Mar 122015
 
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz (SPA / AFP)

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz (SPA / AFP)

Arab Saudi telah menarik duta besarnya di Swedia yang makin meningkatkan ketegangan antara kedua negara. Kementerian Luar Negeri Swedia mengumumkan penarikan duta besar yang dilakukan Arab Saudi pada Rabu (11/3/2015).

Juru bicara kementerian, Erik Boman mengatakan, alasan penarikan adalah ‘kemarahan’ pemerintah Riyadh atas kritik Swedia terkait catatan hak asasi manusia di Arab Saudi. “Kritik dan pernyataan Swedia yang dibuat tentang hak asasi dan demokrasi.”

Penarikan duta besar Arab Saudi ini ditempuh sehari setelah Swedia menghentikan kerja sama pertahanan dengan negara itu yang sudah berlangsung lama.

Bagaimana pun, Stockholm menyatakan tidak ada rencana untuk menarik duta besarnya dari Arab Saudi. Swedia menegaskan bahwa ‘hubungan diplomatik tidak putus’.

Ketegangan diplomatis antara Arab Saudi dan Swedia berawal ketika Swedia menuduh Riyadh mencegah Menteri Luar Negeri, Margot Wallstrom, berbicara di pertemuan Liga Arab, Senin 9 Maret, di Kairo.

Pemerintah Stockholm saat ini dipimpin oleh Partai Sosial Demorat, yang mulai berkuasa Oktober tahun lalu, dengan kebijakan mengambil peran yang lebih aktif di dunia internasional dan memusatkan kembali kebijakan luar negeri pada masalah hak asasi.

Bulan Februari, Wallstrom antara lain mengatakan parlemen Arab Saudi melanggar hak asasi perempuan dan mengkritik penahanan serta hukuman atas penulis blog Raif Badawi. (BBC Indonesia).

  66 Responses to “Arab Saudi Tarik Duta Besar dari Swedia”

  1.  

    1

  2.  

    Pastikan pembelian gripen tidak ada masalah, terutama para sales yang udah mampir dimari..

  3.  

    ES TELU LIMO AJA AMAN..

  4.  

    yess tinggalin aja tuh negara kapir

  5.  

    Selamat pagi warjager.
    Absen dulu baru baca..

  6.  

    Keduo..tuh kan arab wae ngambek..padahal duite akeh, seneng belonjo alat perang, tp tetep ae di embargo..

  7.  

    Alihkan pembelian senjata ke cina atau rusia aja pkde saidi

  8.  

    Swedia itu penggiat ham, namun bagaimana dengan israhell apakah melanggar ham,
    Swedia2 negaramu tak mampu menunjukàn siapa pelanggar ham terberat khususnya zionis, ataukah swedia memang takut

  9.  

    Tolak grippen, waspadalah waspadalah.. pengalaman embargo… pahit. Percepat TOT, kemandirian alutsista harga mati.

  10.  

    Ikutan nyimak.

  11.  

    Bentar lagi juga bisa saja menimpa Indonesia krn menghukum mati gembong narkoba. wapadalah. waspadalah.

  12.  

    Perang timor perang paling panjang dan berdarah yang dialami TNI. Mereka harus berhadapan dengan Falintil, pasukan ini dikenal kejam terhadap pasukan TNI yang tertangkap.

    Tindakan kejam itu dibalas TNI, seringkali anggota Falintil yang tertangkap juga menjalani eksekusi di tempat.

    Namun, kekejaman perang tersebut tidak dilakukan seorang Mayor TNI. Dia memutuskan untuk menyelamatkan dan mengirim pasukan lawan agar mendapat perawatan medis. Tindakan ini justru mendapat apresiasi dari para atasannya ketika itu.

    Peristiwa ini bermula ketika Mayor tersebut ditugaskan kembali ke Timor Timur dan menjabat sebagai Komandan Batalyon 744. Pasukan yang dipimpinnya terlibat baku tembak dengan gerilyawan Falintil di lereng bukit Turiskai.

    Setelah beberapa jam bertempur, pasukan menyisir lokasi persembunyian gerilyawan. Di tempat itu ditemukan seorang gerilyawan yang tergeletak dengan kondisi cukup mengenaskan, namun masih hidup.

    Alih-alih mengeksekusi, Mayor ini malah memilih untuk mengobati gerilyawan yang terluka tersebut. Bahkan, ia menerbangkannya ke RSPAD di Jakarta untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

    Tindakan ini tidak lazim dilakukannya, sebab setiap pasukan yang berperang sangat pantang membawa serta tawanan. Langkah ini lantas diapresiasi Asisten Operasi Kasum ABRI Mayjen TNI Edi Sudrajat, di mana dalam Hukum Perang, seorang tawanan perang haruslah tetap diperlakukan secara manusiawi.

