Aug 212014
 
Menteri Pertahanan RI bersama  Commander of USARPAC General Vincent K Brook, di Depkemhan, Jakarta ( photo dmc.kemhan)

Menteri Pertahanan RI bersama Commander of USARPAC General Vincent K Brook, di Kementerian pertahanan, Jakarta ( photo dmc.kemhan)

Jakarta – Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengharapkan helikopter-helikopter Apache milik Angkatan Darat Amerika Serikat yang ditugaskan di USARPAC (United Stade Army Pacific) dapat berperan serta pada peringatan Hari Ulang Tahun TNI Oktober mendatang di Surabaya, serta pada latihan bersama Angkatan Darat kedua negara yang dilaksanakan setiap tahun bernama Garuda Shield. Commander of USARPAC General Vincent K Brook menjelaskan, empat helikopter Apache yang berada di USARPAC siap memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun TNI dan ikut serta dalam Garuda Shield Tahun 2014.

Hal itu disampaikan dalam pertemuan antara Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dengan Commander of USARPAC General Vincent K Brooks , Selasa (19/8), di Universitas Pertahanan Indonesia sebelum menyaksikan peresmian Patung Penjaga Perdamaian di kawasan IPSC Sentul Bogor.

Helikopter Apache Longbow  AH-64D Belanda (photo:militaryphotos.net)

Helikopter Apache Longbow AH-64D Belanda (photo:militaryphotos.net)

Saat ini proses pengadaan helikopter Apache oleh Pemerintah RI masih terus berjalan. Hal itu juga terkait dengan proses penyusunan MoU Indonesia dan Amerika Serikat mengenai keamanan komunikasi dan informasi yang juga sedang berjalan, karena helikopter Apache memiliki kemampuan mengumpulkan data dan informasi saat berada di udara. Dengan adanya MoU ini maka kepentingan keamanan informasi kedua negara dapat terlindungi. MoU saat ini telah berada pada tahap penyesuaian di para Kepala Staf Angkatan. Menhan berharap MoU ini dapat diselesaikan secepatnya sehingga pengadaan Helikopter Apache bagi TNI dapat segera terwujud sebelum Oktober 2014.

Dalam hubungan kerjasama kedua negara di bidang pendidikan, Menhan menjelaskan bahwa Pemerintah RI berharap dapat terus meningkatkan kemampuan SDM pertahanan melalui berbagai program kerjasama pendidikan. UNHAN saat ini sedang menggagas kerjasama dengan George Washington University (GWU) Amerika Serikat di bidang Pendidikan Diplomasi dan Ilmu Politik.

Menhan berharap gagasannya mengenai sandwich program yang ditawarkan kepada GWU dapat disetujui. Sandwich program adalah program dimana mahasiswa UNHAN yang mengikuti pendidikan tingkat lanjut dapat mengikuti pendidikan pula di GWU sekitar satu tahun dan gelarnya mendapat pengakuan dari GWU. (dmc.kemhan.go.id).

  61 Responses to “Helikopter Apache Meriahkan HUT TNI”

  1. demi parade 5 oktober nih

  2. Affirmative 😈

  3. Selamat pagi…!!!

  4. kok malah ngundang ondel-ondel…. katanya beli… gmn nih? ga dtg2… dipercepat dong… udah siaga satu nih…

  5. Lima besar..

  6. bung satrio,bung nara,mw tny itu hut tni kn pas brg idul adha,nah utk msk ke ujung dimulai jm brp?sbg warga sby g sabar mw lihat hut tni

  7. Gk sabar pngen lht tu hely …

  8. mayan 10 besar

  9. Haduh.
    Ngapa pinjem. .
    Kmaren kan ktanya datang 2. . .

  10. bravo…

  11. Waaaaah ga mantap kalau perayaan HUT TNI pakai Apache pinjam yg di kemudikan oleh tentara ASU pula. Ngebohongi rakyat namanya pak Pur. Lebih baik supaya lebih adil undang Mr. putin utk tentaranya atraksi SU 35, Xi jin ping juga undang tentaranya bawa Dong Feng 21 dan 31, inggris bawa Eurofigther, prancis bawa Rafale dll biar adil pak. Jadi kalau ga ada Apache mending ga usah di hadirkan meski pinjam. Memalukan pak pamer milik orang lain di HUT TNI, ibarat perantau agar terlihat sukses pulang kampung pinjam mobil rental ngaku punya dia hasil jerih payah di rantau. Ga mau dech pak bohongi rakyat. Ingat itu !!!!

    • Setuju banget bung..
      ngapain pakae pinjem2 , lbh bangga dgn alutsista yg emank TNI punya drpd mesti pinjem . .

    • Makin bingung dengan yang tersirat dan tersurat,
      Semua yang gahar akan ditulis status minjem dan parkir di luar negeri. Kalau langsung ditempel milik kita ntar dibilang perlombaan senjata. trus ditulis di koran duitnya dari mana kok bisa beli..bla..bla..bla.
      Manut saja lah saya yg penting TNI kuat, negara aman, tenteram, bisa tenang yang cari nafkah.

    • tolong pak sekalian pinjem ks kilo dan teman2nya dari papa bear biar kelihatan gahar.

