Apr 122017
 

Akankah Korea Utara melakukan uji coba nuklir dimasa mendatang? Dan akankah Amerika Serikat menghukum dengan serangan militer, seperti disebutkan Donald Trump sebagai salah satu pilihan untuk mengekang ambisi nuklir Korea Utara?

Setiap bentrokan militer antara kedua negara bisa mengarah kepada skenario terburuk dari perang skala penuh di Semenanjung Korea, seperti dilansir dari The Korea Times.

Banyak warga Korea Selatan semakin gelisah dengan kemungkinan peperangan antara Korea Utara dan Korea Selatan atau ditambah negara ketiga, seperti AS yang bisa menyebabkan kekacauan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Penyebaran yang tidak direncanakan dari kelompok penyerang kapal induk AS ke perairan dekat semenanjung Korea telah memicu kekhawatiran. Isu peperangan telah tersebar luas di internet, dengan rincian prospek, termasuk kapan dan bagaimana Perang Korea II ini akan pecah. Banyak ahli dan pejabat pemerintah yang menyebut bahwa rumor tersebut “tidaklah berdasar”, tapi tampaknya semua bantahan tersebut tidak banyak mencegah meningkatnya kecemasan publik.

Korea Times mewawancarai 4 orang pakar Korea Utara dan hubungan internasional untuk menyusun skenario kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang.

Sebuah prospek yang dominan adalah bahwa Korea Utara akan membuat beberapa bentuk provokasi sebelum atau setelah ulang tahun ke-105 dari pendiri Korea Utara, Kim Il-sung, yang jatuh pada hari Sabtu (15/04/2017), tapi mungkin peluncuran rudal balistik tersebut non-nuklir sehingga AS tidak akan merespon dengan serangan dan Korea Utara dan Korea Selatan akan terhindar dari pertempuran berdarah.

Namun demikian, mengingat fakta bahwa Trump sama tidak terduga seperti pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, akan lebih bijaksana untuk mengatakan bahwa hal-hal tersebut masih di awang-awang.

Tiga buah pertanyaan sama-sama diberikan kepada 4 (empat) orang pakar yaitu Prof. Kim Dong-yub dari Institute for Far Eastern Studies, Kyungnam University, Dr Chung Sung-yoon dari Korea Institute for National Unification, Prof. KimJae-chun dari Sogang University dan Dr Cheong Seong-chang, peneliti senior di Unification Strategy Studies Program of the Sejong Institute.

1. Kim Dong-yub

Tanya. Apakah menurut anda Korea Utara kemungkinan akan melakukan uji coba nuklir sebelum atau setelah tanggal 15 April?

Jawab. Jika Korea Utara melakukan tindakan provokatif, peluncuran rudal balistik adalah yang paling mungkin. Kemungkinan uji coba nuklir keenam adalah sangat rendah. Negara tersebut mengambil tindakan tersebut bukan untuk merayakan atau memperingati tanggal tertentu, itu dilakukan karena perubahan keadaan dalam negeri.

Tanya. Jika uji coba nuklir berlangsung, apakah menurut anda Amerika Serikat akan mengambil segala bentuk tindakan militer terhadap Korea Utara? Kapan? Dan bagaimana?

Jawab. Itu adalah masalah yang berbeda. Jika AS bereaksi terhadap provokasi Korea Utara, Korea Utara akan membalas terhadap Korea Selatan. Ini serius akan membahayakan aliansi Seoul-Washington. Selanjutnya, akan ada reaksi negatif negara-negara tetangga untuk menyerang, sulit untuk mengantisipasi bahwa AS akan menyerang balik Korea Utara.

Tanya. Apa yang mungkin akan menjadi reaksi paling keras dari serangan Korea Utara, China dan Jepang? Harap spesifik.

Jawab. Sebuah alasan yang membenarkan serangan, seperti kejahatan terhadap kemanusiaan, akan membuat AS menyerang Korea Utara. Tapi ketika tidak ada pembenaran, itu akan menyebabkan hasil yang tak terkendali. Akan ada aksi pembalasan besar dari Korea Utara, dan kemudian reaksi publik Korea Selatan terhadap AS akan memburuk, yang pasti bawha ancaman aliansi militer Korea Selatan-AS sangat besar.

2. Chung Sung-yoon

Tanya. Apakah menurut anda Korea Utara kemungkinan akan melakukan uji coba nuklir sebelum atau setelah tanggal 15 April?

