Armata Memberi Meriam Mematikan Pada MBT Rusia

Modernisasi terbaru dari tank tempur utama (MBT) T-90 Rusia, akan dilengkapi dengan kemampuan daya tembak canggih T-14 Armata. Perusahaan Uralvagonzavod menerbitkan foto tank tersebut untuk pertama kalinya, seperti diberitakan Sputnik News.

Sebuah MBT T-90 Rusia (Foto: Foxtrot Alpha)

“Tank T-90M akan menerima meriam modern smoothbore 2A82-1M 125 mm, yang digunakan pada Armata, dan sistem pengendalian tembakan baru dengan akurasi tinggi dan peningkatan kecepatan tembak serta daya tahan barel hingga 900 tembakan”, kata pakar militer Rusia, Alexei Leonkov kepada Zvezda TV.

Meriam tersebut 20 persen lebih akurat dan memiliki 17 persen lebih banyak energi muzzle dibandingkan dengan Leopard 2 Jerman. Mekanisme loading memungkinkan untuk penggunaan proyektil hingga panjang satu meter, seperti amunisi APFSDS Vacuum-1, yang digunakan pada tank Armata.

Tank T-90M ini dapat dilengkapi hingga total 45 proyektil. Selain shell, tank modern mampu menembakkan rudal Invar dan rudal tandem Invar-M, yang dapat menembus perisai lapis baja secara efektif dari semua kendaraan lapis baja yang digunakan lawan.

Tank T-90M sekarang dilengkapi pelindung baja reaktif Malakhit dan sistem proteksi aktif Afghanit, yang awalnya dirancang untuk keluarga MBT Armata.

Bagian bawah menara sekarang diberi tambahan pelindung slat armor, untuk melindungi tank dari granat peluncur roket anti-tank. Menurut Leonkov, Rusia akan meng-upgrade sekitar 400 unit T-90 menjadi T-90M.

Berkat paket penyegaran Armata, tank tempur utama Rusia akan dapat melakukan operasi tempur lebih efektif dalam kondisi cuaca dan target yang berbeda meskipun mendapat perlawanan keras dari musuh.

JakartaGreater

Leave a Reply