Arab Saudi Borong “Freedom-Class” Senilai $ 6 Miliar

USS Freedom adalah kapal perang pesisir pertama dikelasnya yang bertugas dengan Angkatan Laut AS. © Lockheed Martin

Pemerintah Arab Saudi akan mengeluarkan anggaran sebesar US $ 6 miliar dolar membeli 4 unit Kapal Perang Pesisir kelas Freedom dari Lockheed Martin, dibawah program penjualan militer asing, seperti dilansir oleh Sputnik News.

“Arab Saudi siap untuk menarik pelatuk kesepakatan senilai US $ 6 miliar untuk membeli 4 unit kapal perang buatan Lockheed Martin yang berbasis pada Littoral Combat Ship (LCS) kelas Freedom, sebagai bagian dari Penjualan Militer Asing (FMS) utama”, menurut United States Naval Institute (USNI) pada hari Jumat, 19 Mei 2017.

Kesepakatan tersebut, merupakan bagian dari rencana penjualan militer asing senilai US $ 110 miliar, akan diumumkan dalam kunjungan Presiden AS Donald Trump ke Riyadh pada hari Sabtu, 20 Mei 2017, mengutip pejabat pemerintahan yang tidak disebutkan namanya.

Biaya US $ 6 miliar akan mencakup suku cadang, pelatihan dan perlengkapan logistik lain, menurut laporan tersebut.

“Perbedaan utama antara kelas Freedom milik AS dan kelas Freedom Arab Saudi adalah tidak ditemukannya ruang misi modular seperti yang terdapat pada kapal LCS milik Angkatan Laut AS”, menurut USNI menjelaskan.

Kapal LCS dirancang untuk melawan kapal serang permukaan kecil, ancaman kapal selam diesel dan ancaman ranjau asimetris, menurut laporan yang diterbitkan tersebut. Ruang misi modular mengacu pada metode untuk memindah dan mengganti modul peralatan khusus yang digunakan untuk misi tempur yang berbeda dengan cepat dan mudah.