Dec 132015
 
Tol Cipali (Dok : FOCI)

Tol Cipali (Dok : FOCI)

Cirebon – Baru setengah tahun Tol Cipali beroperasi namun efek tol terpanjang di Indonesia itu sudah sangat dirasakan warga Cirebon, Jawa Barat.

Keberadaan tol ini membuat akses warga Bandung atau Jakarta ke Cirebon semakin mudah. Efeknya, perekonomian di kota Kota Udang ini semakin meningkat.

Kepala Cabang Utama BCA Cirebon Jenny Sujarwati mengatakan, peningkatan perekonomian Cirebon bisa dilihat dengan semakin banyaknya usaha kecil di kota ini.

“Dulu hanya ada dua warung empal gentong yang besar. Sekarang di kawasan yang sama, banyak yang buka usaha serupa,” kata Jenny Sabtu (12/12/20150).

Dengan keberadaan Tol Cipali perputaran uang di Cirebon semakin meningkat, karena kota itu semakin banyak didatangi pengunjung yang bertransaksi.

“Kini rata-rata setorang tunai ke BCA di Cirebon setiap hari adalah Rp 20 miliar. Kalau akhir pekan jumlahnya meningkat,” tambah Jenny.

Manfaat Tol Cipali juga dirasakan langsung seorang pemilik usaha batik Trusmi, Ninik M Masinah (68). Dia menyatakan usahanya semakin berkembang sejak Tol Cipali beroperasi.

“Usaha saya meningkat pesat. Sekarang setiap hari ada saja yang datang dan membeli batik. Ya, peningkatan bisa mencapai 70 persen,” ujar Ninik.

Di sisi lain, potensi pariwisata Cirebon semakin diketahui masyarakat luas sehingga bisa menambah pendapatan pemerintah daerah. Contohnya adalah jumlah pengunjung ke Keraton Kasepuhan yang terus meningkat sejak pertengahan tahun ini.

“Pengunjung ke keraton setiap tahun berkisar antara 200.000 orang. Namun, tahun ini jumlah pengunjung sudah mencapai 400.000-an,” kata Sultan Sepuh XIV, Raja Keraton Kasepuhan.

Bahkan, Sultan Sepuh berharap, keberadaan jalan tol ini bisa mengubah Cirebon menjadi Bandung kedua, yang menjadi tujuan wisata utama warga ibu kota Jakarta.

Kompas.com

  38 Responses to “Arti Tol Cipali Bagi Warga Cirebon, Jawa Barat”

  1. trskan smp surabaya

  2. Dan….sangat ber efek kalau gratis tol nye…hihihi…

  3. Teruskan sampai kepapua, jgn disekitaran pulau jawa aja…..!!!

  4. Berharap di Kalimantan segera ada jalan tol…biar semakin cepat perkembangan antar kotanya…

  5. Cirebon kota terkomplit (bandara kecil, pelabuhan, jalur lintas timur barat, kilang balongan, garis pantainya panjang, PLTU) tp kenapa Cirebon tertinggal oleh kabupaten yg tdk memiliki kelebihan sperti yg Cirebon miliki???,,,,jadi kangen sega jamblang,

    • Krn di cirebon puanas banget mau siang mau mlm sama aja. N angkotnya paling mhl, jarak dkt 3500 gile bro pdhal bandung cm 2500 kota gede. Umr gede bandung tp angkotnya mhl cirebon. Kota yg terbalik makanya panas buanget

    • empal gentong H-Apud + seafood H Moel….cirebon OK kok….setelah tol Cipali di buka, jadi alternatif weekend orang jakarta yg bosen ke bogor-carita-bandung….Jakarta-Cirebon sekarang cuma 2.5-3 jam

      • Yang menyedihkan adalah mereka yang berdagang di jalan non tol Pantura antara subang – Indramayu dan cirebon . pendapatan mereka menurun drastis karena kurang kendaran yang mampir ke tempat mereka , bertambah parah dengan proyek pembetotan jalan sepanjang pantura yang menghambat perjalanan karena kendaraan berjalan bergantian dari dua arah ( sistem buka tutup ) yang membuat kendaraan pribadi lebih memilih tol cipali .
        Namun apapun nama’a kehadiran pantura semoga bisa menanggulangi kemacetan masal yg sering terjadi setiap hari raya , dan mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat Indonesia umum’a dan cirebon husus’a

