Oct 262018
 

Sistem rudal Miniature Hit-to-Kill (MHTK) buatan AS © Lockheed Martin

JakartaGreater.com – Menurut Arab News, Amerika Serikat dapat membantu Israel untuk memperbaiki pertahanan terhadap mortir, roket dari Iron Dome tidak dapat diselesaikan.

Amerika Serikat berencana untuk menyebarkan sistem pencegat rudal mini, MHTK ke Israel dan beberapa unit garnisun Amerika Serikat untuk melawan serangan yang tak dapat diprediksi oleh pengendali rudal terhadap artileri roket dan mortir.

Rencana Departemen Pertahanan AS tersebut berasal dari fakta bahwa pertempuran di medan perang Timur Tengah telah menyebabkan kerusakan besar pada militer AS dan sekutu-sekutunya. Serangan-serangan itu adalah penyebab utama kedua terhadap kematian pasukan.

Uji coba pencegat Miniature Hit-To-Kill (MHTK) buatan Lockheed Martin. © WSMR / Youtube

Bob Delgado, direktur penjualan untuk sistem kendali pertahanan udara dan rudal di Lockheed Martin, mengatakan kepada Defense News bahwa sistem MHTK mampu menembak ancaman dari amunisi, mortir hingga pesawat tanpa awak. Dijelaskan pula bahwa militer AS melakukan pembelian terbatas sistem tersebut untuk sejumlah situs dan pangkalan AS di Timur Tengah.

Untuk masuk ke peralatan resmi, Lockheed Martin dan Departemen Pertahanan AS menyelesaikan beberapa tes dari tingkat pabrik ke tingkat Kementerian Pertahanan. Pengujian terbaru dilaksanakan pada Oktober 2017 di lokasi peluncuran White Sands di New Mexico dan menunjukkan kemampuan manuver dan aerodinamis MHTK.

Program rudal pencegat mini dari Lockheed Martin dikenal sebagai EAPS. Ini adalah pencegat super kecil dengan berat kurang dari 3 kg, panjangnya kurang dari 1 meter (27 inci) dan diameter kurang dari 50 mm (hanya 40 mm saja).

Selama tes, rudal ditembakkan dan melakukan serangkaian manuver untuk menguji sifat aerodinamis dan sistem kontrol. Dalam waktu dekat, Amerika Serikat akan mulai menerapkan sistem ini di Timur Tengah.

MHTK memiliki sistem pengendalian tembak canggih yang akan memastikan bahwa rudal tepat memotong sasaran. Awalnya, MHTK akan dibangun dalam bentuk sistem pre-emptive mobile pada kendaraan berukuran kecil hingga sedang seperti HMMWV.

MHTK mampu mencegat amunisi atau menciptakan payung pelindung kecil di atas kepala pasukan untuk melemahkan senjata artileri musuh yang tak ada kemampuan sistem rudal. Sistem ini dapat menerima informasi target dari detektor radar modern seperti AN/TPQ-36 Firefinder.

Pencegat diluncurkan dari peluncur vertikal dan ke orbit sesuai dengan data navigasi darat. Setelah menerima sinyal pantulan dari target, rudal EAPS mencapai target pada jarak terpendek dan mengumpulkan informasi target melalui sensor pendeteksiannya.

Namun, untuk meningkatkan kemampuan tempur MHTK, Lockheed Martin pun telah meningkatkan beberapa fitur teknis dan taktis, seperti meningkatkan panjang rudal.

Menurut perwakilan Lockheed Martin, perubahan tersebut membantu meningkatkan efektivitas penghancuran sasaran MHTK hingga 30-40% dari yang semula. Lockheed Martin mengatakan MHTK akan membawa senjata revolusioner baru untuk perang di Timur Tengah dan menciptakan payung udara bagi Israel untuk melawan serangan roket dan artileri dari Gaza.

  One Response to “AS Akan Bantu Israel Hadang Roket, Mortir dari Gaza?”

  1.  

    njirrr kaak

 Leave a Reply