Jan 272016
 
SU-35

SU-35

Moskow – Duta Besar Indonesia untuk Rusia Djauhari Oratmangun mengatakan 26/1/2016, Menteri Pertahanan Indonesia berencana mengunjungi Rusia pada bulan April 2016, untuk melanjutkan diskusi tentang pengadaan jet tempur Su-35 Flanker-E.

“Negosiasi sedang berlangsung. Menteri Pertahanan Indonesia ingin mengunjungi Rusia pada bulan April untuk melanjutkan diskusi,” kata Oratmangun kepada RIA Novosti.

Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu mengumumkan niat Jakarta untuk membeli Su-35 untuk menggantikan armada Northrop F-5 Tiger II, TNI AU, pada bulan September 2015.

Satu komisi kerjasama militer-teknis bersama, telah mengadakan diskusi akhir bulan November di ibukota Indonesia.

Direktur kerjasama internasional di Kementerian Pertahanan Indonesia mengatakan kepada RIA Novosti pada saat itu, bahwa hukum Indonesia menetapkan bahwa setidaknya 35 persen dari teknologi harus ditransfer ke Indonesia ketika penandatanganan kontrak untuk pembelian persenjataan asing, dilakukan.

Sputniknews.com

  106 Responses to “April, Menhan Ryamizard ke Moskow Bahas Su-35”

  1.  

    Secepatnya ya Pak Menhan.beli yg banyak ya Pak.

  2.  

    1

    •  

      Sprt biasa.. Msh dibahas.. Hbs itu dikaji lg.. Trus hilang lg beritanya.. Mncul lg nti berita nya klo msh dibahas bersama..
      Rusia mau nya indonesia membeli minimal 12-24 unit, sdgkn indonesia mau beli ketengan sesuai anggaran yg ada saat ini.. Klo mengikuti anggaran tiap tahun mesan 3 unit sampai 2019.. Mana mau rusia kyak gitu.

  3.  

    tot kyaknya da di bahas……. hmmm ad penambahan jumlah pa ya…….

    •  

      Jangan harap ToT dari Russia bung! Negeri pelit yang mau bangkrut.
      Indonesia harus merapat ke Amerika untuk mendapatkan F-16 viper dan F-35 dan akhirnya dapat ToT penuh untuk IFX.
      Ngapain juga dengan Su-35 yang sekali terbang habis 500 juta.
      Ini barang kagak moncerrr….!!!!
      Muehehehehehe

  4.  

    Beli yg lengkap ya Boss….. hehehehe…

    •  

      Baik beli F-16 viper dan nego F-35 aja pak Bos.Di jamin kawasan adem ayem dan dapat ToT penuh IFX.musuh kita hanya satu yaitu CHINA.
      Russia pelit amat sama ToT.
      Su-35 akan mengalami kayak Su-30 India nyungsep.
      Ini barang kagak moncerrrr………!!!!
      Muehehehehehehe

  5.  

    Sekalian beli yg bnyk supya tetangga sebelah melonggo liat su 35 indonesia

  6.  

    Trus yg moncer itu yg suka dan yg banyak nyungsep itu ya..
    Tengok noh kasus “bawean” bisa apa tu pesawat!. Moncar moncer encer nyoh croot! Buat bentukmu arek yonhap sing koyok #bulus_angop!. Muehek huak hueek.

  7.  

    Di bahas terus…kapan belinya ya…..

  8.  

    Mantap,,,
    Mungkin ordernya ditambah Jd 3 skuadron lengkap dngn yg digotongnya.

  9.  

    Sekalian mau peringati April MOP

  10.  

    Mungkin setelah kunjungan april nanti polemik pengadaan SU-35 benar2 deal (jumlah dan waktu). Kasihan formin di kasih win win deal aja beberapa tahun terkahir ini.

    I hope not april mop :-p

  11.  

    ”No hoax, no party”….
    Kalau sudah begini mau party apaan???
    Yang suka oplosan, hati-hati terjaring razia 86….

  12.  

    knapa ga skalian bid develop F35 aja di PT.DI? LM lg nyari pabrik tuh.

  13.  

    mgkin dirusia april nanti pak RR mbatin “sayang ane dr AD, coba klo dr AU, ane bawa atu itu Su 35 skalian test drive dan ane parkirin langsung di markas Jkgr” xixixix
    yg jd pertanyaan koq bisa pesenan Indonesia di duluin, bukanya kontraknya lbh dulu cina, lebih banyak lagi belinya

  14.  

