Oct 082017
 

Setelah melakukan negosiasi hampir selama 12 bulan, Argentina akhirnya mendapatkan batch kecil pesawat tempur Super-Etendard Modern (SEM) dari Angkatan Laut Perancis.

Argentina dan Perancis akan menandatangani kesepakatan penjualan 5 Super Etendard bekas dengan harga sekitar 14.23 juta Euro.

Super Etendard akan memperkuat Skuadron Serang Angkatan Laut 2 Argentina yang bermarkas di Base Aeronaval Comandante Espora (BACE), yang terletak di pantai timur Argentina.

Angkatan Laut Argentina pernah memiliki 14 unit Super-Etendard yang dibeli dari Perancis pada tahun 1979. Beberapa dari Super Etendard tersebut diterjunkan dalam perang Falklands atau Malvinas melawan Inggris.

Super Etendard merupakan evolusi dari pesawat tempur Etendard IVM. Menggunakan desain ulang perakitan dan sistem persenjataan yang lebih lengkap menjadikan Super Etendard memiliki kualitas tempur yang lebih baik dari seri Etendard.

Super Etendard memiliki kemampuan manuver yang luar biasa diketinggian maupun penerbangan rendah, menjadikannya pesawat tempur serang maritim yang mematikan dengan beragam persenjataan lengkap sepeti rudal anti kapal, rudal udara ke udara dan bom nuklir.

24heures

  24 Responses to “Argentina Akhirnya Akuisisi 5 Super Etendard Bekas”

  1. Saya prihatin

    • Kenapa musti prihatin ??…….

      Saya lebih prihatin sama negara semenanjung yg katanya negara paling kaya dikawasan, rencana mau aukuisisi jet pejuang tercanggih sekolong langit dari jaman prasejarah sampe orang pinter baca tulis ternyata ga ada bukti…….. boro2 yg baru, yg bekas aja ga mampu beli.

      Yg ada juga jet pejuang bodol mau dijual ke India…… xixi….

      Terbukti ditangan Argentina, hampir semua alat militer Perancis jadi botol pulpen……… pak Macron kudu kasih alat militer cuma2 sama Argentina.

  2. Bagi Argentina pesawat Super Etendard adalah pesawat bersejarah yang sangat berjasa …………… !!!

  3. Keren nih bisa angkat bom nuklir :D, Su35 bisa gak 😛

  4. SEJAK PERANG MALVINAS ANGKATAN UDARA ARGENTINA TERUS MENURUN ARMADA MEREKA KEBANYAKAN SUDAH UZUR KENAPA TIDAK PAKAI PRODUK RUSIA TAPI MALAH PRODUK NATO YG PENDUKUNG BRITISH MUSUH MEREKA,TAKUTKAH ARGENTINA NANTI SEPERTI VENEZUELA YG TERUS DIRONGRONG EKONOMINYA?

    • Duit manna duit ??……. 😆

      • “Duitduitduiiiit…duiiiit….duiiiiiit….duiiiiiiiiiiiittt…”, suara marmut lapar.

      • Kan bisa beli produk Rusia yg jadul, akan lbh murah jika pihak Argentina pandai menawar sambil meminta TOT. Keluarga Sukhoi 23, MIG 25 barangkali cocok diakuisisi negara yg cekak duwitnya. Namun masalahanya, apakah pihak Rusia masih menjual itu pesawat berikut layanan purna jualnya?

      • Dulu tahun 1900 Argentina adalah Salah satu kekuatan ekonomi dunia, negara pengekspor produk agraris terbesar di dunia.
        Tidak terimbas langsung PD1 dan PD2, kenapa saat ini begitu merana ekonominya?

        • Bung@senopati,, Argentina adalah salah satu negara Amerika Latin yang menjadi korban para EHM dengan membawa neoliberalisme yang didukung oleh korporasi asing (multinational company) dan lembaga-lembaga keuangan seperti IMF, World Bank, USAID. Seperti Indonesia, Argentina adalah negara yang memiliki kekayaan yang melimpah. Utang yang besar serta pemerintahan yang berpaham neo-lib mengakibatkan negara kaya yang menyatakan kemerdekaan sejak 1816 terjajah secara ekonomi, politik dan hukum. Stagflasi (inflasi tinggi disertai angka pengangguran dan stagnansi ekonomi) pun mulai terjadi dari 1975 hingga 1990 akibat bunga utang yang besar, penghindaran pajak dan modal yang lari (capital flight). Dan puncak krisis ekonomi Argentina terjadi pada 2001..

          Indonesia setidaknya di era 2000an perlahan udah mulai kluar sedikit dari fase krisis.. Makanya dgn adanya utang yg jor2an yg dilakukan pemerintah skrng agak mngerikan efeknya di kemudian hari.. Yg ideal Pembangunan infrastruktur harus dibarengin peningkatan komoditas ekspor.. Industri2 kecil dan menengah trus didorong produktifitasnya,, yg nyatanya cukup ampuh di krisis 2008 utk menopang ekonomi..

      • Duitnya udah dikasi ke bung pragota om colibri, buat beli sepatu …masa “wayang milenium” kok masih cekeran?

        Asal enggak dibelikan sepatu yg “berhak” ajah….xixixixi

  5. Amerika selatan gak semakmur Amerika Utara aka USA, karena dikekang koboy yg ngaku polisi dunia. RI berasas Pancasila tapi sistem ekonomi mengingkari Pancasila dgn sistem liberalis kapitalisme sehingga bs ditekan negara lain dgn berbagai cara salah satunya dgn pasar bebas yg kebablasan, bs seperti negar2 Latin jg dunia ke3 klu diteruskan.

 Leave a Reply