mencapai target yang dipertahankan dengan baik dan menekan radar musuh.

Udara ke permukaan

Pesawat siluman F-35 yang sangat low-observable (VLO) memungkinkannya memasuki area wilayah udara yang dipertahankan dengan aman tanpa terlihat oleh radar yang tidak dapat dihindari oleh generasi ke-4 dan jet tempur sebelumnya.

Kombinasi fitur siluman, teknologi radar active electronically-scanned array (AESA), dan kemampuan pesawat untuk membawa komponen penuh dari gudang senjata dan bahan bakar secara internal memungkinkan pilot F-35 untuk menyerang target darat pada jarak yang lebih jauh tanpa terdeteksi dan dilacak.

Jet F-35 menggunakan amunisi berpemandu presisi dan rudal udara-ke-udara dipandu radar untuk berhasil menyelesaikan misi udara-ke-darat. Dalam konfigurasi “bersih” ini, F-35 akan memasuki ruang pertempuran udara terlebih dahulu, membuka jalan dengan dominasi udara untuk pasukan koalisi warisan lanjutan untuk beroperasi dengan impunitas relatif.

Udara-ke-udara

Sensor, informasi, dan sistem persenjataan terintegrasi pesawat F-35 memberi pilot keuntungan atas potensi ancaman pesawat tempur garis depan. Dibandingkan dengan pesawat tempur generasi ke-5 seperti F-35 dan F-22, pesawat lawas memiliki radar cross-section (RCS) yang lebih besar, yang berarti mereka dapat lebih mudah dideteksi oleh radar musuh.

Dalam pertempuran udara, pesawat lama memiliki peluang yang relatif sama untuk mendeteksi dan menyerang satu sama lain, sementara pilot pesawat tempur Generasi ke-5 dapat melihat pesawat musuh terlebih dahulu dan mengambil tindakan mematikan dan menentukan dari jarak dekat. Kemampuan untuk melihat dan tidak terlihat mendefinisikan ulang taktik udara-ke-udara generasi sebelumnya.

Intelijen, Pengawasan dan Pengintaian (ISR)

Dengan memanfaatkan keunggulan siluman, sensor canggih, dan fusi data yang memberikan kesadaran situasional pilot yang ditingkatkan, pilot pesawat F-35 dapat menerbangkan misi ISR kritis dengan pengambilan data yang lebih canggih daripada pesawat tempur sebelumnya.

F-35 memiliki paket sensor terintegrasi yang paling kuat dan komprehensif dari semua pesawat tempur dalam sejarah, memberikan pilot akses 360 derajat ke informasi medan perang “real-time”.

Informasi yang dikumpulkan oleh sensor F-35 dapat dengan aman dibagikan dengan komandan di laut, di udara atau di darat, memberikan pandangan komprehensif tentang operasi yang sedang berlangsung. Sebagian besar peperangan elektronik dan kemampuan ISR F-35 dimungkinkan oleh prosesor inti yang dapat melakukan lebih dari 400 miliar operasi per detik.

Prosesor inti ini mengumpulkan data dari rangkaian peperangan elektronik rahasia, yang dikembangkan oleh BAE Systems, untuk mengidentifikasi radar musuh dan emisi peperangan elektronik dan, seperti yang terjadi dengan delapan sensor Electro-Optical Targeting System (EOTS) yang menyediakan cakupan 360 derajat bagi pilot, merekomendasikan target mana yang akan diserang dan apakah dia harus menggunakan cara kinetik atau elektronik untuk melawan atau meniadakan ancaman.

F-35B onboard vertikal di HMS Queen Elizabeth (@ U.S. DoD – LPhot Kyle Heller)

Stealth yang Tak Tertandingi

Kemampuan siluman F-35 belum pernah terjadi sebelumnya dalam penerbangan tempur taktis. Desain badan pesawat yang terintegrasi, material canggih, dan fitur lainnya membuat F-35 hampir tidak terdeteksi radar musuh.

Analisis ekstensif dan uji terbang terhadap survivabilitas F-35 dengan kombinasi siluman, sensor canggih, fusi data, penanggulangan canggih, dan serangan elektronik menunjukkan secara meyakinkan keunggulan superiornya dibandingkan pesawat lawas.

Interoperabilitas

Ketika pesawat disiapkan untuk pasukan koalisi, F-35 memiliki kemampuan inter-operable (mampu bertukar informasi dan memanfaatkannya) untuk semua yang dapat dilihatnya, berbagi dengan pesawat dan pusat operasi lain untuk memperluas kesadaran situasional di seluruh jaringan pesawat.

Pesawat F-35 dapat mendukung pesawat lama, serta F-35 lainnya, untuk mencapai keberhasilan misi dan kemampuan bertahan hidup menggunakan kombinasi siluman, serangan elektronik, berbagi informasi, dan tindakan lainnya.

Cakupan Sistem Misi Penuh

Istilah “sistem misi” mengacu pada avionik, sensor elektronik terintegrasi, tampilan dan sistem komunikasi yang mengumpulkan dan berbagi data dengan pilot dan pesawat sahabat lainnya, di laut dan di darat.

Jet F-35 memiliki rangkaian komunikasi paling kuat dari semua pesawat tempur yang dibangun, hingga saat ini. Komponennya meliputi radar AESA, sistem penargetan EOTS, Distributed Aperture System (DAS), Helmet Mounted Display (HMD), dan Communications, Navigation and Identification (CNI) Avionics.

Satu pemikiran pada “Apa Kelebihan Pesawat Tempur F-35 ?”

Tinggalkan komentar