    • kamus jkgr pada lupa ya, pinjem=dah dimari, batal=beli, akan=sudah, .. hehehe… maaf numpang oot 😀

  12. Masuknya bayar ga yah ?

  13. Wahhjh pada muncul gak ni yg d parkir negara tetangga

  14. nggak perlu malu bung, khan tujuannya kali ini baik bahwa tni akan dilengkapi dengan persenjataan yang canggih juga.
    berpikiran positive saja. Mungkin para ksatria penjaga pertiwi juga pengin lihat juga.
    salam nkri…

  15. Moso’ ulang tahun paradenya pakai heli asing… National pride nya dimana Pakde Pur? Belum kalau pas terbang melintas, narasi upacaranya “Yah kita sambut heli kebanggaan TNI-AD….” ???

  16. Coba di kunyah lagi pernyataan pak Poer.
    Banyak kejutan nie pas Hut TNI nti. Jgn kaget Kilo class disebut kasel cakra/nangggala dll.. apa Kamov 52 Alligator di kasih terbang jg kah?

  17. gak papa pinjem dulu .nunggu barangnya kelamaan

  18. Sudah milik kita tapi pura pura pinjaman , tunggu kejutan yg lain !

  19. Jadi itu heli apache punya amerika ya (belum beli) ikut parade nanti

  20. masalah kah klo nunjukin ini lho helo yg bakal jadi inventory penerbad..? masalah pinjem ape kaga yg penting ini lho yg udah dipersembahin negara buat menjaga keamanan negeri ini..lagian ini kan akhir masa pemerintahan skrg..dan memang harus menunjukan apa yg sudah seharusnya…maju terus TNI..!

    • Memang ga masalah bung Akung, namanya juga pinjam sebentar di balikin lagi. Tapi efeknya kurang bagus karena pinjam hanya apache sama asu kesannya ngeblock aja, kenapa semua yang akan kita beli coba di pinjam, misal cang bogo korea, S300/pansir/buk M rusia, dari HQ series dari china, dari inggris, prancis, jerman, ukraina biar adil thousand friend zero enemy sesuai prinsip. Intinya biar jaga perasaan kawan2 di regional lah kalau mau banyak kawan, lagian kan hut TNI biasanya menampilkan produk dalam negeri atau milik sendiri. Jika memang asu ga kasih apache sesuai perjanjian ya udah ga usah jadi pengemis pakai pinjam segala utk nyenangi hati rakyat yang jadinya kurang bermartabat menurut saya yang awam sih. Tapi tetap saya ikut dukung apapun strategy TNI utk maju…..

    • stuju om,,pinjem dulu gpp…mgkin biar rakyat tahu,,lalu bkt kpd ankny…” Kyak gini lho ntar helikopter kita,,bgini modelny,,nak..smoga kalo bsar nnti kamu bs jdi TNI..bs mengabdi kpd negara & bangsa…buat bpk & ibu bngga pdmu yaa”
      kalo beli kndraan tu y kira2 sampel..test drive..smbil nggu indent & ngurus surat2…tp rsa bngga dhati smkin brtmbah.. 😀
      sklian slam hormat bwt pa2 SBY…tnda trimakasih kpd beliau

    • Emang ga masalah. Leo dan marder dulu waktu ikut parade juga yg nyetirnya masih orang jerman

  21. MA-IL(MAin ILmu) nih menhan.

  22. apachenya mau pinjam punya asu kah?

  23. Sebagian kita beli yang block 3 alias A 64 E…paling mutakhir, US Army juga baru dapat tahun akhir tahun ini. Tapi harganya mahal sekali…sampai heran, kok USA ngasih juga yg block 3

    • Ada tanda *Syarat dan ketentuan berlaku. Ini yg akan bikin repot pemerintahan selanjutnya..hehehehehe. Kayaknya Pak Beye harus mentraining Pak Jokowi sebentar deh

  24. Loh katanya Menhan sebelum oktober Apache Longbow sdh datang kok malah minjam? Ini para sesepuh kok sepi semua agaknya siaga 1 yh gugatan MK?

  25. Mungkin ketimbang beli lebih baik kalo pale sistem leasing kali yaaaa……

  26. ga sabar rasanya ingin lihat helinya menari2 di langit nusantara jayalah negeriku jayalah TNI ku

  27. Ada-ada saja pak Menhan ini….he…..he….. lha klo mau mbuju’i umat ya jangan keterlaluan…. siiip maju terus pak menhan…jayalah TNI.

  28. Wew kok Jenderal-nya pake seragam dinas lapangan ya…padahal mau ketemu Menhan di kantornya…kenapa gak pakai seragam dinas harian ya? Btw Jenderalnya dari marinir kan kalau diliat dari lorengnya?

  29. Biasanya kalau pinjem dibeli juga, kaya kasus Whiskey class, kilo, dll. Biar nggak heboh kawasan ini,

  30. itu yg disembunyikan di juanda mau diikutkan parade juga ?

  31. 6 biji cangbogo

  32. ya diibaratkan mobil…apachenya di test drive dulu didepan para Petinggi Pemerintahan dan Petinggi TNI kalo merasa udah cocok tinggal nego akhir harga + Syarat dan ketentuannya kan beres semua

  33. wellcome

  34. tes..

  35. Jadwal datangnya Apache milik TNI itu kapan? Masih tahun ini atau tahun depan, ya?

 Leave a Reply