Jan 232019
 

F-15C Royal Saudi Air Forces © Saudi88hawk via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Arab Saudi dikabarkan saat ini sedang mengembangkan senjata pulsa elektromagnetik (EMP), yang juga disebut senjata microwave, menggunakan teknologi yang disediakan oleh Ukraina, seperti dilansir dari media berbasis di Ukraina, National Industrial Portal.

Mengutip pejabat pertahanan yang tak disebutkan namanya, laporan itu menyatakan bahwa Kantor Desain Negara, Yuzhnoye mentransfer teknologi EMP ke Arab Saudi. Tercatat bahwa perusahaan Ukraina telah mengirim dokumentasi teknis generator EMP ke Arab Saudi.

Sistem senjata baru dapat menggunakan gelombang mikro dan energi elektromagnetik yang tidak terlihat untuk membebani jaringan, sirkuit listrik dan elektronika dan membakarnya.

Ilustrasi senjata microwave atau EMP © National Industrial Portal

Satu serangan EMP terhadap satu negara seukuran Israel atau Iran akan memiliki efek yang menghancurkan. Ledakan itu sendiri mungkin tidak menimbulkan banyak bahaya bagi yang di darat, tetapi EMP akan merusak atau menghancurkan telepon, jaringan listrik, jaringan komunikasi, komputer, laptop, kartu pintar, elektronika di kendaraan, pompa bahan bakar, peralatan medis, robot industri dan apa saja lain yang memiliki microchip, bahkan jaringan listrik yang lebih canggih.

Amunisi EMP terpasang pada bomb KAB-500 © Defence Blog

Kemungkinan besar Arab Saudi tertarik pada pengembangan Ukraina, berlaku untuk desain bom seperti KAB-500 atau pun MK-84.

Bom microwave memiliki jangkauan yang lebih luas dari mode kopling dan diberi panjang gelombang kecil dibandingkan dengan dimensi bom, dapat dengan mudah difokuskan pada target dengan perakitan antena kompak.

Menurut laporan awal dari pemerintah AS tentang potensi serangan senjata EMP ini, akan menyebabkan hilangnya banyak teknologi secara instan dan simultan yang bergantung pada daya listrik dan papan sirkuit komputer, seperti ponsel dan perangkat GPS di segmen sipil atau energi.

Jet-jet militer dan jet komersial akan terdegradasi, pangkalan akan terputus, listrik menjadi padam total, GPS kehingan sinyal, membuat pertahanan dan serangan balik hampir tidak mungkin dilakukan.

Aplikasi massal senjata-senjata EMP ini akan menghasilkan kelumpuhan substansial dalam sistem target apa pun, sehingga memberikan keuntungan yang sangat menentukan dalam melakukan Pertempuran Elektronika, Serangan Udara Balasan dan Strategis.

  4 Responses to “Arab Saudi Kembangkan Senjata EMP, Hasil TOT dari Ukraina”

  1.  

    Wah, mulai dipake otaknya 😀 hehehe

  2.  

    BORONG