Oct 252018
 

Surabaya, Jakartagreater.com   –   Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Komando Armada (Koarmada) II Laksamana Pertama TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., menghadiri Apel Kesiapan Satuan Tugas Laut (Satgasla) Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI TA. 2018, pada Rabu 24-10-2018 bertempat di Dermaga Madura Koarmada II Ujung.,

Apel Kesiapan Satgasla PPRC TNI TA. 2018 ini dipimpin langsung oleh Pangdivif 2/Kostrad, Mayjen TNI Marga Taufiq selaku Dansatgas PPRC TNI. Selanjutnya, Pangdivif 2/Kostrad menyampaikan bahwa, spectrum ancaman negara bagi pertahanan negara Republik Indonesia akhir-akhir ini menunjukan kecenderungan akan terus meningkat dan berlanjut.

Apapun resiko dan situasinya, bagi TNI harus terus dapat menjaga kesiapsiagaan dan meningkatkan kemampuan untuk merespon pilihan- pilihan dari berbagai skenario ancaman, baik yang bersifat Nasional, Regional maupun Global, dalam mengemban tugas, PPRC TNI harus memegang prinsip ‘’ Cepat ‘’ dalam manuver, ‘’Tepat’’ menghitung kemampuan dan batas kemampuan untuk mencapai sasaran, serta ‘’Singkat’’ dalam deploitasi kekuatan.

Sebagai prajurit TNI tugas adalah sebuah kehormatan dan kalian merupakan prajurit pilihan yang mendapatkan tugas mulia untuk bergabung dalam satuan tugas laut PPRC TNI.

Untuk itu, kesiapan satuan tugas merupakan kata kuncinya, oleh karenanya apel ini merupakan bagian dari upaya kesiapan kita sebagai satuan yang di tunjuk sebagai bagian dari kekuatan PPRC TNI dalam menghadapi ancaman pertahanan negara selama kurun waktu 2018 sampai dengan 2020.

Sebagai prajurit TNI tugas adalah sebuah kehormatan dan kalian merupakan prajurit pilihan yang mendapatkan tugas mulia untuk bergabung dalam satuan tugas laut PPRC TNI, untuk itu jaga kesiapan fisik dan mental untuk siap sewakui- waktu bergerak sebagai satuan tugas laut PPRC TNI, agar selalu dalam kondisi prima untuk melaksanakan tugas.

“Kesiapan kondisi teknis Alutsista agar terus menjadi perhatian, laksanakan pengecekan, pemeliharaan, serta pertahankan terus kesiapan teknis peralatan dan Alutsista. Laksanakan terus latihan-latihan secara parsial, bertingkat dan berlanjut untuk memelihara kesiapan satuan tugas laut serta menjaga kesiapan teknis Alutsista”, kata Pati berbintang dua tersebut.

Lanjutnya, kekuatan Satgasla PPRC TNI yang terdiri dari KRI, Pesawat udara dan Marinir serta satuan pasukan khusus, cukup untuk dapat menyelesaikan tugas yang di bebankan kepada Satgasla PPRC TNI, kemampuan Satgasla PPRC TNI dalam memobilisasi kekuatan dari laut ke darat merupakan kemampuan TNI AL yang telah terjaga melalui serangkaian kegiatan latihan-latihan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Usai upacara Pangdivif2/Kostrad didampingi Danguspurla Koarmada II dan Komandan Pasmar 2 melaksanakan kunjungan ke KRI GNR-332. Turut hadir dalam acara tersebut, Asops Pangkoarmada II, Dansatkor Koarmada II, Dansatfib Koarmada II, Dansatkat Koarmada II, Dansatran Koarmada II, Dansatban Koarmada II, serta Dansatkopaskakoarmada II.  (Dispen Koarmada II).

 Leave a Reply