Jan 312019
 

Rekaman video yang diambil oleh pesawat patroli P-1 Pasukan Bela Diri Maritim Jepang memperlihatkannya mengitari kapal perusak Korea Selatan di Laut Jepang pada 20 Desember. Subtitel merah menunjukkan deteksi menjadi sasaran fire-control radar. (Video Kementerian Pertahanan Jepang)

Sekelompok pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Selatan akan mengunjungi pangkalan militer berbendera PBB di Jepang pada hari Rabu dan Kamis, di tengah percekcokan Seoul dan Tokyo yang berkepanjangan atas klaim radar Tokyo baru-baru ini.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri di Seoul mengatakan pada hari Selasa bahwa delegasi yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Kementerian Urusan Amerika Utara, Kim Tae-jin, akan melakukan tur pangkalan-pangkalan atas undangan dari Komando PBB (UNC).

Delegasi Korea Selatan dijadwalkan tidak hanya untuk bertemu dengan pejabat dari UNC dan Pasukan Amerika Serikat (AS) Jepang, tetapi juga pejabat Jepang yang menangani hubungan Tokyo dengan Washington.

Mungkin juga para pejabat dari Seoul dan Tokyo akan bergabung dengan rekan-rekan AS mereka untuk dialog trilateral.

Sementara Washington telah meninggalkan Seoul dan Tokyo untuk menyelesaikan masalah-masalah bilateral mereka sendiri, hal itu dapat menjadi usaha untuk menengahi kekhawatiran bahwa perselisihan dapat mempengaruhi kerjasama tiga arah mereka dalam berurusan dengan Korea Utara.

Pada hari Senin, Duta Besar AS untuk Korea Selatan Harry Harris mengadakan pertemuan dengan para menteri pertahanan dan menteri luar negeri Korea Selatan untuk membahas serangkaian acara baru-baru ini yang melibatkan Seoul dan Tokyo.
 
Sumber: kbs.co.kr

  One Response to “AS Dorong Mediasi Korea Selatan – Jepang”

  1.  

    sesams se…..kutu nya hrs damai kata si amer.