    Hush..hush..Udah diam..sana kembali ke pohon

  15.  

    Bahasa politik, di ulur², diulang²… Sambil nunggu biar ada tawaran yg lebih greget dari pihak luar lainnya…

  16.  

    muncul lagi beritanya 😮

  17.  

    Pake duit emak lo ?

    •  

      pakek duitku su !

    •  

      coba mikirnya, untuk apa dan potensi musuhnya siapa…baru bisa mengira-ira berapa banyak yang akan dibeli. terus kalau mau minta TOT pasti belinya banyak. kalau ketengan apa dikasih TOT

      Terus diamati, bagaimana kondisi dalam negeri, issue apa yang jangka panjang yang akan di hadapi. misalnya SDA indonesia melimpah berarti semua negara besar akan potensi menjadi musuh…sehingga harus sedia payung sebelum hujan, salah satunya borong pesawat atau proyek IFX/KFX

      Masalah Dana, untuk kedaulatan negara uang bukan menjadi ukuran bisa jadi “dana tidak terbatas” artinya hutang berapapun selama untuk menjaga kedaulatan negara tidak masalah.

  18.  

    Nego su 35 & fakpa kayanya. Ngarep.com

  19.  

    Aneh, tentunya kita sudah punya referensi tentang SU-35S itu, kenapa baru sekarang di bahas. ………. buang2 waktu bbrp tahun, cara kerja yg tidak efektif & tidak efisien, seharus nya sudah fixed dan deal dgn kedua belah pihak, sekarang tinggal tunggu kedatangan SU-35S. !!!
    Memang nya mau beli berapa skuadron, pake minta TOT 35 %, ……. ????
    ( hadeeeuuuh, ……………. beli ngeteng saja, banyak maunya )

    •  

      Kata siapa beli ngeteng ??? Emang kamu tau ?? Indonesia harus jadi bangsa yg jual mahal… jdi jngan cuma bisa beli… 100 skd pun bisa kita beli… ratusan kapal selam pun bisa di beli… tpi yg lg di usahain pak RR biar kita menguasai teknologi yg ada pada barang tersebut…

  20.  

    Katanya Sudah deal masih dibahas to jangan2 minta komisi

  21.  

    Dari hasil prrjanjian Indonesia dan Rusia dan pihak ro..export des’15 di Bali sdh deal 12 su35 full armament dgn kedatangan tahap pertama dr yg ditandatangani di tahun fiscal2016.
    Hanya sj lokal kontent 35% tot blm ada kemajuan dr pihak ro…xport.
    Kemungkinan menhan dlm lawatan resminya ke Rusia akan menekankan perjanjian itu dan …kemungkinan penambahan yg lainnya …
    “yang lainnya” ini yg masih abu abu……! entah mengenai giant super sea… Pembahasan Penambahan kilo…pengintai pantai! kemajuan developt si berkut dlm joint ventura dan masih banyak lainnya…tetap abu abu menunggu kejelasan pastinya dr admin clue.
    Sabar, sudah di ttd koq untuk 12 su35 batch pertama dgn delivery time tahun ini secara bertahap. Justru mengenai su34 yg di dengungkan tidak ada kabar berarti sampai saat ini, Koq malah aljazair yg sdh deal!
    Su35 OK! ON the track.
    Su34???…sebatas silabus siluet kah???

  22.  

    semoga mencair juga yg ghoib lainya semoga menampakan diri…

  23.  

    Yg dbicaraan dan dnegosiasikan tuk 12 bj su35… 2 bj KS kilo dan 10bj T90..
    Ntar terkejutx saja lagi Menhan… Malah dberi lebih… 36 bj Su35, 1 skuadr su34, 4 bj KS Kilo, dan 60 bj T90….TOT nya 60%…
    Bakal jantungan kawasan Asean yg pangkalan2x byk di kuasai AS dan LCS

  24.  

    Tes. Komen saya ke mana ya ? Kok nggak muncul ?

    Kelihatannya sampai akhir 2018 akan terus diulang2 : direncanakan, dikaji, dibahas, berminat, tertarik, didiskusikan dst dst.

    Setiap kunjungan ke Rusia, alasannya bahas Su-35 sebagai pengganti F5.

    Alasan ini untuk menutupi/ mengaburkan/ menyamarkan pembelian alutsista lain yang lebih gahar.

