Helikopter Apache Meriahkan HUT TNI

60
99
Menteri Pertahanan RI bersama  Commander of USARPAC General Vincent K Brook, di Depkemhan, Jakarta ( photo dmc.kemhan)
Menteri Pertahanan RI bersama Commander of USARPAC General Vincent K Brook, di Kementerian pertahanan, Jakarta ( photo dmc.kemhan)

Jakarta – Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengharapkan helikopter-helikopter Apache milik Angkatan Darat Amerika Serikat yang ditugaskan di USARPAC (United Stade Army Pacific) dapat berperan serta pada peringatan Hari Ulang Tahun TNI Oktober mendatang di Surabaya, serta pada latihan bersama Angkatan Darat kedua negara yang dilaksanakan setiap tahun bernama Garuda Shield. Commander of USARPAC General Vincent K Brook menjelaskan, empat helikopter Apache yang berada di USARPAC siap memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun TNI dan ikut serta dalam Garuda Shield Tahun 2014.

Hal itu disampaikan dalam pertemuan antara Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dengan Commander of USARPAC General Vincent K Brooks , Selasa (19/8), di Universitas Pertahanan Indonesia sebelum menyaksikan peresmian Patung Penjaga Perdamaian di kawasan IPSC Sentul Bogor.

Helikopter Apache Longbow  AH-64D Belanda (photo:militaryphotos.net)
Helikopter Apache Longbow AH-64D Belanda (photo:militaryphotos.net)

Saat ini proses pengadaan helikopter Apache oleh Pemerintah RI masih terus berjalan. Hal itu juga terkait dengan proses penyusunan MoU Indonesia dan Amerika Serikat mengenai keamanan komunikasi dan informasi yang juga sedang berjalan, karena helikopter Apache memiliki kemampuan mengumpulkan data dan informasi saat berada di udara. Dengan adanya MoU ini maka kepentingan keamanan informasi kedua negara dapat terlindungi. MoU saat ini telah berada pada tahap penyesuaian di para Kepala Staf Angkatan. Menhan berharap MoU ini dapat diselesaikan secepatnya sehingga pengadaan Helikopter Apache bagi TNI dapat segera terwujud sebelum Oktober 2014.

Dalam hubungan kerjasama kedua negara di bidang pendidikan, Menhan menjelaskan bahwa Pemerintah RI berharap dapat terus meningkatkan kemampuan SDM pertahanan melalui berbagai program kerjasama pendidikan. UNHAN saat ini sedang menggagas kerjasama dengan George Washington University (GWU) Amerika Serikat di bidang Pendidikan Diplomasi dan Ilmu Politik.

Menhan berharap gagasannya mengenai sandwich program yang ditawarkan kepada GWU dapat disetujui. Sandwich program adalah program dimana mahasiswa UNHAN yang mengikuti pendidikan tingkat lanjut dapat mengikuti pendidikan pula di GWU sekitar satu tahun dan gelarnya mendapat pengakuan dari GWU. (dmc.kemhan.go.id).

60 KOMENTAR

  1. Waaaaah ga mantap kalau perayaan HUT TNI pakai Apache pinjam yg di kemudikan oleh tentara ASU pula. Ngebohongi rakyat namanya pak Pur. Lebih baik supaya lebih adil undang Mr. putin utk tentaranya atraksi SU 35, Xi jin ping juga undang tentaranya bawa Dong Feng 21 dan 31, inggris bawa Eurofigther, prancis bawa Rafale dll biar adil pak. Jadi kalau ga ada Apache mending ga usah di hadirkan meski pinjam. Memalukan pak pamer milik orang lain di HUT TNI, ibarat perantau agar terlihat sukses pulang kampung pinjam mobil rental ngaku punya dia hasil jerih payah di rantau. Ga mau dech pak bohongi rakyat. Ingat itu !!!!

  2. masalah kah klo nunjukin ini lho helo yg bakal jadi inventory penerbad..? masalah pinjem ape kaga yg penting ini lho yg udah dipersembahin negara buat menjaga keamanan negeri ini..lagian ini kan akhir masa pemerintahan skrg..dan memang harus menunjukan apa yg sudah seharusnya…maju terus TNI..!

    • Memang ga masalah bung Akung, namanya juga pinjam sebentar di balikin lagi. Tapi efeknya kurang bagus karena pinjam hanya apache sama asu kesannya ngeblock aja, kenapa semua yang akan kita beli coba di pinjam, misal cang bogo korea, S300/pansir/buk M rusia, dari HQ series dari china, dari inggris, prancis, jerman, ukraina biar adil thousand friend zero enemy sesuai prinsip. Intinya biar jaga perasaan kawan2 di regional lah kalau mau banyak kawan, lagian kan hut TNI biasanya menampilkan produk dalam negeri atau milik sendiri. Jika memang asu ga kasih apache sesuai perjanjian ya udah ga usah jadi pengemis pakai pinjam segala utk nyenangi hati rakyat yang jadinya kurang bermartabat menurut saya yang awam sih. Tapi tetap saya ikut dukung apapun strategy TNI utk maju…..

    • stuju om,,pinjem dulu gpp…mgkin biar rakyat tahu,,lalu bkt kpd ankny…” Kyak gini lho ntar helikopter kita,,bgini modelny,,nak..smoga kalo bsar nnti kamu bs jdi TNI..bs mengabdi kpd negara & bangsa…buat bpk & ibu bngga pdmu yaa”
      kalo beli kndraan tu y kira2 sampel..test drive..smbil nggu indent & ngurus surat2…tp rsa bngga dhati smkin brtmbah.. 😀
      sklian slam hormat bwt pa2 SBY…tnda trimakasih kpd beliau