Jawab. Tes nuklir tidak mungkin terjadi, tetapi provokasi militer sangat diharapkan. Korea Utara melakukan tindakan provokatif dalam dua kondisi, pertama ketika ada suatu keharusan dan kedua ketika ada kepentingan politik dan diplomatik bagi mereka. Saat ini, perlu untuk mengkonfirmasi berapa banyak ICBM dan SLBM-nya yang telah ditingkatkan, dan bereaksi tegas terhadap tekanan kebijakan AS terhadap Korea Utara. Mengingat waktu yang dibutuhkan untuk persiapan, provokasi militer Korea Utara akan terjadi setidaknya satu sampai dua bulan kemudian.

Tanya. Jika uji coba nuklir berlangsung, apakah menurut anda Amerika Serikat akan mengambil segala bentuk tindakan militer terhadap Korea Utara? Kapan? Dan bagaimana?

Jawab. AS mengambil sikap tegas terhadap Korea Utara dan menyerang negara itu adalah dua hal yang berbeda. Hal ini jelas bahwa Trump sedang mempertimbangkan mengambil sanksi militer sebagai salah satu pilihan, tapi ada sebuah risiko yang lebih besar dari sekedar “eskalasi perang di Semenanjung Korea” yang membuat sulit bagi Amerika Serikat untuk melakukan tindakan militer.

Tanya. Apa yang mungkin akan menjadi reaksi paling keras dari serangan Korea Utara, China dan Jepang? Harap spesifik.

Jawab. Ini akan berbeda seiring waktu dan tujuan, tetapi jika AS benar-benar menyerang, dengan kemungkinan yang sangat rendah, jelas bahwa negara tersebut seharusnya sudah mempersiapkan untuk eskalasi perang dengan suatu “Strategi Dominasi Eskalasi Perang”.

3. Kim Jae-chun

Tanya. Apakah menurut anda Korea Utara kemungkinan akan melakukan uji coba nuklir sebelum atau setelah tanggal 15 April?

Jawab. Korea Utara harus garuk kepalanya dengan keras. Ia ingin mengirim pesan kepada dunia bahwa itu akan tetap pada jalannya sendiri meski ada tekanan dari AS dan komunitas global. Tetapi akan menjadi tekanan bagi Korea Utara melihat hubungan dengan AS dinidai dengan sesuatu yang tidak dapat dibatalkan, memberi militer negaranya melakukan uji coba nuklir keenam. Korea Utara mungkin akan mempertimbangkan bahwa uji coba bisa mengangkat alis pada calon progresif presiden Korea Selatan seperti Moon Jae-in. Uji coba keenam, pada sisi Korea Utara, harus menunjukkan kemampuan negara untuk mengontrol bom hidrogen, bukan bom atom, dan memiliki keterampilan untuk meminimalkan dan menjadikannya sebagai standar senjata nuklirnya. Korea Utara akan melakukan uji coba keenam, apakah itu di bulan April atau tidak, karena mereka tidak pernah ingin menyerah pada lebel “negara bersenjata nuklir”. Jika tes dilakukan di bulan ini, itu akan terjadai pada tanggal 15.

Tanya. Jika uji coba nuklir berlangsung, apakah menurut anda Amerika Serikat akan mengambil segala bentuk tindakan militer terhadap Korea Utara? Kapan? Dan bagaimana?

Jawab. AS tidak akan melakukan serangan militer preemptive ke Korea Utara. Tetapi jika dilakukan, Korea Utara akan membalas dengan menyerang Korea Selatan. AS, yang bersekutu dengan Korea Selatan, bertanggung jawab untuk ambil bagian dalam perang militer antar Korea Utara dan Korea Selatan, yang ingin dihindari. Amerika Serikat, jika terpaksa, lebih suka memberikan tekanan kuat kepada Korea Utara dengan mengaktifkan DEFCON (Kondisi Kesiapan Pertahanan) daripada melancarkan perang militer pada negara tersebut.

Tanya. Apa yang mungkin akan menjadi reaksi paling keras dari serangan Korea Utara, China dan Jepang? Harap spesifik.

Jawab. Korea Utara akan mudah terprovokasi dan membalas dengan kekuatan penuh dalam setiap mode. China tidak akan pernah setuju Amerika Serikat menyerang Korea Utara. Jepang memiliki pilihan selain telah mempersiapkan diri untuk sikap semi-perang karena tahu mereka bisa menjadi target pembalasan dari Korea Utara.

4. Cheong Seong-chang

Tanya. Apakah menurut anda Korea Utara kemungkinan akan melakukan uji coba nuklir sebelum atau setelah tanggal 15 April?