    Kalau jujur misal beli x skuadron Su-35 dan x skuadron Su34 dan beberapa pesawat pembom dan beberapa puluh SAM, maka ini akan menggemparkan kawasan.

    Rencana 80 unit IFX saja sudah geger (rencana produksi 400 unit dan RI dapat jatah 20% x 400 unit = 80 unit; Korsel mau pakai sendiri 120 unit dan sisanya 200 unit akan diekspor Korsel).

    Ketika barang Rusia sudah datang semua maka akan dibuka sedikit sehingga para tetanggga akan terlambat untuk mengejar pengadaan alutsista saingannya.

  25.  

    Menkeu Rusia ga bakal deh ngasih col lagi selain Iran. Harus nrimo qt.

  26.  

    Ayo taruhan kuping sm gw bro.. gw pastikan RI beli 12 unit keatas.. kl jadi 16. Cermati APBN P kmren bro.

  27.  

    Sangat2* Setuju dengan bung tukang ngitung phd… Mngkin ngga hanya sampai th 2018 tapi sampai bile2…

  28.  

    Satu komisi kerjasama militer-teknis bersama, telah mengadakan diskusi akhir bulan November di ibukota Indonesia.

    Hmm… mau bikin pabrik buat rakit shukoi disini yah pa atau bahkan bikin ? Wkwkwkwkwk

  29.  

    Sabar bung me, kasihan nanti jemaah pesimisiyah wal fotoniyah bin ora percoyo yen ora ono fotone bakal pada kabur semua dr forun ini. Takut kena potong lehernya kayak potong bebek angsa aja.

  30.  

    Perasaan saya pernah pakai foto burung hantu di artikel saya.

    Xixixi

  31.  

    Bung lavanda :
    Belajar dr gendang yg ditabuh china dan india untuk meningkatkan industri militernya, maka semua produsen militer mencoba mencuri hati china dan india, yg notabene anti sosial komunis china sj sprti amrik ngotot masuk ke china. Apatah lg Indonesia yg jauh lebih menawan dan menggairahkan dlm segi apapun dr china dan india. China dan india koq lebih maju industri militernya? Ya wajar sih krn mereka lebih lama dan dahulu meretokrasi industri militernya berbanding dgn kita. Memasuki tahun pertama mef2 sj kita hampir sejajar dgn mereka dlm hal industri militer, bukan dlm jumlah alutsista dan kekuatan militer secara indeks ya! Kelebihan mereka adalah lebih dahulu memoderenisasi industri militernya.
    Saya koq lebih sependapat dgn bung tn.phd,
    Walau saya tdk bisa terlalu berspekulasi mengenai alutsista TNI dr Rusia.
    Bayangin ja mas, Rusia hanya menjalin kerjasama kesefahaman MoU parlemen to parlemen dgn iran, china, india, vietnam dan Indonesia untuk teknologi dan industri militer.
    Suriah yg sekutunya sj tidak masuk daftar, mesir dan uae dan saudi yg membeli senjata rusia secara besar2an jg tidak.
    Indonesia bagi Rusia lebih erat dr sekedar sahabat.
    Mungkin yg membuat sebagian orang pesimis krn tidak atau belum melihat alutsista-alutsista gahar dari Rusia secara visual dan langsung.
    Maaf klo kurang berkenan.

    •  

      Yup bung alfaiz,

      Dulu waktu RI bilang mau beli kapal selam Kilo hanya 2 unit saja geger seluruh kawasan dan sampai-sampai Jepang nanya alasannya beli Kilo.

      Padahal Vietnam beli 6 unit tidak ditanya-tanya tuh. China juga beli beberapa unit juga kagak ditanya.

      Apalagi kalo dibilang RI akan punya 50-60an unit kapal selam, wuiih apa kawasan tidak sakit jantung.

      Warjager pun banyak sakit jantung…stroke…sampai minta bukti sekarang…

      padahal target itu baru bisa dicapai masih belasan tahun ato dua puluh tahunan dari sekarang…masih lamaaaa…

      Xixixixi

      •  

        Maaf bung tukang ngitung phd, sebenernya saya pernah tanya sama mantan marinir, ” sebenernya indonesia punya kilo gak pak? Dia bilang jelas punya, g semua kita kasih tau ” hehehe katanya tp bener apa nggaknya entah lah

    •  

      industri militer kita sejajar china? wew 😮

  32.  

