AS Beri Bantuan Bulgaria Dua F-16D

F-16 US Air Force (foto : Staff Sgt. Jonathan Snyder/US Air Force)

Jakartagreater.com – Angkatan Udara AS akan memberi Bulgaria dua jet tempur F-16 bekas di bawah sistem Excess Defense Articles (EDA) untuk memfasilitasi pelatihan pelatihan personel dengan jenis pesawat baru.

Pada 2018, Sofia memesan 8 pesawat multi-peran F-16 Block 70 untuk menggantikan pesawat tempur MiG-29. Informasi tentang rencana donasi jet tempur, harus mendapatkan persetujuan dari Kongres AS, diumumkan pada saat Wakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Politik dan Militer Rene Clark Cooper, melakukan kunjungan ke pangkalan Graf Ignatiewo, lansir Defense24.

Kedutaan Besar AS di Sofia mengonfirmasi bahwa dua pesawat F-16 Fighting Falcon yang dinonaktifkan akan dipindahkan ke Bulgaria di bawah EDA. Segera ada spekulasi ini adalah jet tempur F-16D dua tempat duduk, yang akan digunakan untuk melatih pilot Bulgaria, tetapi pengumuman menunjukkan bahwa kemungkinan besar itu adalah jet tempur yang tidak bisa terbang dan akan digunakan untuk melatih personel di darat.

F-16 Block 70 (yang disebut Super Viper) dipilih oleh Bulgaria, dirancang juga untuk India, dan dilengkapi perangkat khusus seperti sensor IRST built-in. F-16 Block 70 dijejali beragam solusi yang digunakan juga pada pesawat F-35, khususnya di bidang avionik dan sistem tempur, seperti radar AESA Northrop Grumman AN / APG-83 SABER (Scalable Agile Beam Radar), atau helm pembidik – Joint Helmet Mounted Cueing System. Hal ini memungkinkan penggunaan senjata terpandu generasi terbaru, termasuk rudal udara-ke-udara AIM-120C7 dan AIM-9X serta bom dipandu Paveway IV dan JDAM. F-16 Block 70 menggunakan mesin General Electric F110 atau Pratt & Whitney F100 generasi terbaru.

Konfigurasi detail jet tempur F-16 Block 70 Bulgaria hingga saat ini masih belum diketahui.

2 pemikiran pada “AS Beri Bantuan Bulgaria Dua F-16D”

Tinggalkan komentar