Des 202018
 


Rafale (foto : Common Wikipedia)

Rafale dalam bahasa Perancis adalah “une rafale” atau hembusan angin yang tiba-tiba dan brutal. Atau juga bisa diartikan “suara senapan mesin”. Kata itu jika digunakan dalam bahasa Inggris juga berarti “suara rentetatan tembakan”.

Nama yang sempurna untuk sebuah pesawat tempur yang ramping dan liar di langit.

Dassault Rafale adalah pesawat tempur ‘omnirole’ generasi ke 4 yang dikembangkan selama tahun 1990-an dan awal 2000-an oleh Dassault Aviation dari Perancis.

Rafale dianggap sebagai jet tempur paling canggih di dunia, dan saat ini sudah memperkuat Angkatan Udara dan Angkatan Laut Perancis. Rafale memiliki kemampuan untuk melakukan supremasi udara, interdiksi, pengintaian udara, dukungan serangan darat, serangan jarak dekat mendalam, serangan anti-kapal dan misi deteren nuklir.

Rafale dilengkapi persenjataan lengkap, seperti rudal udara ke udara jarak jauh METEOR, bom berpandu laser, rudal anti kapal AM39 EXOCET, dan bom cerdas Highly Agile and Maneuverable Munition Extended Range – HAMMER.

 Posted by on Desember 20, 2018

  2 Responses to “Arti Nama Pesawat Tempur Rafale”

  1.  

    Tiga jenis Rafale termasuk ke dalam pesanan produksi awal:

    -Rafale C (Chasseur) Pesawat tempur kursi tunggal untuk AdA (Armée de l’Air, Angkatan Udara Perancis)
    -Rafale B (Biplace) Pesawat tempur kursi ganda untuk AdA
    -Rafale M (Marine) Pesawat tempur versi kapal induk kursi tunggal untuk Aéronavale
    Rafale diperlengkapi dengan sistem pertahanan elektronik terintegrasi yang disebut Spectra yang menyediakan teknologi siluman virtual berbasis perangkat-lunak. Sensor terpenting yang dimiliki adalah radar RBE2 Passive Electronically Scanned Array buatan Thales Group…. https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/09/dassault-rafale-pesawat-tempur-multi.html

  2.  

    Walau mahal sesuai dgn kemampuannya, mantap!