Aplikasi Teknologi Baru untuk Laras Tank Challenger 3 Inggris

tank challenger 3 inggris 2

JakartaGreater – Sejak memasuki layanan pada tahun 1998, Tank Tempur Utama (MBT) Angkatan Darat Inggris, Challenger, telah menjadi pendukung operasi, dari Bosnia hingga ke Teluk, yang membuat Main Battle Tank ini menjadi bagian integral dari operasi Inggris dan NATO.

Seperti yang diumumkan pada Mei 2021, Rheinmetall BAE Systems Land (RBSL) akan mengubah 148 MBT Challenger 2 (CR2) menjadi konfigurasi Challenger 3 (CR3) yang baru, yang bagian utama dari program peningkatan ini adalah pengembangan laras meriam barel smoothbore baru, ungkap laman Angkatan Darat Inggris, 21/9/2021.

tank challenger 3 inggris 7

Tank Challenger 3 Inggris.(@Royal Army -UK)

Sebagian besar laras meriam memiliki potongan rifling (alur) besi yang dicoak di dalam laras meriam. Hal Ini membuat putaran (spin) dari proyektil menjadi meningkat selama penerbangan, namun memiliki konsekuensi akurasi, yang mana sangat penting jika Anda mencoba untuk mencapai target dengan meminimalkan kerusakan sampingan (tambahan).

Namun seiring berkembangnya amunisi berpemandu, rifling menjadi kurang penting. Dengan lompatan besar dalam kemampuan, dua senjata L55A1 smoothbore Rheinmetall 120mm yang diuji coba, telah memasuki produksi lebih cepat dari jadwal di fasilitas Unterluss Rheinmetall.

tank challenger 3 inggris

Tank Challenger 3 Inggris.(@Royal Army -UK)

Setelah produksi, meriam smoothbore akan diintegrasikan, diuji dan divalidasi sebelum dikirim ke Rheinmetall BAE Systems Land (RBSL) di Inggris, untuk diintegrasikan dengan turret digital baru.

Seiring dengan pengembangan laras smoothbore baru, peningkatan armor Challenger, peningkatan pemandangan utama jarak jauh dan penggunaan peluru tank canggih akan memastikan bahwa tentara masa depan Inggris akan terus memiliki yang paling akurat dan menghancurkan. daya tembak tersedia bagi mereka, dan pertahankan Challenger sebagai tank tempur paling cakap di Inggris dan NATO.

tank challenger 3 inggris 4

Tank Challenger 3 Inggris.(@Royal Army -UK)

Kolonel Will Waugh, Direktur Program Tank Tempur Utama Armor, mengatakan:

“Ini adalah langkah maju lainnya dan awal jalan untuk memberikan MBT kelas dunia yang sesungguhnya untuk Angkatan Darat Inggris. Memasangkan meriam smoothbore L55A1 yang telah dicoba dan diuji dengan amunisi energi kinetik terbaru dan sifat sekunder yang dapat diprogram akan memberikan MBT Challenger 3 perubahan langkah dalam hal mematikan di atas tank tempur utama Challenger 2.

“Langkah Angkatan Darat Inggris menggunakan senjata smoothbore, membawa Inggris sejalan dengan sekutu NATO utamanya meningkatkan interoperabilitas kami dan memastikan akses ke sifat amunisi terbaru. Ini akan menjadi bukti masa depan CR3 yang mematikan terhadap berbagai ancaman hingga OSD-nya.”

Leave a Reply