Dec 212018
 

Jet tempur multirole Sukhoi Su-35. © Russian MoD via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Su-35 adalah salah satu jet tempur Rusia paling versatile (serbaguna), paling kuat dan menarik perhatian khusus dari banyak negara di seluruh dunia, seperti di lansir dari laman majalah Military Watch.

Pesawat tempur Su-35 ke-100 telah diproduksi, NATO menyebutnya Flanker-E. Ini adalah jet tempur multi-peran yang paling kuat dan potensial dari Angkatan Udara Rusia sebagai superioritas udara.

Dalam kesempatan kali ini artikel majalah militer Military Watch menganalisis tentang jenis pesawat tempur ini. Su-35 dibangun berbasis pesawat tempur Su-27, yang mana merupakan pesawat tempur generasi 4+ karena kemampuan stealth mereka yang terbatas.

Namun, menurut catatan Military Watch, kemampuan tempur pesawat bahkan lebih tinggi daripada yang dimiliki oleh para pejuang generasi kelima. Struktur pesawat tempur Su-35 dioptimalkan untuk mengurangi reflektivitas radar, sehingga relatif sulit dideteksi dan bahkan reflektivitas radarnya mendekati pesawat tempur F-22 dan Su-57.

Jet tempur siluman F-35 (atas) dan F-22 (bawah) © US Air Force via Wikimedia Commons

Walau tidak terlihat seperti pejuang generasi kelima, mereka dilengkapi oleh banyak fitur yang secara signifikan meningkatkan daya tahan mereka. Para ahli AS mengatakan bahwa pejuang itu memiliki kemampuan untuk melawan F-22 Raptor dan bahkan dalam beberapa itu mampu mendominasi.

Pernyataan oleh para pakar AS ini masih kontroversial, catat majalah Military Watch.

Kemampuan operasional pesawat tempur Su-35 di area peperangan elektronik sangat bagus, karena dilengkapi sistem radar yang sulit dideteksi. Hal ini telah ditunjukkan selama perang di Suriah beberapa waktu lalu, dimana F-22 AS tidak dapat mendeteksi kehadiran pejuang Rusia tersebut, tulis majalah itu.

Langkah-langkah lain yang diambil untuk meningkatkan daya tahan Su-35 termasuk dalam hal kecepatan, layanan ketinggian penerbangan dan mobilitas berkat mesin thrust vectoring systems (TVS) tiga dimensi, sehingga Su-35 menjadi pejuang terbaik di dunia.

Mesin ini memberi Su-35 keuntungan bukan hanya dalam pertempuran jarak dekat tetapi juga dalam penggunaan rudal jarak jauh. Pejuang Su-35 mampu membawa 14 rudal udara-ke-udara dan menjadikannya pejuang terberat dari yang “paling berat” di dunia.

Jet tempur multiperan Su-35S Rusia latihan penyergapan pesawat penyusup asing. © Kemenhan Rusia

Persenjataan Su-35 adalah 3,5 kali lebih banyak dari pejuang generasi kelima F-35 AS. Su-35 dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara R-77 dan R-77ER dengan jangkauan masing-masing 110 km dan 130 km. Namun, menurut para ahli Rusia, Su-35 akan dilengkapi dengan rudal K-77, yang dikembangkan untuk Su-57 dengan sistem yang lebih akurat dan jangkauan 193 kilometer.

Military Watch menambahkan bahwa struktur Su-35 ini akan memungkinkan untuk dengan mudah di modernisasi dan mampu melayani selama beberapa dekade. Dengan kemampuan tempur yang tinggi dan harga yang wajar, Su-35 secara bertahap menjadi pejuang pilihan di banyak negara.

Saat ini China menjadi pelanggan asing pertama yang telah menerima 24 Su-35, sementara Indonesia telah menempatkan pesanan untuk 11 jet tempur dan banyak pelanggan khusus lainnya yang tertarik pada mereka seperti Aljazair, Uni Emirat Arab dan Venezuela.

  22 Responses to “Apa yang Bisa Dilakukan oleh Su-35 Flanker-E?”

  1.  

    “Military Watch menambahkan bahwa struktur Su-35 ini akan memungkinkan untuk dengan mudah di modernisasi dan mampu melayani selama beberapa dekade”

    bukan last flanker ternyata

  2.  

    Digoreng lagi… tahun depan juga mungkin blm kelar, soalnya bakal di bahas “tahun depan”…

  3.  

    Sejak kapan ada R-77ER……… waka waka waka
    mungkin sejak si huha minggat dari JKGR dan pindah ke RBTH 🙄

    •  

      mungkin ini yang dimaksud

      There are other variants under development. One has an upgraded motor to extend a range at high altitudes to as much as 120–160 km; it is known as the RVV-AE-PD (Povyshenoy Dalnosti – improved range). This variant has been test-fired and uses a solid-fuel ramjet engine.

      Improved Range = Extended Range = ER

  4.  

    Ifx pake tvs br mantap, hbs nunggu SU-35 blm jelas.

  5.  

    ohh SU-35 ohh…
    reflektivitas radar, sehingga relatif sulit dideteksi dan bahkan reflektivitas radarnya mendekati pesawat tempur F-22 dan Su-57

  6.  

    Iwan And Root Beer ngemut rudal R-77ER wkwkwkw cekakakaka

  7.  

    Perlu fakta dan tindakan nyata utk dimiliki..bukan sekedar keunggulan tp tak bisa dimiliki.

  8.  

    Kalau bisa dimiliki kita bakalan sangat mantap, f35 bakal keder walau cuma lihat body nya

    😎

  9.  

    TNI nembakin warga sipil di Nduga Papua.
    https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-46625432

    Kira kira dapet embargo lagi gak ya. Nah loh.