Mar 302017
 


Argentina memiliki sejumlah anggaran yang tersedia untuk mengganti armada pesawat militer yang telah usang dengan membeli 12 unit pesawat latih Beechcraft Texan untuk melatih pilot, kata Menteri Pertahanan Argentina Julio Martinez kepada Reuters.

Martinez mengatakan bahwa rencana yang sebenarnya lebih sederhana daripada yang diberitakan media di Argentina dan Brasil dalam beberapa bulan terakhir, yang mana mengatakan bahwa pemerintah Argentina tertarik membeli pesawat perang dari luar negeri, termasuk Embraer dari Brasil atau jet tempur MiG dari Rusia.

“Untuk saat ini, kami tidak memiliki kapasitas anggaran yang memadai”, kata Martinez setelah memperingati berakhirnya misi Antartika terbaru Argentina. “Kami hanya akan membeli pesawat latih dan hanya beberapa saja, 12 unit”.

Pesawat Beechcraft Texan akan membantu menggantikan 24 unit Embraer EMB-312 Tucano yang telah digunakan di sekolah pelatihan Angkatan Udara Argentina selama beberapa dekade. Beechcraft merupakan anak perusahaan dari Textron Inc yang membuat pesawat latih Beechcraft T-6C Texan II yang digunakan untuk melatih sejumlah pilot di beberapa negara.

“Kita akan membutuhkan 12 pesawat lagi, selanjutnya kita butuh lebih banyak pesawat lainnya, pesawat transportasi medium serta berbagai jenis pesawat lain”, kata Martinez. Juru bicara Angkatan Laut Argentina mengatakan bahwa pada bulan Desember 2016, Argentina juga telah melakukan pembicaraan untuk membeli 4 unit pesawat C-205 yang diproduksi oleh Grup Airbus Eropa.

Pesawat pelatihan juga bisa digunakan untuk patroli perbatasan dengan Paraguay dan Brasil untuk menghentikan penyelundupan narkoba melalui udara, Martinez menambahkan.

Martinez juga mengatakan bahwa Argentina tidak memiliki rencana untuk membeli persenjataan dari luar negeri, ia menyangkal pernyataan dari mantan Presiden Argentina Fernandez di Twitter yang mengatakan pada hari Senin bahwa Argentina sedang berusaha untuk membeli “persenjataan canggih” senilai USD 2 miliar dari Amerika Serikat.

“Untuk saat ini tidak ada, tidak ada [rencana pembelian] senjata”, kata Martinez.

Bagikan Artikel:

  9 Responses to “Argentina Beli 12 Unit Pesawat Latih Beechraft T-6C Texan II”

  1. Sekalian bentuk team erobatik nya.

  2. kita hrs brsyukur bhwa nkri masih bisa beli macam” peralatan tempur..

  3. inhan nya argentina cukup mengesankan sebenarnya
    namun sayang militernya dikebiri imbas perang falkland

    salut dgn strategi mereka dgn segelintir exocet

  4. Kok sepertinya argentina kesusahan utk aqusisi peralatan tempur y?? Gripen ga d kasih.. mau JF 17 batal.. masalah dana kh?? Ato embargo??

  5. Ternyata banyak jg negara yg puyeng karena anggaran militernya cekak.

  6. Messi aja suruh beliin haha

  7. angkatan udara yang merana
    menderita tidak ada dana
    ikut merasa prihatin seperti bung Dedi Andika

 Leave a Reply