JakartaGreater.com - Forum Militer
Jun 092018
 

Tank M1A2 Abrams buatan Amerika Serikat. © U.S. Air Force via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Sistem proteksi aktif untuk tank dan kendaraan lapis baja lainnya saat ini telah semakin populer di seluruh dunia, seperti dilansir dari laman Sputnik.

Angkatan Darat AS telah memasang Sistem Proteksi Aktif (APS) Trophy buatan Rafael, perusahaan pertahanan Israel pada tank tempur utama Abrams untuk melanjutkan tahap penilaian APS pada kendaraan tempurnya.

Sejumlah foto dari latihan militer Saber Strike 2018 NATO, yang saat ini berlangsung di Polandia dan negara-negara Baltik, menunjukkan bahwa tank M1A2 Abrams dilengkapi dengan sistem Trophy dari Rafael Company.

APS Trophy dari Rafael menawarkan perlindungan 360 derajat melawan rudal anti-tank, RPG, senapan tanpa rekoil dan peluru anti-tank berdaya ledak tinggi. Ini juga memberikan indikasi langsung kepada kru dari mana arah tembakan musuh berasal sehingga ancaman dapat dinetralisir.

Sistem Trophy ini memastikan perlindungan terhadap beberapa serangan secara simultan dari berbagai sisi.

Pengujian tahun lalu terhadap tank Abrams yang dilengkapi dengan Rafael Trophy APS membuktikan efisiensi sistem yang tinggi dan sistem telah diuji selama pelatihan Sabre Strike tahun ini.

Sistem proteksi aktif Trophy sebelumnya telah dipasang di tank tempur utama Merkava dan kendaraan lapis baja Namer Israel.

Rafael telah dipilih untuk menurunkan Trophy di empat brigade tank Abrams dan kini Angkatan Darat AS sedang menganalisis 2 sistem lainnya pada kendaraan tempur lapis baja Bradley dan Stryker.

Militer di seluruh dunia baru-baru ini sangat tertarik dengan sistem proteksi aktif (APS), yang dipandang sebagai cara paling efektif untuk melindungi tank dan kendaraan lapis baja lainnya.

Terlebih lagi saat ini Rusia berencana untuk melengkapi tank T-14 Armata dengan sistem prteksi aktif generasi berikutnya yang disebut Afganit.

Bagikan :

  5 Responses to “Armada Tank Abrams AS Pakai Sistem Proteksi Aktif Trophy”

  1.  

    Bagus itu proteksi, peluru anti tank bisa meledak sebelum menyentuh body tank

  2.  

    Lah kalo peluru saya ya lgsg meledak begitu nempel body nya via vallen

  3.  

    Padahal armornya ABRAMS sudah gila2an… Ditambah Trophy pelindung external berat Tank bertambah gila2an juga… Sepertinya Rusia 1step lebih maju dalam memilih sistem proteksi… bahkan Israel pun sudah mengaplikasikan hal yg sama sejak lama

  4.  

    Mgkn pobia dgn Armata dan karena tank Abrams pernah jd kaleng sarden bakar di timteng kali?he3

 Leave a Reply