AS Bersiap Tarik Ribuan Prajurit dari Afghanistan

Moskow, Jakartagreater.com – Pemerintahan Trump, minggu depan berencana mengumumkan penarikan 4.000 prajurit AS dari Afghanistan setelah dimulainya kembali perundingan antara Washington dan Taliban, media melaporkan, mengutip pejabat AS, dirilis Sputniknews.com pada Minggu 15-12-2019.

Setelah kemungkinan penarikan, sekitar 8.000-9.000 tentara AS akan tetap berada di Afghanistan, sementara penarikan akan dilakukan bertahap dan terjadi selama beberapa bulan, kata sumber di stasiun televisi NBC News.

Sebelumnya, Ketua Gabungan Kepala Staf Mark Milley dan Menteri Pertahanan Mark Esper mengatakan bahwa militer AS sedang mempertimbangkan untuk mengurangi kehadirannya di Afghanistan dengan meningkatnya penekanan pada operasi kontraterorisme.

Minggu lalu, Taliban mengumumkan bahwa pembicaraan dengan AS telah dilanjutkan di Doha setelah tiga bulan absen. Sebuah sumber yang dekat dengan gerakan Islam mengatakan bahwa kedua belah telah membahas di Doha pengurangan kekerasan dan kondisi yang dapat memacu pembicaraan intra-Afghanistan untuk memulai.

Namun, pada hari Kamis, Utusan Khusus AS untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad mengumumkan “jeda singkat” pembicaraan damai Taliban menyusul serangan terhadap pangkalan udara Bagram yang menewaskan dua dan melukai puluhan warga sipil. Dia mengatakan Taliban harus menunjukkan kesediaan untuk menanggapi keinginan Afghanistan untuk perdamaian.

Amerika Serikat dan Taliban selama hampir setahun telah berusaha untuk menegosiasikan perjanjian damai yang akan memastikan penarikan pasukan asing sebagai imbalan bagi jaminan gerakan bahwa negara itu tidak akan menjadi surga yang aman bagi para teroris.

Perundingan, bagaimanapun, mengecualikan pemerintah Afghanistan atas keengganan Taliban untuk berbicara dengan Kabul. Negosiasi berakhir tanpa hasil karena Presiden AS Donald Trump mengumumkan pada bulan September bahwa pembicaraan itu “mati” setelah Taliban mengklaim bertanggung jawab atas serangan teroris di Kabul yang menewaskan seorang prajurit AS.

4 pemikiran pada “AS Bersiap Tarik Ribuan Prajurit dari Afghanistan”

Tinggalkan komentar