        • kasihan ya bung pedagang dan masyarakat karena berpindahnya jalur sibuk pantura, tapi proyek abadi perbaikan jalan panturan yg sudah trilyunan gak kelar2, jadi tidak bisa dibuat alasan oleh pemain proyek di daerah pantura yg berkongsi dgn pejabat pusat…..jalan rusak, jembatan ambrol…sudah berpuluh tahun drama tersebut disepanjang utara jalan pulau jawa

  6. Kapan kalimantan kebagian, saya sebagai warga kalimantan khususnya kalimantan selatan kadang merasa kecewa, pembangunan pesat di pulau jawa namun berbanding terbalik dengan daerah kami, jangankan punya jalan Tol, jalan antar provinsi saja masih banyak yg rusak dan berlobang. Belum lagi masalah listrik, listrik disini masih sering terjadi pemadaman bergilir padahal tanah kami kaya dengan batubara. Jutaan ton batubara kami dikeruk tiap hari dan dikirim kepulau jawa untuk menyalakan listrik disana, yang kami dapat disini hanya kerusakan alam yang disebabkan pengerukan batubara dan limbah yang dibuang ke aliran sungai kami !!!

  7. Super Car lagi berderet, nyobain tol cipali, pernah liat waktu di pameran di kemayoran ferari di bandrol 10M! Kaya2 ya org Indonesia

    • jangan keras-keras ngomongnya….yang no 2 dari belakang tu mobil gue…..gak enak sama warjager lain bahwa kita nih orang kaya…..situ boleh pinjam kok

    • Yg punya ferrari adalah orang yg kaya…
      Tidak ada yg gratis……,pada akhirnya hartanya bakal diminta pertanggungjawaban juga…..tidak ada yg gratis,bahkan menghirup nafas juga bakal diminta tanggungjawab……nah loh.

  8. yang tadi protes sekarang dibales ni

  9. wisata di cirebon??? paling tempat ziarah.. kraton.. ga ada lg.. yg lain nya panas.. mending jalan2 ke kuningan nya adem.. linggar jati.. cidomba.. cibulan.. puncak gunung ciremai.. shangkanurip.. waduk darma.. darma loka.. dll.

  10. Peyem ketan.nikmat sareng segerrrt

  11. Jadi tiap minggu pp jkt kuningan

  12. Ilang coment ku

  13. Asik bisa pp jkt kuningan

  14. TOL CIPALI :

    GROUND BREAKING = 8 DESEMBER 2011

    DIRESMIKAN = 13 JUNI 2015

    • Groudbreaking 2011, abis itu gak beres-beres, karena lahan lah, kurang koordinasi pemda lah dsb..dsb…sampai 2014.

      Akhirnya ada yang ngamux, beresin semua, cuma setahun, yang gak beres selama 3 tahun langsung kelar wkwkwkwk

    • sama kayak solo ngawi madiun kertosono, ground breaking 2014…hasilnya th 2014 baru 5% pembebasan lahan. sama jokowi di ambil alih dan langsung di gelontor dana>>>hasilnya 2016 solo – ngawi bisa di lewati utk mudik. Kasus yg sama terjadi di tol semarang-solo, semarang-batang, batang-pemalang, jagorawi-cikarang, ciawi-sukabumi…alhamdulillah investor lama di usir semua di ganti penyertaan modal di BUMN kontruksi (HK-PP-WIKA-Waskita)….sebagian besar krn salah investor. salah satunya si ical bakri yg banyak dpt konsesi tol. yg jadi di era ical hanya kanci-pajagan saja…

  15. para gedang godog emang godog
    beli mobil banyak minyak import utang banyak
    mobil memang dibuat murah untuk para gedang godog
    tapi akhirnya pada totalan ngutang dog godog

  16. ayo jokowi bikin jalan jalur selatan dr jkrta sampe surabaya..atawa kreta cepat kilat jakarta bali

  17. Ati2 buat pengguna tol Cipali….. tol yg panjang dan lurus bikin mata jadi merem melek, mulut nguap mulu hawa pengin bobo.. xixixi…

  18. Terimakasih pak Beye atas jalan tolnya…buat pak jokowi terimakasih diperpanjang jalan tolnya…hanya peralihan dr sby dan jokowi yang ada temu muka salaman

    Mari kita bangkitkan bangsa ini dr goncangan ekonomi global,,,Merdeka !!

  19. Bener, perjalanan ke Jakarta dirasa sanggup memanggkas 2 Jamlbih Perjalanan. Mantabss

 Leave a Reply