Mar 012017
 

Foto : ilustrasi proses scrap kapal induk HMAS Ark Royal

Angkatan Laut AS masih kesulitan mencari cara untuk menangani ‘akhir hidup’ dari kapal induk nuklir pertamanya, USS Enterprise.
Naval Sea Systems Command (NAVSEA) sebelumnya sudah mengungkapkan tiga pilihan yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan pensiunnya USS Enterprise.

Langkah pertama adalah memilih perusahaan swasta yang mendaur ulang hanya bagian-bagian non-nuklir dari kapal induk, atau langkah kedua mendaur ulang keseluruhan bagian kapal termasuk reactor nuklirnya atau yang ketiga membiarkan kapal teronggok saja sampai waktu yang tidak ditentukan.

Sebelumnya AS akan membawa USS Enterprise ke galangan kapal Puget Sound untuk di scrap tetapi kemudian diurungkan karena galangan kapal sepertinya tidak sanggup dengan beban kerja yang terlalu besar.

Saat ini pihak Angkatan Laut AS masih mempertimbangkan, terutama dampak lingkungan akibat dari pembongkaran kapal induk USS Enterprise dan masih menunggu masukan dari masyarakat terkait opsi terbaik dari tiga pilihan yang sedang dipertimbangkan.

Pilotonline.com
Editor : Muhidin

 Posted by on Maret 1, 2017