Armada Pasifik Rusia Mulai Diperkuat Kapal Selam Improved Kilo

JakartaGreater.com – Armada Pasifik Rusia mulai diperkuat kapal selam improved Kilo. Perusahaan galangan kapal Admiralty Shipyard di St. Petersburg telah mengirimkan kapal selam Vashavyanka class pertama yang ditingkatkan – Petropavlovsk Kamchatsky – yang bergabung dengan Armada Pasifik Rusia pada 25 November 2019, lansir The Diplomat.

Kapal selam diserahkan pada upacara di Admiralty Shipyard, yang merupakan bagian dari United Shipbuilding Corporation Rusia, pada 25 November. Acara serah terima tersebut dipimpin oleh Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Laut Rusia, Laksamana Muda Andrei Volozhinsky.

“Serangkaian kapal selam luar biasa ini terus berlanjut,” kata Volozhinsky seperti dikutip oleh kantor berita TASS selama upacara.

“Kapal selam untuk Armada Pasifik telah mengalami beberapa modernisasi. … solusi tercanggih yang tergabung dalam kapal ini. Hari ini adalah hari yang luar biasa karena Angkatan Laut akan mendapatkan kapal tempur lain dan mentransfernya ke Armada Pasifik, yang telah lama menunggu peningkatan pasukan kapal selamnya. ”

Petropavlovsk-Kamchatsky dibangun pada Juli 2017 bersama dengan kapal selam Project 636.3 lainnya – Volkhov.

Kapal selam berhasil menyelesaikan serangkaian uji coba terakhir di Laut Baltik awal tahun ini. Dua kapal selam lainnya di “laid down” pada awal November. Galangan kapal Admiralty diharapkan akan memberikan total enam kapal selam Project 636,3 yang ditingkatkan kepada Armada Pasifik Rusia pada akhir tahun 2025.

Kapal selam Project 636.3 atau Varshavyanka class disebut sebagai “Lubang Hitam” oleh Amerika serikat karena ketenangannya, dan dilengkapi beberapa teknologi kapal selam Rusia yang paling canggih.

Project 636,3 memiliki ukuran sedikit lebih panjang dari Project 877 untuk menempatkan mesin diesel yang lebih besar dan kuat, serta peningkatan pada bantalan peredam getaran, penambahan lapisan karet anti-akustik khusus pada permukaan lambung luar.

Setiap kapal selam dioperasikan oleh 52 awak dan dapat melakukan patroli bawah laut selama 45 hari. Kapal selam dapat menyelam hingga kedalaman maksimum sekitar 300 meter dan memiliki jangkauan operasional hingga 12.000 kilometer. Kapal selam Project 636.3 ini dipersenjatai dengan torpedo dan rudal jelajah.

6 pemikiran pada “Armada Pasifik Rusia Mulai Diperkuat Kapal Selam Improved Kilo”

    • Tergantung apa tawaran rusia untuk TOT yg didapat indonesia, kemungkinan besar rencana pengadaan 12 kapal untuk program mef akan tetep dikejar karena usulan anggaran militer yg akan ditingkatkan naik kurang lebih 0,5 dr GDP, jd gambaran anggaran militer di 2021 sekitar 1,3% – 1,5 % dr GDP’ gambaran pengadaan kapal selam selanjutnya kemungkinan besar u214 dr turki 3 unit dengan sistem TOT joint produksi dan ada sisa 3 unit lg tuk pengadaan kapal selam baru lainnya.

Tinggalkan komentar