Jul 032017
 

Artileri M777 merupakan senjata andalan Amerika Serikat di berbagi medan perang. Seperti dalam tulisan : Artileri, King of Battle di Raqqa, artileri M-777 telah dikirim bersama Marinir AS ke medan pertempuran di Raqqa Suriah. Amerika Serikat ingin membantu petempur lokal, untuk menggulingkan cengkeraman ISIS dari kota Raqqa. Artileri M777 membuat perimeter tersendiri bagi pertempuran di sana. Artileri yang sama juga lebih dulu digunakan AS, dalam pertempuran melawan ISIS, di Irak.

Pada 7 Juni 2017, Amerika Serikat juga melatih militer Polandia (NATO) dalam Sling Load (menaik-turunkan) Training artileri / howitzer M777 di wilayah Orzysz. Latihan ini melibatkan Battle Group dari Polandia dan US yang mengambil tempat di Bemowo Piskie Training Area, selama latihan Saber Strike 17, 7 Juni 2017.

Artileri M777 AS (U.S. Army)

Sabre Strike 17 adalah latihan pasukan gabungan multinasional yang dipimpin pasukan Amerika Serikat, untuk meningkatkan aliansi NATO di seluruh wilayah Baltik dan Polandia. Latihan yang dilakukan setiap tahun ini mencakup pelatihan berorientasi perhatian terpadu dan sinkronisasi untuk meningkatkan kemampuan interoperabilitas dan kesiapan militer negara-negara NATO.

Dalam latihan ini, terlihat bahwa artileri yang merupakan King of Battle, mengambil porsi yang jelas. Militer AS dan Polandia, berlatih menggerakkan artileri M777 dengan cepat ke garis depan, menggunakan transportasi udara.

Artileri M-777 1st Battalion, 321st Field Artillery Regiment, 18th Fires Brigade (Airborne) (US Army)

M777 adalah artileri derek 155mm kaliber 39 yang menggunakan bahan titanium dan paduan aluminium inovatif, untuk memenuhi persyaratan dapat digerakkan dengan cepat dan memiliki kemampuan dukungan tembakan artileri yang akurat.

M777 adalah howitzer 155mm pertama di dunia dengan berat kurang dari 10000 lbs (4218 kg). M-777 dipilih oleh Korps Marinir AS. dan Angkatan Darat AS, sebagai next generation Medium Force weapon.

AS, Kanada dan Australia sedang memesan senjata ini dalam jumlah lebih dari seribu senjata. M777 sekarang dalam tingkat produksi penuh untuk Angkatan Bersenjata AS dan merupakan tolok ukur untuk 155mm Lightweight Towed Artileri Systems.

Artileri ini sangat mobile di darat, di laut dan di udara. Artileri buatan BAE Systems ini telah meningkatkan survivabilitas unit militer karena memiliki karakter : Unsurpassed tactical & strategic mobility, Low thermal & radar signature, Rapid emplacement / displacement dan Low silhouette.

  9 Responses to “Artileri M777 Berbahan Titanium, Teringan di Kelasnya”

  1. Bahannya titanium, pelurunya pentium…… pasti seram…..

  2. Sy kira US sdh tidak pakai meriam ternyata msh ya..

  3. Logam terkuat melebihi baja walaupun bukan peringkat pertama tapi juga mahal

  4. Swageraknya udah ada kan m777 porte…

  5. Borong untuk TNI AD dan marinir

 Leave a Reply