Apache AH-64E India dan Z-10ME China, Mana Lebih Unggul?

Jakartagreater.com – Di era perang modern, helikopter serang memainkan peran penting dalam menentukan nasib perang. Helikopter serang memiliki 2 peran utama, memberikan dukungan udara langsung jarak dekat dan akurat untuk pasukan darat, dan untuk menghancurkan pasukan tank musuh dan konsentrasi kendaraan lapis baja lainnya, lansir IndianTV.

Berikut adalah perbandingan kemampuan tempur antara helikopter serang India terbaru AH-64E Apache dan helikopter serang CAIC Z-10 milik China yang dilansir oleh India TV Newsdesk.

Militer India secara resmi telah menerima helikopter serang berat multi-peran paling canggih di dunia – AH-64E Apache.

Helikopter Apache AH-64 buatan pabrikan Boeing dan menjadi kekuatan utama helikopter serang berat Angkatan Darat AS. AH-64 pertama kali diproduksi pada tahun 1983 dan telah mengalami beberapa peningkatan hingga kini.

Sedangkan helikopter Z-10 diproduksi oleh Changhe Aircraft Industries Corporation (CAIC). Z-10 telah diproduksi secara asli di Tiongkok. Helikopter pertama kali diproduksi pada 2012, dan terus mengalami beberapa kali peningkatan, termasuk yang terbaru varian Z-10ME dengan lubang knalpot menghadap ke atas yang semakin meminimalkan jejak panas dan infamerah dari helikopter Z-10ME.

Helikopter Apache (foto : Sgt. 1st Class Andrew McClure)

AH-64E Apache memiliki berat 10,4 ton dengan jangkauan tempur sekitar 476 km dan mampu melaju dengan kecepatan 365 km/jam.

Sedangkan helikopter CAIC Z-10 berbobot 7.4 ton, memiliki jangkauan misi hingga 800 km dan kecepatan 300 km/jam. Kedua helikopter serang diterbangkan oleh 2 personil – pilot dan co-pilot (Gunner).

Helikopter CAIC Z-10 panjangnya 14,15 m sedangkan AH-64E 17,73 m, terhitung helikopter Apache AH-64E lebih besar dibandingkan dengan CAIC Z-10, sekitar 3.5 m lebih panjang dan lebih lebar 1,6 m daripada Z-10 dan tinggi keduanya hampir sama.

AH-64E dilengkapi persenjataan mematikan seperti rudal anti tank Hellfire, roket Hydra 70mm, dan meriam otomatis 30mm. AH-64E memiliki sistem radar dan penargetan canggih yang mampu memprioritaskan lebih dari 250 target. Apache juga memiliki kemampuan menghubungkan dengan drone.

Sedangkan helikopter Z-10 dapat menanjak hingga ketinggian 6.090 meter, Z-10 dilengkapi rudal anti-tank HJ-10, rudal udara-ke-udara TY-90 dan meriam 30mm.

Apache AH-64E dan CAIC Z-10 memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Z-10 berukuran lebih kecil dan mengungguli AH-64E dalam hal kelincahan, kecepatan, jangkauan dan kemampuan manuver. Sedangkan AH-64E memiliki mesin yang tangguh, avionik yang canggih dan persenjataan yang lebih lengkap dan mematikan.

3 pemikiran pada “Apache AH-64E India dan Z-10ME China, Mana Lebih Unggul?”

    • apa china z 10 bisa di pakai di natuna utk menjaga nelayan china yg suka nerobos wilayah ZEE kita..?

      jgn lupa china juga sudah membuat undang2 embargo.. utk alutsista yg di beli negara lain yg merusak kepentingan nya akan di embargo juga oleh china..

Tinggalkan komentar