Mar 082019
 

Fregat Admiral Gorshkov bertugas di Armada Laut Utara © Kemenhan Rusia via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Fregat rudal Admiral Gorshkov Armada Utara Rusia akan memasuki Samudra Atlantik pada hari Jumat setelah melewati Selat Inggris, kata jurubicara Armada Vadim Serga kepada wartawan, Kamis, seperti dilansir dari TASS.

“Saat ini, sekelompok kapal Armada Utara dan kapal pendukung yang terdiri dari Admiral Gorshkov, kapal logistik multifungsi Elbrus, termasuk kapal penarik Nikolai Chiker telah melewati laut tersempit Selat Inggris, Selat dari Dover”, sebut juru bicara Armada.

“Besok, mereka akan menyelesaikan transit di Selat Inggris dan akan memasuki Samudra Atlantik”, tambahnya.

Dalam transit mereka di Selat, kru kelompok angkatan laut berhasil melakukan tugas-tugas manuver bersama di tengah pengiriman intensif. Kapal-kapal Armada Utara dan kapal-kapal pendukung itu telah menempuh jarak lebih dari 2.000 mil laut sejak meninggalkan pangkalan utama armada Fleom di Severomorsk.

Fregat Admiral Gorshkov adalah kapal permukaan pertama Armada Utara yang membawa rudal jelajah Kalibr. Fregat ini berhasil menyelesaikan pelayaran antar-armada dari Baltik ke Barents dan Laut Putih untuk menguji pertahanan udara, pertahanan rudal/artileri dan senjata ranjau/torpedo di Armada Utara.

Pada tahun 2017 dan 2018, fregat Admiral Gorshkov juga mengambil bagian dalam Parade Angkatan Laut Utama Rusia di jalur pelayaran Kronshtadt di Teluk Finlandia.