Jawab. Ada saja kemungkinan tersebut, dengan tanda-tanda uji coba nuklir keenam Korea Utara yang terdeteksi, tes akan dilakukan sebelum 25 April, berdasarkan tanggal dari Tentara Rakyat. Situs web 38 Korea Utara memperkirakan bahwa tes kelima Korea Utara membawa hulu ledak dengan kekuatan antara 15.000-20.000 ton. Diperkirakan tes keenam akan membawa hulu ledak dengan kekuatan minimal 14 kali dari tes sebelumnya.

Tanya. Jika uji coba nuklir berlangsung, apakah menurut anda Amerika Serikat akan mengambil segala bentuk tindakan militer terhadap Korea Utara? Kapan? Dan bagaimana?

Jawab. Mengingat Korea Utara akan melakukan uji coba nuklir yang keenam, AS akan mendorong lebih kuat tindakan anti Korea Utara di Dewan Keamanan PBB, termasuk boikot sekunder dan memindahkan senjata nuklir strategisnya ke Semenanjung Korea. AS juga bisa melempar serangan presisi di Yongbyon Nuclear Scientific Research Center di Korea Utara untuk mencegah kemajuan lebih lanjut dari kemampuan nuklir Korea Utara.

Tanya. Apa yang mungkin akan menjadi reaksi paling keras dari serangan Korea Utara, China dan Jepang? Harap spesifik.

Jawab. Jika AS menyerang fasilitas Yongbyon, itu akan membuka tirai untuk skenario terburuk yaitu perang nuklir, sebagaimana Korea Utara bisa menyerang pembangkit nuklir Korea Selatan atau Seoul menggunakan senjata nuklir mereka. China pasti tidak akan setuju dengan serangan Amerika Serikat ke Korea Utara. China akan menahan keterlibatannya dalam konflik militer selama rezim Kim Jong-un tidak runtuh sehingga mereka tidak harus berbenturan dengan Jepang yang akan mendukung AS dalam menyerang Korea Utara karena memerlukan dukungan dari Amerika Serikat untuk meningkakan kekuatan militer kekaisaran Jepang.

  59 Responses to “Apakah Perang Korea II Sudah Dekat?”

  1.  

    Jam sepuluh. saatnya muncul artikel baru.

  2.  

    waduuuh.. itu betulan jadi perangnya ya ?

  3.  

    Sdh dekat yah?

  4.  

    Jangan sampai deh. Nanti program pesawat tempur KFX/IFX dan kasel Changbogo bisa terggangu .

  5.  

    Baru dekat dan belum terjadi

    http://kasamago.com/tomahawk-has-fallen/

  6.  

    situasi di semenanjung korea tampaknya makin memanas dengan kehadiran AS , korea utara dan aliansinya yaitu china tampaknya akan bersatu padu berperang melawan amerika . amerika pasti akan mengajak 2 sekutunya yaitu jepang dan korsel untuk berperang juga
    kalau perangnya memakai senjata konvensional (standar) masih bisa dimaklumi namun kalo sudah pake senjata nuklir udh keterlaluan itu soalnya senjata nuklir zaman sekarang daya hancurnya sangat besar mengalahkan bom atom di hiroshima dan nagasaki dan itu jelas membuat reaksi negara negara lain juga ikut berperang bukan hanya korut,korsel,jepang dan AS bisa dikatakan ini adalah perang balas dendam sejak perang dunia II telah usai , bisa jadi negara negara di eropa bisa berperang melawan russia yang waktu kala itu menjadi superpower di daratan Eropa

    •  

      kok jd rusia yg di bawa bawa, gak logis asumsinya..bingung saya bacanya

      •  

        ya jangan dibaca bung biar gak bingung apalagi ada perang balas dendam sejak perang dunia 2
        bahkan tidak ada asumsi trauma psikologis perang dunia 2 yg menjadi dasar uni soviet dan barat saling menahan diri dan diputuskannya mutual assured destruction alias sama-sama ajur utk meminimalisir opsi nuklir

  7.  

    Tanya : kalo perang korea tjd lg bgmn nasib cewek korsel yg cantik stlh operasi plastik? Mau pd lari kmn mrk??

    Jawab : nasib mrk blm jls tp semoga mrk lari ke Indonesia.

  8.  

    Kalau perang ya pastinya IF-X menjadi IF-M
    X utk eXperimental menjadi M untuk Modar

  9.  

    Klo Korea perang sy mw ungsikan Hyuna k rmh sy wkwkwk…

  10.  

