Apakah AS akan Kehilangan Kapal Induknya?

USS Bonhomme Richard yang terbakar (foto ; US Navy)

Jakartagreater.com – USS Bonhomme Richard adalah satu dari sembilan kapal serbu amfibi Amerika Serikat yang beroperasi, kapal-kapal ini membentuk tulang punggung strike team Angkatan Laut AS dan dianggap sebagai kapal permukaan paling berharga dalam arsenal Angkatan Laut AS dengan pengecualian pada kapal supercarrier Nimitz dan Ford, lansir Defnse24.

Kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran menimbulkan pertanyaan, apakah mungkin untuk memperbaiki kembali kapal yang berusia 24 tahun ini?

Hasil pemeriksaan pendahuluan atas kapal yang terbakar ini, dilansir dari Defense News yang mengutip dari seorang perwira tinggi Angkatan Laut AS – kebakaran menyebabkan suhu panas hingga 650 derajat Celcius. 11 dari 14 dek rusak oleh api atau banjir, dengan total kerusakan dilaporkan sebagai “luas”.

Superstruktur kapal dan beberapa bagian di bawah dek penerbangan harus dihancurkan sepenuhnya. Bagian dek pendaratan melengkung karena panas. Tidak diketahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan atau berapa lama waktu untuk memperbaiki kapal yang rusak.

Amerika dikenal karena pernah menghabiskan banyak uang untuk perbaikan. Misalnya, selama Perang Dunia Kedua, selama beberapa tahun AS memperbaiki kapal perang yang hancur di Virginia Barat, yang kembali ke garis depan sebagai kapal perang yang hampir sepenuhnya baru, dan dalam beberapa tahun terakhir telah melakukan perbaikan pada dua kapal perusak Arleigh Burke yang rusak parah dalam tabrakan.

Namun, tidak berarti pada kerusakan kali ini AS akan memperbaikinya, seperti misalnya dalam kasus kapal selam Miami (Improved Los Angeles class), renovasi yang menelan biaya US$ 700 juta, yang hampir sama biayanya dengan pembuatan kapal selam baru.

Jadi bagaimana dengan kondisi kapal USS Bonhomme Richard dan akankah menguntungkan untuk memperbaikinya? Mengingat usianya dan fakta bahwa pekerjaan yang akan dilakukan bisa menghabiskan waktu dari beberapa bulan hingga beberapa tahun? Atau mungkin akan lebih baik untuk mengalokasikan dana untuk kapal tambahan Type USS Amerika yang lebih baru (USS Bonhomme Richard dari Wasp class adalah tipe yang lebih tua).

Apa yang terjadi pada USS Bonhomme Richard mungkin merupakan pukulan besar bagi militer AS. Sebenarnya dijadwalkan, kapal akan mampu membawa pesawat tempur siluman F-35B. Program yang akan mengubah kapal pendarat helikopter menjadi sebuah kapal induk ringan.

3 pemikiran pada “Apakah AS akan Kehilangan Kapal Induknya?”

  1. ACC… ini kapal serahkan ke BNPB bisa bawa logistik, peralatan medis dan kebutuhan penanggulangan bencana, masih bisa angkut orang secara massive dan jangan dipakai untuk perang….asal semua hasil freeport selama setahun kirim ke AS

  2. Ongkos perbaikan sudah hampir sama seperti bikin baru … lebih baik bikin baru … mulai dari nol … kalau perbaikan bisa saja ada bagian2 yang luput dari pemeriksaan sehingga tidak diperbaiki sehingga baru akan nampak setelah kapal berlayar kembali setelah perbaikan … jika terjadi maka akan memakan biaya yang lebih besar dan waktu untuk memperbaikinya kedua kali … Indonesia boleh saja buat seperti itu … dengan kausul full dibangun didalam negeri beserta TOT nya

Tinggalkan komentar