Mei 112019
 

F-35A Angkatan Udara Jepang (foto:Common Wikipedia)


Angkatan Laut AS telah mengakhiri misi operasi pencarian F-35 Jepang yang jatuh satu bulan lalu di Samudera Pasifik. “Sebuah tim penyelamat Angkatan Laut AS di atas kapal penyelamat telah menyelesaikan misinya mendukung operasi pencarian dan penyelamatan dengan Pasukan Bela Diri Jepang,” kata Armada ke-7 AS dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (8 Mei). Namun Jepang akan terus mencari sisa-sisa pesawat, kata juru bicara pertahanan.

Beberapa puing telah ditemukan dari F-35A yang jatuh ke laut lepas pantai timur laut Jepang pada 9 April. Tetapi perekam data penerbangan “sangat penting” yang dapat memberikan petunjuk atau penyebab kecelakaan belum ditemukan, dan pilot jet tempur Jepang juga belum ditemukan.

Para ahli mengatakan Jepang dan AS ingin mencegah puing-puing pesawat yang berteknologi tinggi ditemukan lebih dahulu oleh Rusia atau China, dengan Menteri Pertahanan Jepang Takeshi Iwaya mengakui bulan lalu ada “sejumlah besar rahasia yang perlu dilindungi” pada pesawat F-35.

Jet tempur F-35 hilang pada 9 April saat terbang 135 km (85 mil) timur Misawa, timur laut Jepang dalam sebuah misi pelatihan. Pesawat kehilangan kontak sekitar 30 menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Misawa.

Itu adalah kasus kecelakaan pertama yang dilaporkan oleh F35-A, kata Angkatan Udara Bela Diri Jepang.

Jepang mengerahkan F35-A, yang masing-masing harganya lebih dari 10 miliar yen (US$ 90 juta), untuk menggantikan pesawat tempur F-4 yang sudah tua.

Siluman F-35 adalah bagian penting dari upaya Perdana Menteri Shinzo Abe untuk meningkatkan kapasitas militer Jepang untuk memenuhi dinamika kekuatan yang berubah di Asia Timur, termasuk dengan China yang memodernisasi militernya dengan sangat cepat.

ChannelnewsAsia

 Posted by on Mei 11, 2019

  4 Responses to “AS Akhiri Misi Membantu Jepang Mencari F-35 Yang Jatuh”

  1.  

    Puing2 nya sdh jadi bancaan rame2 Rusia dan China menggunakan kasel mereka dng alasan latihan militer di laut china timur.

    Mesin didapatkan China, body dan kokpit jatah Rusia. Makanya pencarian dihentikan karn barangnya sdh gak ada lg yg dicari alias sdh digondol China-Rusia……xicixicixi

  2.  

    waduhh gawat deh , rahasia nyeluman nya F 35 sdh kadaluarsa sebentar lagi …habis pake jatuh di laut sgala …

  3.  

    F35 memang pesawat berbahaya bagi yg memakai, sudah berbahaya bahkan bisa hilang tidak bisa diketemukan, jauhilah produk amer

    😎

  4.  

    wah , dagangan bung agato nih..