    Info… Warga korsel. Pada mau ngungsi…. Bener2 siaga perang……. Wah pakdhe jokowi harus melerai ny…. Cangbogo dan ifx belom jadi jangan perang dulu….

  11.  

    Sangat disayangkan jika perang korea II terjadi, Infrastruktur dan Ekonomi yg dibangun korsel selama puluhan tahun, akan hancur dalam waktu yg sangat singkat.

  12.  

    kalo perang konvesional sepertinya berat korut akan memenangkan perang korea kedua

    tp kalo perang terjadi pakai nuke itu lain lagi,baik amrik serikat sekutunya dan korut sekutunya memperhitungan perang menuju kiamat

    korut secara hafiah emang anak nakal(ekom cm dipegang china)geopolitik paman bear melihat secara langsung bisa terjadi disemenanjung korea

    anggap elite politik amrik serikat gendeng,apakah konsekwensi akan dilakukan sekutu korut menuju total war dan zero sun game

    begitu sibuknya pesawat p3 dan poisedon,pesawat patroli canada mencari semacam kasel didekat laut california heeheheh

    perang gampang diucapkan tp melaksanakan akan sulit,tapi sekecil apapun bisa meletuskan itu genderang perangnya(contoh suriah,iraq,aghanistan)

    opini pribadi saja,kalo salah dimaafkan saja

    salam damai selalu:)

  13.  

    biarkan mereka pada tawuran..
    saya dah siapin baju dan tukang rias. sapa tau artis artis ceweknya yg mulus dan bening2 pada ngungsi di mari..di situ saya akan caper.. sapa tau ada yg mau di ajak ke penghulu..duh.duh.duh..

  14.  

    Tes

  15.  

    Walah alamat terganggu bahkan gagal program KFX/IFXnya nih! Bgt jg encang bagol. AS mah klu berpolitik pasti harus ada perang yg dikobarkan, embahnya HAM dan Demokrasi itu katanya loh padahal sibiang kerok!

  16.  

    tergantung perang nya dimana bung. tuh kan gak susah amat berpikir xixixiiiii

  17.  

    bagi yg penasaran kenapa di sekitaran tanggal 15 april
    karena memperingati hari lahirnya Kim Il Sung dimana disebut juga hari matahari
    https://en.wikipedia.org/wiki/Day_of_the_Sun

    dan juga tanggal 25 april adalah hari lahirnya angkatan bersenjata korea utara dimana pada tanggal 25 april 1932 Kim il sung membentuk pasukan gerilya yg menjadi pendahulunya angkatan bersenjata korut
    https://en.wikipedia.org/wiki/Armed_Forces_Day
    korut sering melakukan demonstrasi serta ujicoba senjata mereka pada taggal2 tersebut

  18.  

    Itu 4 org disruh jawab lbh spesifik pada ga mau?. Blg aja korut akan luncurkan rudal nuklir ke mulut trump, bereskan, kurang spesifik apa hayoo?.apa brani marah sm korut, ?. Ingat korut di beckingin dongfeng lho..jd as korsel japan hrs slalu waspada,,, china udah ga main2 dgn dongfeng nya….

  19.  

    amerika serang korut,pasti yg jadi perkedel duluan yach korsel.itu yg amerika nggak mau.jadi serba dilema buat ASU.diperlukan kepala dingin pemimpin kita untuk meredakan ketegangan ini.indonesia harus berperan super aktif & luwes untuk menengahi pertikaian kedua blok negara tersebut.

  20.  

    Pertaruhan si bebek…
    Akan jadi presiden yg sangat dicintai oleb rakyat nya?ato jd presiden yg paling blunder Kalo nyerang korut…lagian korut bukanlah suriah yg minim alat gebuk nya…
    Dan Kalo memang si bebek nyerang korut..hancur ekonomi korsel dn jepang..tinggal China amerika dn rusia yg dagang…

  21.  

    Wah mana enak perang, kalau president korsel belum terpilih…..

  22.  

    hati kecil saya mengatakan alangkah baiknya jepang dan korsel menjauhkan as baik militer maupun krjasama pertahananya dr wilayah mereka, kasihan nasib rakyat korea dan rakyat japan jika sampai perang. Yakin deh korut tak akan macam-macam lagi jika as hengkang dari sana.

  23.  

    hati kecil saya mengatakan alangkah baiknya jepang dan korsel menjauhkan as baik militer maupun krjasama pertahananya dr wilayah mereka, kasihan nasib rakyat korea dan rakyat japan jika sampai perang. Yakin deh korut tak akan macam-macam lagi jika as hengkang dari sana