    Setelah menjalani perawatan, gerilyawan tersebut mengaku bernama Yulio Sarmento, salah satu pucuk pimpinan kelompok Falintil. Darinya, Mabes ABRI banyak memperoleh informasi berharga dalam menjalankan operasi di Timor Timur.

    Lalu siapakah mayor TNI itu? Dia adalah Susilo Bambang Yudhoyono. Setelah lepas dari perang Timor Timur kariernya terus menanjak hingga terpilih sebagai Presiden keenam RI selama dua periode. Ini salah satu bukti SBY, bukan hanya tentara yang bertugas di belakang meja.

  13.  

    Saya sih mendukung Swedia dalam hal ini. Memang catatan HAM Pemerintah Arab Saudi jelek sekali kok. Jangankan kesetaraan gender, kebijakan pemerintahnya terhadap kaum perempuannya juga ga adil.

    Tapi yah biasanya sih orang Indonesia kalau Arab Saudi disentil, langsung emosinya melunjak dan mati-matian ngebelain. Padahal banyak juga TKW kita disana yg disiksa, diperkosa, dan dihukum mati. Lebih konyol lagi adalah belum tentu juga anggapan warga Saudi tentang Indonesia sebaik anggapan warga Indonesia tentang Arab Saudi.

    Memang ga semua warga Indonesia demikian. Umumnya yg gampang tersulut dan kepancing adalah orang2 yang pemahaman agama dan hukumnya relatif dangkal. Berbeda dengan yg pemahamannya baik, yg mampu memilah2 setiap kejadian secara objektif

    •  

      Posisi indonesia vs posisi arab saudi dimata swedia masih tinggi arab saudi sebab mereka raja minyak dan negara kaya, jadi indonesia pun tidak mustahil akan mendapatkan embargo dari mereka apabila tidak menuruti kemauan dan kepentingan mereka….

      bye bye gripen.. indonesia sudah merasakan betapa manisnya embargo, heheheh

    •  

      tau APA KAU soal HAM heh…???

    •  

      Trs zionis israel bijimane.?? Ko ga ada respon, jelas” pelanggar HAM paling terang”an..sama siASU juga bijimane tuh..??

      Jgn bicara ham lah apelagi ngurusin negara laen,liat dulu ma negaranye sendiri dah bener blm, zaman nye GAM siape ye yg ngumpetin dedengkotnye GAM.!!??

      Ga usah bawa” sentimen agama bung..!! HAMcuman kedok geng si Asu, buat melegalkan penjajahan gaya modern buat menekan sebuah negara, masyarakat dunia ga buta bung, cuman nyalinye pade takut sama gerombolannye si Asu..

    •  

      bukan masalah itu bung…masalahanya “mereka”( kelompok siberat) selalu memakai alasan tersebut tapi gak bisa mengaca apa yang sudah di lakukannya di negara dunia ketiga???? mbok ya pakai isu yang lain gitu lho…

    •  

      ALAH SOK TEMPE LOE….

    •  

      sangat tidak akurat

      gak ada komen yang belain arab saudi, semuanya concern tentang embargo dan HAM, karena tahu banyak hal bisa dikemas dengan judul pelanggaran HAM.
      bertempur dengan gerakan separatis juga bisa dianggap melanggar HAM,

      http://www.kontras.org/index.php?hal=siaran_pers&id=1925

      apalagi kriterianya suka2 yang mau embargo aja, bisa double standard.
      lagian tudingan pelanggaran HAM bisa lebih dulu datang dari dalam negeri, seperti link di atas…

    •  

      Kita tidak berhak mengurusi rumah tangga orang lain.

    •  

      mungkin al saud identik dng Islam, tapi Islam & al saud adalah 2 hal yg berbeda.
      seperti’a yg di maksud bung bluesky_raider adalah “rezim al saud” yg melanggar ham, bukan Islam’a.

      Saudi Arabia telah menerima 225 rekomendasi dari Dewan HAM di Jenewa.

    •  

      ko, jd reply bung Tukang Ngitung… ywdh… numpang nyelip y bung…

      •  

        Alhamdulillah….komentar Panjang diatas …memang benar dan sangat benar….
        Terima lah saudi arabia dengan kelebihan dan kekurangan nya….
        Akui lah kita masih Kurang…daripada mereka …

      •  

        memang ada benar’a bung nabil, harus di akui itu…
        cuma ane kurang setuju 1 hal… peranan Saudi di Syria yg jelas” msh mengadakan perlawanan terhadap Israel.
        Oya bung… klo ada kawan” yg mengutarakan fakta/kebenaran (meskipun terkadang pahit), janganlah di tafsirkan sbg kebencian…
        salam.

  14.  

    disaat yg sama jurnalis RI disambut layaknya tamu negara di SAAB :mrgreen: promosi lewat media neh

  15.  

