Nov 042016
 
Dengan mesin T700-GE-701D yang hemat bahan bakar, membuat  Apache AH-64E-Guardian bisa terbang lebih jauh dan membawa muatan lebih banyak (photo: US Army)

Dengan mesin T700-GE-701D yang hemat bahan bakar, membuat Apache AH-64E-Guardian bisa terbang lebih jauh dan membawa muatan lebih banyak (photo: US Army)

Boeing sedang melirik Vietnam sebagai pembeli potensial di wilayah Asean, untuk penjualan helikopter militer, setelah Boeing berhasil melakukan penjualan ke Indonesia.

Boeing akan mengirimkan helikopter pertama dari delapan unit AH-64E Apache ke Indonesia pada tahun 2017. Perusahaan juga sedang berupaya mendapatkan pesanan sebanyak 12 unit CH-47F Chinook dari Jakarta.

Unit pertama Helikopter Apache Indonesia akan masuk tahap produksi pada bulan Desember 2016, dan tes penerbangan diharapkan dapat dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2017 dan pengiriman November hingga Desember tahun 2017.

Pejabat perusahaan Boeing mengatakan Kementerian Pertahanan Indonesia menyatakan minat untuk delapan Apache tambahan setelah batch pertama dari helikopter Apache masuk ke layanan operasional.

Indonesia juga telah menunjukan minatnya terhadap helikopter Chinook dan telah mengirimkan permintaan harga dan mungkin akan memesan empat sampai 12 unit CH-47F.

Boeing saat ini sedang menunggu surat resmi permintaan dari pemerintah Indonesia untuk melanjutkan rencana pembelian ke foreign military sale (FMS).

Perangkat  elektronik canggih yang berada di bagian luar-depan Helikopter Apache AH-64E-Guardian, memungkinkan pilot untuk mendeteksi ancaman lebih awal (photo: US Army)

Perangkat elektronik canggih yang berada di bagian luar-depan Helikopter Apache AH-64E-Guardian, memungkinkan pilot untuk mendeteksi ancaman lebih awal (photo: US Army)

“Sebelumnya kami melakukan diskusi dengan angkatan bersenjata Indonesia, termasuk menteri pertahanan dan mereka melihat CH-47D, model lama Chinook. Namun baru-baru ini mereka pindah dari itu dan fokus untuk mendapatkan CH-47F, yang merupakan model saat ini dan itulah yang menjadi fokus kita sekarang,” ujar Tae Pak Yeong, direktur regional Asia Tenggara Boeing.

Boeing juga berharap Indonesia sedikitnya memesan empat unit CH-47F di awal. Tantangan geografis dan geopolitik Indonesia akan mendorong angkatan bersenjata untuk membeli Chinook tambahan.

“Kami menjual Apache ke Indonesia dan telah menjadi pembuka gerbang,” jelas Yeong.

“Mereka ingin membeli Chinook sekarang karena ingin memodernisasi angkatan bersenjata mereka dan kami siap untuk berpartisipasi dalam kompetisi yang adil dan transparan, bekerja sama dengan industri lokal – kami tidak akan hanya menjual peralatan lalu meninggalkannya, tapi kami berencana untuk tetap berhubungan dengan Indonesia,” tambahnya.

Sumber : Shephardmedia.com

Bagikan:

  44 Responses to “Apache Pertama Indonesia Dikirim 2017, Chinook Negosiasi”

  1.  

    Wow

  2.  

    Pertamini

  3.  

    Udh masuk layanan?? Tambahan??

  4.  

    Negosiasi dulu sampai pengumpulan koin cukup untuk membayar pesanan.

  5.  

    ditunggu deal chinook nya
    Indonesia sangat perlu untuk operasi membangun perbatasan dan daerah terpencil

  6.  

    Yaaaa perawatan ajhaa…….TOT nyyyyaa…..000000 besaaaarr!!

  7.  

    MANA TOT NYA?

