Jan 312019
 

Jet tempur Sukhoi Su-30SM buatan Rusia © Kemhan Rusia (mil.ru) via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Armenia kini dikabarkan akan membeli pesawat tempur multi-peran Su-30SM dari Rusia, menurut rilis resmi di Kementerian Pertahanan Armenia sebagaimana dilaporkan Sputnik Armenia.

“Republik Armenia telah menandatangani kesepakatan tentang pembelian pesawat tempur Su-30SM Rusia,” bunyi pesan itu. Nilai transaksi dan jumlah pesawat yang dibeli tidak diungkapkan oleh Departemen Pertahanan.

Informasi selengkapnya akan dipublikasikan oleh Kementerian Pertahanan Armenia setelah memasuki tahap-tahap transaksi yang relevan. Laporan tersebut juga mencatat bahwa pada proses pembelian persenjataan dari Rusia memanfaatkan dana pinjaman sebesar US $ 100 juta dari Moskow.

Berita pembelian jet empur Su-30SM oleh Armania diumumkan oleh Menteri Pertahanan David Tonoyan pada pertemuannya dengan wartawan Rusia tanggal 1 Desember 2018. Pada saat yang sama, David juga telah menyatakan bahwa negosiasi pembelian senjata di bawah pinjaman US $ 100 juta dari Rusia memasuki tahap akhir.

Sebagimana diberitakan sebelumnya oleh media BMPD pada bulan Juni 2018, surat kabar Kommersant melaporkan bahwa kemungkinan kontrak pembelian setidaknya satu skuadron (12 unit) pesawat tempur Su-30SM oleh Angkatan Udara Armenia itu ditandatangani pada 2012, tetapi karena kesulitan keuangan, pembelian tersebut belum terlaksana. Pada tahun 2018, negosiasi antara pihak Rusia dan Armenia tentang pembelian Su-30SM telah kembali dilanjutkan.

Armenia akan menjadi pelanggan ketiga dari pesawat tempur Su-30SM di antara republik-republik bekas Uni Soviet setelah Kazakhstan (menerima 12 pesawat pada tahun 2015-2018) dan Belarusia (pengiriman akan dimulai pada tahun 2019).

Livejournal

 Posted by on Januari 31, 2019