AS Ingatkan Para Pilot Waspada Serangan Laser di Djibouti

Pangkalan militer China di Djibouti. © China MoD

JakartaGreater.com – Militer AS telah merilis pemberitahuan kepada para penerbang (NOTAM) pesawat peringatan dini tentang adanya “aktivitas laser yang tidak sah” di Djibouti, seperti dilansir dari laman IHS Jane.

“Ada beberapa peristiwa sorotan yang melibatkan laser berdaya tinggi di sekitar N1135.70 E04303.14. Gunakan kewaspadaan ekstrim saat transit didekat area ini”, menurut NOTAM.

Koordinat tersebut adalah untuk lokasi di wilayah laut sekitar 750 meter dari pangkalan militer baru China yang berada di Djibouti.

Pangkalan Militer China yang berada di Djibouti © Screenshot via Google Earth

NOTAM telah diposting dalam situs web Federal Aviation Administration pada tanggal 14 April 2018 dengan tanggal akhir hingga 14 Juni 2018.

Beberapa sumber intelijen melaporkan bahwa Angkatan Laut China (PLAN) dicurigai telah mengoperasikan senjata laser dengan penguat daya tinggi di pangkalan atau di kapal lepas pantai.

Penggunaan senjata laser untuk membutakan pilot sementara telah meningkat selama bertahun-tahun dan telah berlangsung sejak Perang Dingin ketika pilot Angkatan Laut AS secara berkala diserang oleh laser yang berasal dari kapal Angkatan Laut dan kapal mata-mata Soviet.

Tinggalkan komentar