  8.  

    tetap saja Apache nya masih kurang banyak, karena jumlah helm nya 300 buah dijadwalkan selesai bulan April 2017 …

    apakah mungkin ada terjadi salah ketik (mistype) jumlah helm pada dsca Notice ?

    sepertinya tidak, karena nilai kontraknya $13,2 juta cocok untuk harga 300 helm …

    begitu juga saat pertama kali diumumkan potensi nilai kontrak adalah $1,42 billion ternyata nilai kontrak nyata cuma $296 million … melorot jauh nilainya …

  9.  

    Apache baru dibikin toh???. Kirain 2017 awal sdh dikirim, padahal pesen udah hanpir 3-4 thn lalu…kebiasaan buruk nie si produsen asuuu…lelet bgt

    •  

      Pembuatan untuk 1 apache perlu wktu 3 bulan,pembuatan dan perakitan dikerjakan secara manual tenaga manusia ga pke robot,krena bnyak komponen yg akan susah apabila dipasang oleh lengan robot,bhkan untuk geser dri stu bagian perakitan ke unit slnjutnya mreka dorong pke tenaga manusia,mngkin krena jraknya dket jdi stu gedung gtu,pernah nntn proses pembuatannya di acara tv natgeo

  10.  

    ng’gak prnh kapok di’kibulin amrik…

    Moga” pembelian itu bukan krn takut + tunduk dgn amrik…
    contoh kasus yg jelas F-16 baru di’beli lsg terbakar…

    Kasihan Indonesia Kita ( oknum”x )….

  11.  

    aha… seri terbaru rupanya….

  12.  

    aha… seri terbaru rupanya. apa bener ini?….

  13.  

    TOT nya? Giliran sama mamarika gak ngotot minta TOT. Coba giliran SU-35…

  14.  

    Tambah lagi pak biar pas 1 skuadron heli tempur nya ..
    Taro di perbatasan kalimantan buat nimpukin tukang geser patok pake rudal nya si pache hahaha ..

  15.  

    apache dtang akhir th 2017..
    kalau chinoknya tahun brapa nih..
    udah kelihatan nkri makin kuat,.
    klu bicara patok perbatasan bs ga di pasang alarm/alat pemancar, jadi klu pindah tempat kelihatan trus langsung aja di rudal.. gosong tuh yg mindah sama patok2nya..

  16.  

    Harus ada penyeimbang antara blok barat dengan timur, apache seri terbaru kualitas bagus…beli yang banyak sekalian tot minimal 1 skuadron…

  17.  

    Gak ada tot ya?

  18.  

    “kami tidak akan hanya menjual peralatan lalu meninggalkannya, tapi kami berencana untuk tetap berhubungan dengan Indonesia”

    Maksudnya di sini adalah “Nanti sewaktu2 bisa kami embargo”

  19.  

    Keren,tapi entar di embargo lg ga????????

  20.  

    Kenyataannya….setelah USA menjual Alutsista nya he TNI …
    Dengan harga Mahal sekali…
    Mereka pasti akan meng Embargo …
    Sepihak …

  21.  

    Mantap Apache sarangnya adalah NATUNA tidak bisa di pindah . Yah ,nggak apa-apa ,biar Malay dan chino berpikir ulang bila mau macam-macam.

  22.  

    Ngok…

  23.  

    awas embargo…

  24.  

    admin komentar saya tdk prnh muncul kenapa y… apa karena sering komen berlawanan dengan rusky lovers? secara d jkgr, rusky ibarat dewa ga prnh salah. tp diforum lain pengunjung d jkgr dianggap tdk berpendidikan, asal komen

    •  

      lha…ini muncul kok komennya….xixixixi
      gak usah berburuk sangka. Biasanya kalo gak muncul ada kata2 yg disensor seperti umpatan dan makian, makanya gak muncul. Itu systemnya yg nyensor secara otomatis bung.

  25.  

    mana komenku ora muncul

 Leave a Reply