Jan 082019
 

Rudal Qaher M2 dalam arsenal Houthi © Bao Dat Viet

JakartaGreater.com – Meskipun pasukan Houthi mengklaim bahwa persediaan rudal yang ada merupakan hasil penelitian dan pengembangan sendiri, namun menurut Arab Saudi, kenyataannya adalah tidak demikian, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Pernyataan Kolonel Turki Al-Maliki dari Angkatan Bersenjata Arab Saudi bahwa pasukan Houthi dari Yaman telah berulang kali menembakkan 8 roket balistik Zilzal-1 ke provinsi Jizan, di sebelah selatan Arab Saudi.

Meskipun serangan itu tidak menemui “perlawanan berarti” dari sistem rudal pertahanan udara Riyadh, tidak jelas apakah mereka mencapai sasarannya atau tidak, tetapi menurut Kolonel Turki Al-Maliki, serangan tersebut menunjukkan ada permasalahan yang serius, terutama pada senjata yang digunakan oleh Houthi.

Perwakilan militer menambahkan bahwa meskipun Houthi selalu mengklaim bahwa rudal yang ada di gudang senjata mereka diteliti dan dikembangkan sendiri oleh pasukan, namun sebagian besar dari mereka berasal dari Iran.

“Tindakan bermusuhan seperti itu dilakukan oleh milisi Houthi yang mana ini menunjukkan partisipasi aktif dari Iran dalam perang Yaman”, sebut Kolonel Turki Al-Maliki.

Iran telah mendukung milisi bersenjata Houthi dengan memberi mereka senjata, termasuk serangkaian rudal balistik. Dukungan ini dipandang sebagai tantangan bagi Resolusi PBB nomor 2216 dan 2231 yang mengancam Arab Saudi dan keamanan regional serta global.

Rudal Burkan 2 buatan Iran yang ada dalam arsenal Milisi Houthi © Press TV

Menurut sang kolonel, dari jajaran senjata Iran yang diberikan kepada Houthi, yang paling menakutkan adalah versi terbaru dari rudal balistik Burkan, ini adalah jenis rudal balistik yang sama dengan yang telah ditembak jatuh beberapa kali oleh pertahanan udara Saudi.

Rudal Burkan 2, yang digunakan pasukan Yaman untuk menyerang Saudi selama masa lalu memiliki jangkauan 1.000 km. Tetapi para ahli Iran telah meningkatkan untuk memperluas jangkauan serangan rudal balistik tersebut sebelum mereka dikirimkan ke Yaman.

Versi terbaru dari rudal balistik ini memiliki jangkauan 1.500 hingga 1.600 km. Dan sangat mungkin bahwa Teheran juga memberi Houthi rudal presisi tinggi, mirip dengan yang telah diam-diam disumbangkan Teheran kepada pasukan Hizbullah di Lebanon.

Dalam sebuah wawancara di akhir 2018 silam, diplomat senior Arab Saudi, Adel Al Jubeir, menuduh pasukan Houthi dari Yaman meluncurkan serangan menggunakan rudal Burkan ke bandara di sebelah utara Riyadh. Namun, sistem rudal Patriot Saudi mencegat rudal itu.

Sistem rudal Patriot Arab Saudi. © Qrmoo3 via Wikimedia Commons

Jika informasi yang diberikan oleh Kolonel Saudi tersebut adalah benar, rudal baru Houthi tersebut kemungkinan memiliki jangkauan 1.720 km antara Yaman utara hingga pelabuhan Eilat di Israel, jauh melampaui jangkauan 2 serangan rudal Iran sebelumnya yang memasok mereka dengan rudal Burkan-1 dan Burkan-2H, dengan jangkauan masing-masing 800 km dan 1.400 km.

Dengan demikian, dengan versi terbaru dari Burkan 2H dan versi yang lebih maju, Iran telah memberikan Houthi kemampuan untuk menyerang daratan lebih dari 1.800 kilometer, yang mampu mengintimidasi semua saingan mereka seperti Arab Saudi, Uni Eemirat Arab dan bahkan Israel.

Iran telah mengubah Houthi dari pasukan militan dengan senjata ringan menjadi kekuatan bersenjata yang kuat, dengan kemampuan serangan yang kuat, seperti Hizbullah di Libanon, yang bertujuan menahan saingannya. Arab Saudi, UEA dan Israel.

Iran tidak memiliki pernyataan utama tentang tuduhan Arab Saudi.

  3 Responses to “Arab Saudi “Buktikan” Keaslian Persenjataan Houthi”

  1.  

    Negara lain boleh memasok senjata ke manapun…knapa iran tak boleh….terlepas dr perjanjian pembatasan senjata oleh pbb…knapa negara lain kaya osrael tak pernah d beri sanksi yg seperti iran…karna pbb adalah perpanjangan kebijakan barat dan sekutunya

  2.  

    Alasan Bani saud tidak tepat karena Saud menyerbu Yaman, kecuali Saud tidak campur tangan boleh bikin statement begitu, atau saud serbu Iran aja itu lebih fair biar Iran punya alasan serbu saud juga

    😎 huehuehue

  3.  

    Disini rudalnya paling jauh berapa km bos hahaha