    Aah sudaah laah ,,, kita kebal akan embargo,, sudah lah ga usah dipikirin ..

  16.  

    Sebaik-baiknyenye JIN adalah sejahat-jahatnye manusia..itu yg cocok sebuah perumpamaan buat geng si ASU dan gerombolanye…jadi ya begitulah kebaikanye ga ada yg ikhlas contohnye tuh si abbot bin repot ngungkit” bantuan tsunami aceh…

    ….NKRI HARGA MATI….

  17.  

    Pelajaran dan kasus yg harus kita cermati dan perhatikan krn ini akan menjadi peringatan kpd kita utk berhati-hati dan waspada utk bertransaksi alutsista dgn negara barat.

    Negara barat akan selalu menerapkan standar ganda utk mendikte dan menggol-kan misinya ke negara-negara barat. Walaupun kontrak sdh di-sign bahkan sudah dibayar, mereka masih tetap bisa memutuskan secara sepihak.

  18.  

    pa SBY memang betulan manusia, bukan menyamar berpura pura manusia. hehe

  19.  

    Jelas sudah..semua alutsista yg rencananya mau dikirim ke saudi dihentikan, dgn alesan HAM pdhl krn mau dioper ke Indonesia..

    Hebat nih lobi Indonesia..

  20.  

    Pengusaha Swedia …..nangis darah, orang Arab kalo marah..bukan hanya senjata yg diberhentikan, tapi SEMUA BISNIS……bisa dibatalkan.

  21.  

    Maaf bung alugoro..kok di berita itu gak di sebutin jenis kapalnya..mungkin bung alugoro punya bocoranya kira 2 kaprang apa ya yg ditawarkan slain pkr…salam kenal bung…

  22.  

    MARI KITA TOLAK GRIPEN DAN ALIHKAN KE RUSIA…

  23.  

    rumit,tp saya juga tdk suka dngn arab saudi,dibawah amerika,bhkan tdk peduli dngn palestina tdk seperti negara lain spt rusia,justru pernh bantu israel n sekutu menekan mesir,sangat memuakkan.disisi lain swedia negara yg mengakui palestina.perlu jeli dan bijak gan,bkn cuma asal ngmng n ikut2an

  24.  

    Orang pintar pilih tolak gripen

  25.  

    Weleh negara sekaya Arab saja kerjasama militer nya saja bisa di hentikan sepihak krn lagi2 masalah HAM…. katanya Swedia sulit buat mengembargo kerjasama bidang militer nah ini buktinya??
    HAM..HAM…dan HAM lagi, bandar Narkoba mo di eksekusi katanya itu melanggar HAM tpi Korban krn Narkoba bukan masalah HAM bisa2nya yg mengartikan saja lah

  26.  

    Hehehe!
    Swedis, Swedis. Kacian lu ingin dianggap pemimpin oleh negara lain. Ga dikasih memberi sambutan di sidang Liga arab jadi marah2, menghentikan kerja samanya dgn Saudi.
    Hehehe!
    Mestinya tahu diri dong, habitatmu disalju, ga usah mikir pengin eksis dipadang pasir.
    Udah sana main seluncur es bersama org eskimo.
    Hehehe!

  27.  

    Sebenarnya semua bisa di rundingkan sebelum beli senjata dari Swedia.Sebutkan Indonesia itu misal masih menerapkan hukuman mati,masih punya potensi konflik dengan separatis dan sebagainya.Tunggu tanggapan mereka kalau mereka oke dengan semua itu dalam sebuah Mou maka proses selanjutnya bisa di jalankan. Kalau mereka tidak setuju yah sudah alihkan pada negara lain.Gitu aja kok repot.

  28.  

    Lumayaaannn …satu daftar belanja siap siap dicoret

  29.  

    kasusnya seperti inggris tidak kasih gripen ke argentina, namanya aja masih saudaraan…!!! (mulai terkuak para NATO sekarang sifat busuknya dengan kata embargo dan HAM nya)…..

  30.  

    Haha ada problem ada bisnis.. siapa tahu stok saudi yg gak kekirim ada diskon spesial

  31.  

    Media …dan pusat keuangan dunia….dikendalikan oleh Siapa? ..Israel….belum termasuk yang lain ….seperti senat USA dan world brands….

  32.  

    udah, putusin aja hubungan diplomatik, punya duit kok, gak usah kuatir, eropa lagi melarat paling bentar lagi merengek, sok alasan “hub diplomatik gak putus”…., usir aja dubesnya!!!

    negara2 sok mau mencampuri urusan bangsa lain, niat jualan, jualan aja gak usah aneh2, loe jual gue beli, gak usah ngomong HAM, berapa banyak pelanggaran HAM bangsa eropa terhadap bangsa asia. Gak usah sok suci dan sok menghormati hak asasi. kami lebih paham daripada kalian !!

 Leave a Reply