Jun 202016
 

Argentina saat ini sedang melakukan negosiasi dengan Prancis untuk membeli 12 pesawat tempur Mirage F1, Mirage 2000 dan beberapa mesin untuk menghidupkan kembali armada pesawat serang darat Pucara.

Saat menghadiri Pameran Persenjataan Eurosatory di Paris, Menteri Pertahanan Argentina Martinez bertemu dengan Menteri pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian.

Perancis masih menganalisa secara rinci kemungkinan pembelian itu. “Transaksi ini memberikan nilai yang sangat baik dan kondisi yang sangat menguntungkan,” kata Martinez.

Akuisisi G to G ini akan menguntungkan kedua negara karena tanpa perantara dan juga meningkatkan kepercayaan antara kedua negara. “Angkatan Udara Argentina tidak bisa tanpa pesawat supersonik. Pilot kami harus berlatih menggunakan peralatan modern,” sambung Martinez.

Martinez menolak mengungkapkan biaya pembelian, spesifikasi pesawat dan jumlah pesawat karena negosiasi belum selesai.

Martinez juga mengakui bahkan jika Amerika Serikat menawarkan jet tempur F-16, Argentina lebih memilih pesawat tempur Perancis yang lebih sesuai dengan kebutuhan Argentina. “Biaya operasional F-16 terlalu mahal” katanya. Chile yang memiliki 24 pesawat F-16 tidak bisa mengoperasikan semua F-16 nya karena ongkos penerbangan menghabiskan biaya US$ 17.000 setiap jam terbang.

Jika terealisasi, pembelian pesawat tempur Perancis ini akan meningkatkan semangat pilot Angkatan Udara Argentina yang selama bertahun-tahun mengalami kekurangan dan kemerosotan kekuatan armada pesawat tempurnya.

La Nacion

Berbagi
 Posted by on June 20, 2016

  22 Responses to “Argentina Ingin membeli Mirage 2000 Perancis”

  1.  

    knp gak beli f5 RI

  2.  

    Kasiaan wacana mulu…..

  3.  

    Mirage F1, Mirage 2000 bekas perancis ya ?
    Lha F-5 E/F bekas TNI AU siapa yang mau beli ?
    tawarin ke timor leste mau gak ya ?

    •  

      Duit dari mane timoer leste? Minyak aja di bor’in same australia..

      Mata uang aja…msih pke dollar..

      SDM nya mampu gk….
      Pesawat latih aja blm beli…
      Itu pun angkatan udaranya timoer leste ada apa enggak? Wkwkw

      Nnti dikasi F5 mlh dpajangin aja…
      Di kasih mig 21 aja mungkin bingung..mw di apain…

      Papua nugini yg brpuluh2 tahun merdeka gk punya pespur…SDA melimpah..katanye…sih..
      gra2 di asuh australia gagu negaranya

    •  

      beli pake apa bung.!!! negara nya mau bangkrup

  4.  

    Kapan kita terima hibah F/A-18 ? :v

  5.  

    Gak penting pertamax,!info yg bermutu

  6.  

    Chile punya elbot tapi kelabakan dg operational cost US$17.000/jam … dg hitung cepet biaya nya lebih dari IDR 200 jt per jam.

  7.  

    Mirage2000 merupakan pilihan yg tepat buat Fuerza Aerea Argentina….walaupun sama2 anggota NATO, Perancis lebih propesional dalam hal ekspor senjata dibanding tuannya malon (british).

    Kalo Mirage2000 diakuisisi, siap2 saja kasus tenggelamnya HMS Sheffield dan Atlantic Conveyor akan terulang…… Apakah berjalan mulus pembelian Mirage 2000 ini dan apakah British akan diam begitu saja ??…. kita saksikan episode selanjutnya…..

    Don’t cry for me Argentina….

  8.  

    Sebagai sesama Nato pasti akan diprotes British,.tarnsaksi itu masih rentan kegagalan,masih segar dalam ingatan bagaimana British kewalahan menanggulangi rudal Exocet dan juga pesawat SUper Etendard made in france..tak mungkin British gak kegeratan jiak Argentina memiliki Mirage 2000… pesawat ini 30th lalu jg jadi kandidat utk RI, para jendar milih F16 meski (issunya habibie/ IPTN mengarapkan Mirage 2000)

  9.  

    Lagi musim beli barang second…
    Pespur second…
    Tank Apc second…
    Track SP Howitzer second..
    MBT second…
    Bini second..?

  10.  

    @hairy kucing ga sukamandi. lu komen usssilll aja, masuk kandang sono hus huss.!!! salam damai xixixi

  11.  

    dukung argentina membangun militer mereka kembali biar bisa ngrebut pulau falkland lagi..

  12.  

    walau Argentina lagi resesi tapi jangan lupakan sejarah kalau mereka bisa bikin pesawat tempur sejak tahun 1927…Pespur Pucara contohnya…sayang perusahaan pesawatnya lagi bobox kayak era IPTN jaman awal reformasi

 Leave a Reply