    Harus beli minimal berapa unit sukhoi …supaya bisa dapat ToT …? Kalau beli ngecer ..apa bisa dapat ToT? Kalau dapat after sales services saja Sudah bagus ….
    Tetap optimistic…..
    Tapi ya pak RR …itu sukhoi 27/30 yaa sebaiknya Tetap ditambah sedikit sedikit donk…supaya genap minimal 2 squadron …ditaruh di ndonesia timur …

  33.  

    emang klo 12 biji mau TOT om rusky ama kita….

  34.  

    jangan kelamaan Pak Kemhan, keburu dikentutin ama EA 18 Glower tetangga, singaporno dan malingsial…

  35.  

    baru mau bahas, hehee

  36.  

    ikut komen ya sedikit

    Indonesia telah meningkatkan anggaran pertahanan sebesar 2,0 % untuk 2016 disesuaikan dengan kenaikan dollarnya.

    nah sekarang budget anggaran indonesia sudah 2persen dibanding0,8 atau 1persen lebih

    kalo membeli su35 sepertinya tergantung politik lah,kalo jdpun paling cepat 2018-2019 itu datang.

    salam damai selalu sekalian absen 🙂

  37.  

    Ehem….Fair Play please,

    1) (Isu+bukti nyata) x (sanggahan+data valid) = Isu dibenarkan

    2) (Isu-bukti nyata) x (sanggahan+data valid) = Isu tidak dibenarkan

    Sekuat dan sebanyak apapun anda memaksakan ”isu” tersebut secara sepihak tanpa menerapkan rumus nomer 1 diatas, semua itu akan selalu dibantah.
    Jika ingin mematahkan title ”hoax”, gunakanlah rumus 1.

    Dalam persidangan di ”meja hijau”, Tersangka diharuskan menunjukkan BUKTI valid yg membuktikan dia tidak bersalah.
    Jika tidak demikian, dia akan tetap menyandang status Tersangka dan dipastikan akan menetap dibalik jeruji besi.
    Sedikit meminjam kata-kata Presiden Jokowi, ”Simpel…gitu aja kok dibuat rumit”.
    Yang sabar yahh bung…..tetaplah subjektif, karena objektif tidak cocok buat anda.
    You are what are you say….
    Salam

    •  

      Bung anda salah!! Yang namanya ghoib itu tidak perlu foto dan data. Anda tahu pesawat bangsa Klingon yang bisa hilang? Kita sudah punya!! Bagaimana fotonya coba kalau pesawatnya bisa hilang?? Ingat percaya ghoib itu menandakan anda cinta tanah air!! Ga percaya? Mending pindah WN singapore/australia!! Salam klingon!!

  38.  

    Tuh kan…gue kate jg apa.! Burung Hantunya protes bung TT.
    Dia udah manyun tuh minta bukti, bikin mukanya tambah jelek..xixixi
    Aku gak ikutan ahhh…hahaha

  39.  

    Apa mungkin? Sebenarnya semua masalah sukoi sudah deal? Militer berusaha mengaburkan pembelian shukoi supaya tidak di ketahui umum …. Kalau belum deal dg beruang merah udah pasti banyak spg dari barat menjajakan dagangan nya…walaupun ttidak beli pasti masih pada mangkal.

  40.  

    Aku mendukung pengadaan alusista TNI, aku juga mendukung kemampuan negara RI membuat alusista sendiri, al dengan alih teknogi. Tapi dengan hanya membeli 1 skadron, bahkan katanya sementara hanya 6 pesawat, dan memaksa harus transfer teknologi 35%, kalau aku jadi Russia bahkan garuk2 kepala pusing.

  41.  

    35% buat shukoi ? Kalau fokusnya ke shukoi bingung, belinya sedikit.
    Mungkin saja 35% mainan yg lain?? S300 S400 Slilin Scendol… 😀

  42.  

    Berat bener perjuangan para sales pespur…sampe gini hari belum terlihat penjualan yang signifikan.

    Hmmm…ibarat semua jurus sudah dikeluarkan, sekarang tinggal waktunya berserah pada Yang Maha Kuasa, dibanyakin tirakat dan amal solehnya supaya diberikan kelancaran.

    Kalo embah baca, kedepannya pembelian pespur india dan kanada yang akan merubah keseimbangan pendulum penjualan pespur, sekaligus akan menentukan pabrikan pespur mana yang akan “berdiri tegap” hingga abad berikutnya…

  43.  

    luar biasa pembelian su-35 yang spektakuler, karena beli 12 unit menuntut tot 35% atau setidaknya kemampuan overhaul. sekedar dugaan pastilah ada kerja sama bernilai besar dan panjang terkait ifx. misalkan terkait penggunaan engin al-41f dan persenjataan ex rusia.

    •  

      @bung alugoro..analisa anda ada benarnya juga bung.Indonesia sekarang fokus untuk kemandirian di berbagai bidang khususnya militer.untuk saat ini janganlah kita bandingkan dengan india atau Pakistan dlm hal pespur.maklum kita memang sedikit terlambat dlm hal kemandirian militer.oleh sebab itu pemerintah mewajibkan adanya tot dlm pembelian alutsista.untuk IFX saya rasa kedepannya kita akan memakai mesin dari rusia,maaf memang tak ada acuan omongan saya tapi sepertinya kita pun tak mau masuk dalam jurang untuk ke dua kalinya.smoga kedepannya IFX menjadi pespur yg handal karena percampuran 2 teknologi barat & timur.salam sehat selalu buat smua warjag

  44.  

    yaelah mana ada kekuatan dan senjata strategis suatu negara d umbar bgt saja, tentu lawan dan calon lawan tau, shgga gmpang mengukur, myusun strategi dan sabotase kewilayah kita. Coba lihat2 film intelegen…biar paham! Salam.,

  45.  

    bung yang mau ke ruskye itu pak jokowi atau pak RR??

  46.  

    Tenang aja bro Pak Menhan pasti tau apa yg seharusnya beliau lakukan waktu di sana pasti pulangnya nanti bawa oleh oleh yg sangat menyenangkan toh beliau ke sana kan bukan untuk pelesir siapa tau kesana sambil ngecek ke pabrik si sukro apa sukronya udah jd apa belum kalo udah jd kan bisa segera di packing untuk secepatnya dikirim hehehe.

  47.  

    Biarlah…emang dah pembawaan si bayi MALEY yang selalu iri dengan tetangganya. Tetangga beli ini itu, si MALEY demam2 karena gak mampu ikuti gaya hidup tetangganya. Makanya orang2 dan pejabat MALEY selalu mencuri-curi kepunyaan RI dikarenakan tdk mempunyai sesuatu yang mereka banggakan. Maka tepatlah sudah sifat/kelakuan orang MALEY yang pencuri/maling itu karena ketidakmampuannya. Dan sudah sangat pas nama negaranya MALAYSIA=MALEY=MALON=MALINGSIA=MALINGSIAL sebagai negara kumpulan para maling-maling di ASIA TENGGARA ini…………………………………Iri Tanda Tak Mampu si MALEY ini……….

  48.  

    Yg paling krusial dibahas itu tot nya dan spek pembeda ala indonesia….

  49.  

    kenapa kalau ada artikel su 35 ama kilo pasti ada perang antara jamaah resmiyah samah ghoibiyah yah 😮

  50.  

    Kayak elu…itu kan nick name gue yang lo pake!!!

  51.  

    Ya udah kalo gitu diundur jd bulan desember aja…desember kelabu haaaa

  52.  

    mbah bowo males nongol kalo artikel kek gini bung beha..dia nafsunya sama PLA & AUSHIT jedam perkedel doang..ixixix

  53.  

    semoga sukses pak RR, atas nego ToTnya

    sekalian bungkus SAM S-400 4 baterai & KaSel Amur 4 buah.

    Aamiin

  54.  

    Syarat Tot pespur 35% adalah pembelian pespur tsb dlm jumlah yg banyak, sedangkan RI membutuhkan pengetahuan Tot guna menunjang kemandirian bangsa dlm membuat pespur maka syarat diatas tetap dipenuhi oleh pihak kita utk mendapat Tot nya namun demikian jumlah pespur yg banyak tsb tdk akan diberitahukan pada kalayak umum kecuali yg pembelian secara ketengan/jumlah kecil saja. Cmiiw.

  55.  

    Jangan memprovokasi dan jangan terprovokasi gan… wait n see.. ingat artikel perang asimetris.. keep calm stay cool.. ngoahahaha

  56.  

    Calm down .. your su35š order can deliveried end of 2016 year..(Putin V.)

  57.  

    I do not lie.. wait and see